-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Arti Istilah Shipment Tracking RPX

Jika kamu belanja barang atau kebutuhan secara online dan ternyata penjual (seller) mengirimkan paketnya menggunakan jasa ekspedisi RPX, maka kamu akan diberikan nomor resi atau Airway Bill dari si penjual.

Untuk melakukan cek resi RPX sendiri sangat mudah dan admin Ilyasweb sudah membahasnya hari kemarin, namun terkadang yang membuat bingung adalah memahami arti dari istilah status pengirimannya.

Dalam artikel yang satu ini, saya akan mencoba membagikan daftar istilah yang terdapat pada shipment tracking RPX. Nggak perlu berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pada halaman tracking atau pelacakan AirWay Bill (AWB) di website resmi RPX, saya amati ternyata ada dua kolom shipment tracking, yakni AWB or B/L (Bill of Loading) dan juga Status Pengiriman.

Pada kolom AWB or B/L (Bill of Loading) berisi tentang informasi singkat pengiriman paket kiriman kamu, coba kamu perhatikan gambar berikut ini:

shipment tracking rpx

Sedangkan pada kolom kedua yaitu Status Pengiriman berisi tentang informasi lengkap tentang perjalanan paket yang dikirimkan.

Nah, di sinilah kamu bisa melihat paket kamu sudah dimana, akan pergi kemana, dan kapan waktu terjadinya.

Baiklah, berikut di bawah ini adalah kode atau istilah-istilah yang ada pada shipment tracking RPX beserta artinya:

Picked Up - Paket dijemput oleh kurir RPX dari lokasi pengirim (pelanggan), RPX ini punya sistem antar jemput paket kiriman, ya.

Departed from RPX Origin station - Paket kiriman sudah berangkat dari stasiun (kota asal) pengiriman.

Manifesting Package - Paket sedang manifesting.

Shipment arrived at transit areas - Paket sudah sampai di area transit.

Shipment out from transit areas - Paket akan dikirim keluar dari area transit.

Transit Out - Paket sudah keluar dari area transit.

Shipment arrived at station destination - Paket sudah sampai di stasiun (kota tujuan) pengiriman.

Delayed due to transportation delay - Paket kiriman tertunda karena adanya keterlambatan transportasi.

Stored in Warehouse - Untuk sementara waktu paket disimpan di gudang untuk menunggu proses pengantaran oleh kurir.

Shipment on process of delivery - Paket sedang dalam proses pengiriman oleh kurir menuju alamat tujuan pengiriman.

Diterima oleh Penerima Barang - Kalau statusnya sudah seperti ini, berarti paket kiriman sudah sampai ke alamat tujuan. Kamu bisa melihat siapa yang menerima paket, tanggal penerimaan, tanda tangan, dan juga foto si penerima.

Disclaimer saja, saya bukan karyawan, pegawai, ataupun ber-affiliasi dengan RPX. Semua kode atau istilah di atas adalah murni dari pengalaman dan juga pengamatan saya pribadi.

Jika kamu mendapatkan istilah yang lain dan tidak mengetahui artinya, atau ingin mengoreksi kesalahan dalam artikel yang tulis ini, silakan saja untuk menuliskannya di kolom komentar, ya!

Oiya, jika kamu merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh jasa pengiriman logistik RPX ini, silakan saja kamu komplain dan sampaikan semua keluhan kamu kepada customer service RPX dengan bahasa yang sebaik-baiknya.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.