-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Akun Google Kita Sedang Aktif di Perangkat Apa Saja?

Pernahkah kamu mengalami aktivitas janggal yang terjadi di smartphone Android milikmu? Misalnya ada riwayat browsing yang tidak kamu kenal, atau munculnya beberapa game yang sama sekali kamu tidak pernah menginstalnya sebelumnya.

Cek Akun Google Kita Sedang Aktif di Perangkat Apa Saja

Bahkan sampai ada yang mengirimkan pesan melalui meail dan juga verifikasi akun yang sama sekali tidak kamu ketahui darimana asal sumbernya, atau bahkan ada yang lebih parah lagi dari itu!

Hal ini terjadi karena smartphone (hp android) yang kamu miliki terkena virus atu malware, atau secara tidak sadar akun Google yang kamu gunakan tersebut dipakai oleh orang lain.

Jika saja akun Google yang kamu miliki digunakan oleh orang lain, sangat beresiko sekali untuk disalahgunakan atau bahkan bisa terjadi pencurian data-data penting milikmu.

Oleh sebab itu, mulai sekarang kamu harus mencegah semua hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan yang bisa merugikan kamu sendiri.

Lantas, bagaimana cara mengetahui akun Google kita aktif di device (perangkat) apa saja? Gampang, silakan kamu ikuti tutorial mudah berikut ini:

Pertama, silakan kamu buka halaman aktivitas perangkat melalui tautan/link berikut ini: https://myaccount.google.com/device-activity (*pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google yang akan diperiksa).

Pada halaman selanjutnya akan tampil seluruh perangkat yang jelas menggunakan Account Google tersebut. Sebagai contohnya, saya sendiri menggunakannya di 2 (dua) laptop, dan 2 (dua) buah smartphone android.

Di sini kamu bisa menentukan tindakan selanjutnya, misalnya ada perangkat yang hilang dapat kamu lacak lokasinya secara real time, atau jika kamu tidak mengenali salah satu perangkat dari daftar device yang ada, kamu bisa langsung memblokir aksesnya.

Yups, sangat mudah sekali memang untuk mengecek keamanan pada akun Google. Kadang-kadang hal ini seringkali dilupakan karena dirasa kurang terlalu penting oleh para pengguna.

Saran: silakan kamu lakukan pengecekkan device aktif pada akun Google ini secara berkali setidaknya 2 - 3 bulan sekali. Atau untuk lebih aman lagi, silakan lindungi akun Google kamu dengan verifikasi 2 langkah (2FA) atau verifikasi SMS (Authenticator).

Semoga membantu 🙂

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.