Cara Mengatasi “Do you want to scan and fix Removable Disk?”

Ketika kamu memasang atau mencolokkan USB Flashdisk, Harddisk atau SSD eksternal, atau SD Card tiba-tiba muncul pesan Do you want to scan and fix Removable Disk?, Kamu ngalamin hal serupa seperti ini?

Memang sepele namun menurut saya sendiri hal ini sangat mengganggu, terutama ketika kita sering sekali menggunakan flashdisk atau media penyimpanan eksternal lainnya.

cara mematikan pesan do you want to scan and fix removable disk

Buat kamu yang suka lepas pasang flashdisk, maka pesan dialog tersebut sering keluar bukan? Saran saya, jika memang keamanan data kamu terjamin (*tidak ada virusnya), mending matikan saja fitur tersebut.

Dialog box tersebut biasanya berisi pesan seperti di bawah ini :

Do you want to scan and fix Removable Disk (F:)?

There might be a problem with some files on this device or disc. This can happen if you remove the device or disc before all files have been written to it.

Scan and fix (recommended)

This will prevent future problems when copying files to this device or disc.

Continue without scanning.

Perlu kamu ketahui, bahwa fitur ini memiliki fungsi yang bagus. Pasalnya, jika kamu lupa tidak meng-eject USB Flashdisk sebelum melepaskannya ini akan mengakibatkan file di dalamnya menjadi corrupt (rusak).

Jadi, ketika kamu memilih opsi Scan and fix, maka sistem Windows akan melakukan operasi checkdisk pada USB Flashdisk tersebut.

Akan tetapi, yang merepotkan dan membuat kita ribet adalah meskipun sudah melakukan scan and fix, tetap saja ketika Fd di pasang kembali akan tetap keluar lagi pesan ini.

Lantas, bagaimana cara mematikan pesan do you want to scan and fix removable disk?

Untuk mematikan pesan peringatan ini, kamu cukup buka run command atau tekan tombol Windows + R → ketik services.msc → lalu tekan tombol Enter.

Kemudian silakan kamu cari menu Shell Hardware Detection → jika sudah ketemu, silakan kamu double-klik (klik dua kali).

Selanjutnya, pada jendela Properties, silakan kamu ubah Startup Type dari yang asalnya Automatic menjadi Disabled → lalu klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi.

Selesai!

Sekarang silakan kamu colokkan USB Flashdisk ke port di laptop atau komputer kamu, maka pesan-pesan yang mengganggu tersebut akan hilang.

Oiya, jika kamu menonaktifkan fitur ini, maka secara otomatis fitur Auto Play juga akan ikut nonaktif, ya!

Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi “Do you want to scan and fix Removable Disk?”"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel