6+ Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Pernahkah kamu mengalami sinyal HP Android yang hilang secara tiba - tiba alias no signal? Jika kamu mengalami hal tersebut, pastinya sangat jengkel dan kesal sekali bukan? Apalagi jika sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet.

cara mengatasi sinyal hilang di hp android

Jika sinyal hilang dikarenakan oleh cuaca yang buruk, seperti hujan deras itu merupakan hal yang wajar-wajar saja.

Akan tetapi, jika tidak ada hujan dan tidak ada badai tiba-tiba sinyal di HP Android hilang, maka alangkah baiknya kamu memeriksa smartphone Android, kartu SIM, atau masalah lainnya sesegera mungkin. 

Berikut di bawah ini Ilyasweb akan memaparkan beberapa cara mudah untuk mengatasi sinyal hilang pada HP Android yang bisa kamu lakukan, diantaranya :

1. Periksa Kartu SIM

Hal pertama yang bisa menyebabkan sinyal HP Android hilang adalah pemasangan SIM Card yang tidak pas.

Jadi, untuk mengatasinya silakan kamu periksa slot kartu SIM kamu sudah pas atau belum? Kamu bisa mencabut terlebih dahulu kartu lalu memasangkannya kembali untuk memulai ulang sistemnya.

2. Aktifkan Mode Penerbangan

Jika di lokasi atau area tempat kamu berada memiliki jaringan sinyal yang bagus, namun di ponsel kamu sinyalnya hilang secara tiba-tiba, maka kamu bisa mengatasinya dengan mode penerbangan.

Ketika fitur Airplane Mode (mode penerbangan) pada ponsel pintar kamu diaktifkan, maka semua sinyal akan menghilang, baik itu sinyal jaringan seluler ataupun WiFi.

Sesudah kamu mengaktifkannya beberapa detik, coba sekarang kamu nonaktifkan atau matikan kembali mode pesawat tersebut.

Dengan menggunakan cara yang satu ini, biasanya HP Android kamu akan kembali bekerja dengan normal dan bisa menemukan jaringan yang akurat.

3. Pindah Lokasi/Area

Jika sinyal kamu hilang disebabkan oleh area yang memang tidak memiliki jaringan, maka satu-satu solusinya adalah pindah alias mencari lokasi/area yang bisa menangkap jaringan seluler.

Jika kamu sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet tapi di lokasi tempat kamu berada sama sekali tidak ada sinyal, maka kamu bisa pindah ke lokasi lain yang memiliki sinyal bagus.

Oiya, jika kamu berada di dalam ruangan dan secara tiba-tiba sinyal menghilang, kamu bisa mencoba ke luar ruangan untuk menemukan sinyal.

4. Restart HP Android

Sinyal bisa saja hilang karena pengaturan pada sistem operasi ponsel kamu error yang sebabkan oleh cache dan cookie yang menumpuk.

Error-error kecil semacam ini bisa diatasi dengan cara memulai ulang perangkat alias restart (bukan reset), dan cara ini sudah terbukti sangat efektif untuk mengatasi masalah hilang sinyal.

Dengan kamu memulai ulang ponsel, maka kinerja sistem yang sebelumnya error akan disegarkan kembali (refresh), sehingga masalah sinyal hilang bisa teratasi dengan mudah.

5. Pencarian Jaringan Secara Manual

Jika smartphone tidak melakukan pencarian jaringan secara otomatis, maka kamu bisa mencari jaringan yang tersedia secara manual.

Caranya sendiri cukup mudah, silakan kamu buka menu Setelan → Kartu SIM & jaringan seluler → pilih SIM 1 atau SIM 2 → Jaringan seluler → hilangkan centang pada opsi Otomatis pilih jaringan.

6. Tes Ping Melalui Dial Pad

Smartphone Android yang tidak memancarkan sinyal radio dengan baik dan stabil itu bisa menjadi salah satu penyebab utama sinyal kamu hilang secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini :


  • Lakukan dial pad dengan memanggil kode dial *#*#4636#*#* di papan panggilan.
  • Kemudian akan muncul sebuah tampilan yang berisi beberapa menu, pilih saja Phone Information.
  • Klik opsi Run Ping Test, lalu scroll sedikit ke bagian bawah, kemudian kamu pilih opsi LTE/GSM auto (PRL) pada menu drop-down.
  • Selanjutnya, silakan klik pada opsi Turn Off Radio.
  • Jika sudah, silakan restart HP Android kamu.
  • Selesai.

Demikianlah 6 (enam) cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal HP Android yang hilang secara tiba-tiba. Cara ini bisa kamu gunakan pada HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Infinix, iPhone, Advan, Lenovo, Realme, dan yang lainnya.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "6+ Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel