Apa itu Suku Bunga Tabungan?

Apa sih yang akan kamu pikirkan ketika melihat atau mendengar kabar kalau suku bunga di bank naik? Senang, bahagia, atau ketakutan? Suku bunga tabungan yang tiba-tiba naik memang akan membuat sebagian nasabah di bank tertentu merasa senang, buat yang nabung uang di bank, ya!

apa itu suku bunga tabungan


Namun sebaliknya, buat yang memiliki tagihan kredit akan merasa panasa dingin dan takut, karena suku bunga naik itu artinya bunga tagihan kredit juga akan ikutan naik.

Mengapa bisa seperti itu? Berikut ini tim Ilyasweb akan memberikan sedikit penjelasannya buat kamu yang belum tahu menahu soal suku bunga.

Apa itu suku bunga?

Pengertian bunga sendiri itu bisa memiliki dua arti yang berbeda, diantaranya:

1. Pinjaman

Dalam konteks pinjaman, suk bungan ini adalah besaran timbal balik yang akan didapatkan oleh seorang kreditur atasa dana atau uang yang dipinjam oleh debitur.

Sebagai contohnya kamu meminjam uang ke bank sebesar Rp24.000.000 dengan suku bunga 2% (persen) setiap bulannya dengan tenor 1 tahun.

Maka besaran bunga yang harus kamu bayar ke bank adalah Rp24.000.000 x 2% = Rp. 480.000 perbulan. 

Alhasil, total pinjaman yang harus kamu bayar perbulan adalah  Rp24.000.000 / 12 bulan = Rp2.000.000 (cicilan per bulan) + 480.000 (bunga bulanan) = Rp2.480.000,- per bulan.

2. Investasi

Sedangkan dalam konteks investasi, bunga ini adalah sebuah keuntungan untuk para investor atas uang yang mereka investasikan di perusahaan atau bank terkait.

Misalnya kamu menabung di bank sebesar Rp20.000.000 dengan membuka tabungan deposito yang keuntungan atau suku bunganya adalah 7% (persen). Maka, total keseluruhan bunga yang akan kamu dapatkan adalah Rp20.000.000 x 7% = Rp1.400.000,-.

Alhasil, ketika tenor deposito kamu di bank tersebut sudah berakhir, maka jumlah uang yang ada di tabungan bank kamu adalah Rp21.400.000,-.

Intinya, suku bunga tabungan ataupun bunga pinjaman, masing-masing akan dinyatakan dalam bentuk persentase (%).


Jenis bunga di dunia perbankan

Berdasarkan pengertian atau definisi suku bunga tersebut, maka bisa disimpulkan kalau jenis bunga itu terbagi menjadi 2 (dua) bagian, antara lain ialah sebagai berikut:

1. Suku bunga kredit (lending facility)

Jenis bungan yang satu ini dipakai untuk urusan kredit alias kegiatan pinjam meminjam uang. Gambaran umum dari suku bunga kredit sendiri itu bisa dikelompokkan berdasarkan sifat dan cara perhitungannya, yaitu:

  1. Suku bunga tetap (fixed interest rate), yang artinya suku bunga itu tingkatannya tidak akan berubah-ubah selama masa kredit.
  2. Suku bunga mengambang (floating interest rate), yang berarti tingkatan bunga akan berubah-ubah mengikuti perubahan terbaru pasar selama masa kredit.

Selain dari sifatnya, klasifikasi suku bunga kredit juga ada yang ditentukan berdasarkan cara perhitungannya, yakni:

  1. Suku bunga flat adalah bunga yang diperhitungkan dari nominal awal pokok pinjaman dan kemudian dibagi secara proporsional berdasarkan dari tenor kredit.
  2. Suku bunga efektif yang akan dihitung dari sisa jumlah pokok pinjaman, yang berarti besaran bunga akan terus menurun seiring dengan sisa tenor (masa permbayaran).
  3. Suku bunga anuitas adalah metode perhitungan gabungan dari suku bunga efektif dan juga flat. Yang berarti besaran bunga akan dihitung berdasarkan dari sisa nominal pokok pinjaman, dan kemudian akan dibagi secara proporsional berdasarkan tenornya.


2. Suku bunga simpanan (deposit facility)

Deposit facility adalah suku bunga yang digunakan untuk sistem perhitungan simpanan. Suku bunga yang satu ini perhitungannya sangat sederhana alias mudah, tidak seperti lending facility.

Untuk bunga simpanan alias deposit facility, itu terbagi menjadi 2 (dua) bagian:

  1. Bunga simpanan tabungan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah berdasarkan nominal dana yang tersimpan pada tabungan.
  2. Bunga simpanan deposito yang juga diberikan oleh bank terkait kepada nasabahnya yang membuka tabungan deposito dengan suku bungan yang sama (misal 5% atau 7%) dan itu tidak akan berubah-ubah selama jangka waktu yang sudah disepakati.

Jadi, sampai di sini apa kamu sudah mengerti dengan definisi suku bunga, cara menghitung suku bunga, beserta jenis-jenisnya? Jika belum paham, silakan tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Suku Bunga Tabungan?"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel