Mengenal Proses Pengantaran Ulang Paket JNE Express

Biasanya, pengantaran paket yang dilakukan oleh kurir JNE ke alamat si penerima lancar-lancar saja. Namun, kadang-kadang proses antar paket bisa mengalami masalah karena disebabkan oleh beberapa faktor, entah itu kesalahan di kurir, penerima, ataupun agen JNE Express itu sendiri.

antar ulang jne

Jika saat kamu melakukan cek resi jne di halaman tracking, kemudian muncul informasi atau istilah AU (Antar Ulang), maka yang menjadi pertanyaannya adalah kapan paket kita akan diproses atau diantar kembali ke alamat?

Dalam artikel ini, Ilyasweb akan membagikan pengalaman pribadi, karena sudah beberapa kali  paket saya kena proses pengantaran ulang, padahal nama dan alamat sudah lengkap dan akurat, bahkan nama saya sendiri sudah banyak yang mengenal.

Ketika paket sudah sampai di kota tujuan (Cianjur) kemarinnya atau di hari yang sama, pas saya lakukan pelacakan di website tracking JNE status yang keluar malah gagal pengiriman.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan proses pengantaran paket gagal, dan akan diantar ulang di hari berikutnya. Jadi, kamu tidak perlu was-was atau melakukan tindakan apapun, cukup tunggu saja, dengan syarat:

  • Antar Ulang (AU) disebabkan oleh kurir yang belum tahu alamat tujuan dan sedang mencari informasi tentang alamat tersebut.
  • Kurir kehabisan jam kerja untuk mengantarkan paket tersebut.
  • Tidak ada orang (penerima) di alamat tujuan (rumah, kantor, atau tempat yang tertera di packing JNE).
Lantas, berapa lama antar ulang akan diproses kembali? Kalau pengirim menggunakan layanan JNE YES (Yakin Esok Sampai), maka besoknya paket kamu akan segera dikirim kembali.

Namun, jika pengirim menggunakan layanan Reguler (REG) atau Ongkos Kirim Ekonomis (OKE), biasanya paket tersebut akan diantarkan ulang antara 1 s/d 3 hari kerja.

Jika proses antar ulang tidak kunjung berhasil, dan terus menerus pengiriman paket gagal, maka sudah bisa dipastikan penyebabnya adalah:

  1. Nama penerima sama sekali tidak dikenal di alamat tujuan.
  2. Alamat yang ditulis tidak lengkap, atau ada kesalahan penulisan alamat (baca: cara penulisan alamat yang benar saat kirim paket).
  3. Rumah atau kantor tidak ditemukan/pindah.
  4. Nomor telepon/HP yang tercantum di packing tidak bisa dihubungi/tidak aktif.

Jika ternyata kurir mendapatkan masalah seperti 4 (empat) di atas, maka kurir akan kebingungan harus mengantarkan paket/barang kiriman kepada siapa, dimana dan kemana?

Solusinya, kamu bisa menghubungi pihak JNE atau bisa langsung datang ke kantor cabang atau agen JNE terdekat untuk mengoreksi kesalahan nama/alamat tersebut.


Bahkan, kalau ternyata paket kamu ada di kantor cabang JNE tersebut, kamu bisa langsung mengambilnya, lho!

Sebagai catatan, untuk mengambil paket sendiri, biasanya paket tersebut ada di kantor pusat yang ada di kotamu. Untuk itu, silakan kamu cari saja alamat kantornya dengan mengetikkan di Google dengan kata kunci: JNE terdekat, atau J&T terdekat di sini.

Oiya, jika alamat kantor pusat sudah kamu temukan, sebaiknya perhatikan juga jam kerja JNE tersebut. Jadi, pas kamu datang kantornya sedang buka (tidak tutup).
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Proses Pengantaran Ulang Paket JNE Express"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel