-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Bengkak?

Gusi bengkak adalah salah satu gangguan pada mulut yang sangat sering sekali dirasakan oleh banyak orang. Berhubung kondisi gusi yang bengkak ini membuat si penderita menjadi sangat tidak nyaman, maka ada berbagao cara yang dapat dicoba untuk mengatasi hal tersebut, atau kita sebut saja itu dengan obat sakit gigi gusi bengkak.

Pembengkakan yang terjadi pada gusi ini dapat menjadi sebuah pertanda kalau adanya masalah pada mulut anda, misalnya sakit gigi, penyakit pada gusi ataupun terjadi infeksi.

Gusi bengkak jelas akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, terutama buat kamu yang suka banget mengunyah makanan atau mengkonsumsi makanan-makanan yang pedas dan asam.

Jadi, bukan hanya gigi saja, kesehatan pada gusi juga memiliki peran yang sangat penting sekali dalam menunjang semua kesehatan pada mulut kamu.

Gusi sendiri adalah jaringan yang memiliki warna merah muda yang mana menutupi tulang rahang kamu. Jaringannya sangat tebal, dipenuhi dengan beragam pembuluh darah, dan juga berserat lho!

Kalau saja gusi kamu bengkak, maka jaringan tersebut akan terlihat menonjol dan juga bisa menutupi permukaan gigi kamu, bahkan warna jaringan tersebut juga akan berubah jadi lebih merah.

Bukan cuma itu saja, gusi secara umum akan mengeluarkan darah ketika kamu menggosok gigi. Kondisi seperti inilah yang sering sekali disebut dengan istilah gingivitis atau terjadinya peradangan pada gusi.

Apa Saja Penyebab Gusi Bengkak?

gusi bengkak

Peradangan yang terjadi pada gusi kamu ini umumnya disebabkan oleh kebersihan mulut yang sangat amat buruk. Untuk lebih detailnya, silakan kamu simak beberapa penyebab gusi bengkak versi Ilyasweb (dikutip dari website klikdokter.com) :

1. Plak gigi yang menumpuk

Hal pertama yang menyebabkan gusi kamu sering mengalami pembengkakan adalah penumpukan plak yang berada pada batas gigi dan juga garis-garis gusi.

Plak adalah sebuah film lengket yang memiliki warna putih yang terdiri dari bakteri dan juga berbagai macam partikel makanan yang tidak terbersihkan oleh sikat gigi.

Gejala yang terlihat sepele ini kadangkala membuat seseorang nggak menyadari kalau ternyata mereka sedang mengalami peradangan pada gusinya.

Dan jika saja penumpukan plak tersebut dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan khusus, maka perlahan-lahan plak tersebut akan mengeras dan pada akhirnya menjadi sebuah karang gigi.

Nah, kalau sudah begini ceritanya, maka perawatan gigi, mulut, dan gusi rumahan tidak akan lagi berguna untuk mengatasi hal tersebut. Tentunya harus dengan bantuan dari dokter, ya!

Bukan hanya iu saja, jika gusi yang meradang ini tidak segera kamu atasi, maka kondisinya akan semakin parah dan akhirnya bisa membuat perlekatan gusi menjadi lepas.

Lagi-lagi, jika perlekatan gusi terlepas, maka hal yang akan terjadi adalah gigi kamu bisa goyang, bahkan lepas. Kondisi ini sering disebut dengan istilah periodontitis.

2. Kehamilan

Gusi yang bengkak juga sangat sering sekali dialami oleh ibu hamil (bumil). Yups, karena aliran hormon yang diproduksi ketika ibu mengandung dede bayi itu bisa meningkatkan aliran darah pada gusi.

Peningkatan aliran darah itulah yang bisa menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif dan juga sangat rentan mengalami iritasi, sehingga sangat mudah pula untuk mengalami fase pembengkakan.

3. Perubahan pada hormon

Selanjutnya, hormon juga bisa memperlambat kemampuan tubuh dalam melawan bakteri jahat yang umumnya akan menyebabkan sebuah infeksi pada gusi kamu. Kondisi ini juga sangat berpeluang terjadinya peradangan pada gusi.

4. Malnutrisi: kekurangan vitamin B & C

Kekurangan vitamin, terutama kurangnya asupan vitamin C & B juga sangat berpeluang untuk menyebabkan peradangan gusi atau gusi bengkak.

Sebagai contohnya, vitamin C sangat berperan dalam hal menjadi dan memperbaiki kesehatan gusi dan gigi. Jika ternyata kadar vitaminnya terlalu sedikit (rendah), maka kamu bisa saja mengalami penyakit scurvy (skorbut). Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan anemia dan juga penyakit gusi lainnya.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Selain bisa menyebabkan rasa ketidaknyamanan, gusi bengkak juga pastinya akan menggangu aktivitas kamu sehari-harinya, khususnya saat mengunyah makanan-makanan favorit kamu.

Sebelum kamu mencoba mengatasi gusi bengkak tersebut, kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya supaya dapat sesegera mungkin mendapatkan perawatan yang tepat.

Jika kamu sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, barulah kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini :

  1. Berkumur dengan menggunakan air garam dipercaya bisa membantu meredakan gusi yang bengkak dan juga bisa membersihkan mulut kamu dari berbagai bakteri jahat. Kamu bisa mencampur 2 s/d 3 sendok garam ke dalam satu gelas air hangat. Jangan diminum, cukup gunakan untuk kumur-kumur saja, dan lakukan cara ini 3 kali sehari sampai rasa sakit pada gigi kamu mereda.
  2. Minumlah lebih banyak air untuk merangsang produksi air liur yang ternyata bisa melemahkan pergerakan bakteri yang menyebabkan penyakit pada mulut.
  3. Kompres dingin juga diklaim bisa membantu kamu dalam mengurangi pembengkakan pada gusi. Kamu bisa memakai es batu yang sudah dibungkus dengan menggunakan waslap atau kain apa saja, kemudian ditempelkan pada gusi selama beberapa saat.
  4. Cobalah untuk berhenti merokok ataupun meminum minuman yang mengandung alkohol, karena dua jenis minuman ini bisa memperparah keadaan.
  5. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak, seperti di bawah ini :
    • Buah stroberi dan juga kiwi yang mengandung vitamin C;
    • Bawang merah yang dikonsumsi mentah-mentah memiliki kemampuan yang disebut anti-mikroba;
    • Jamur shitake yang memiliki kandungan senyawa lentinan yang berfungsi untuk mencegah peradangan pada gigi dan gusi;
    • Biji-bijian dan kacang-kacangan yang mengandung magnesium, kalsium, fosfor, seng, dan potasium;
    • Buah apel, daun seledri, dan sayuran yang rendang asam dan juga kaya serat lainnya yang akan meningkatkan prosuksi air liur.
  6. Melakukan pembersihan karang gigi (plak) dengan metode scalling ataupun root planning guna membersihkan area sekitar akar gigi dan juga celah-celah gusi agar semua bakteri yang bersarang di sana bisa hilang.

Silakan kamu coba beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang sudah saya tuliskan di atas, atau untuk lebih detail dan lebih terpercaya lagi kamu bisa mengikuti semua arahan-arahan dari dokter terdekat.

Jika ternyata peradangan gusi atau gusi bengkak kamu tidak kunjung sembuh juga, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis gigi terdekat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Biasanya dokter akan memberikan kamu obat penghilang rasa nyeri, obat kumur, antibiotik, ataupun melakukan prosedur-prosedur tertentu.

Sebagai pencegahan dan antisipasi, silakan kamu jaga selalu kebersihan gigi dan juga mulut dengan melakukan sikat gigi secara rutin yaitu 2 kali dalam sehari. Ingat selalu GERSIPAMA atau Gerakan Sikat Gigi Pagi (sesudah sarapan) dan Malam (sebelum tidur).

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.