Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Konveksi? Apa Perbedaan Penjahit, Konveksi, dan Garmen?

Apa sih yang dimaksud dengan konveksi? Apa bedanya penjahit dengan konveksi dan juga garmen? Ya, itulah pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman saya yang akan akan saya coba jelaskan dalam artikel yang satu ini.

apa itu konveksi

Konveksi adalah salah satu tempat produksi merchandise yang berkaitan dengan kebutuhan sandang alias pakaian, atau bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih modern yaitu tempat produksi fashion dengan minimal kualitas tertentu.

Umumnya, konveksi ini membuka sebuah jasa pembuatan berbagai jenis pakaian seperti halnya kaos, kemeja, celana, jaket, almamater jas, baik dalam satuan, grup, ataupun komoditas.

Intinya konveksi ini adalah sebuah jasa pembuatan pakaian dengan kualitas yang lebih dari sekedar tukang jahit biasa.

Oiya, di konveksi biasanya juga membuka jasa sablon pakaian (satuan atau skala besar) baik dengan sablon digital (DTG) atapun manual.

Rata-rata kuantitas untuk produksi pakaian di konveksi ini adalah 12 pcs (1 lusin), dan orderan paling besar sampai dengan 10.000 pcs.

Sedangkan yang memproduksi pakaian lebih dari 10.000 pcs, itu biasanya adalah perusahaan garmen.



Buat kamu yang bingung dalam membedakan antara penjahit, konveksi dan juga garmen, berikut ini akan Ilyasweb rangkum beberapa perbedaan antara ketiganya berdasarkan kuantitas produksi:


  • Penjahit rumahan: kuantitas produksi sangat kecil (satuan) 1-5 pcs dengan mengandalkan mesin jahir biasa (listrik atau manual).
  • Konveksi: Rata-rata kuantitas order 12 - 10.000 pcs dengan menggunakan peralatan yang terbilang cukup lengkap, mulai dari mesin jahit, mesin obras, rantai, kam, alat press kaos, dan sebagainya.
  • Perusahaan garmen: Umumnya produksi pakaian dilakukan oleh karyawan atau pegawai yang berjumlah sangat banyak sekali di sebuah pabrik, dan jumlah produksinya bisa lebih dari 10.000 pcs.


Kamu tinggal di daerah Bandung dan membutuhkan seragam kerja untuk perusahaan atau instansi pemerintah atau seragam komunitas/grup?

Kalau begitu kebetulan sekali, karena dalam artikel ini saya akan sekaligus memperkenalkan konveksi seragam yang ada di kabupaten/kota Bandung, namanya Green Garment Indonesia.

Green Garment Indonesia adalag salah satu konveksi Bandung yang sudah berdiri sejak awal pemerintahan pak Joko Widodo, yakni tahun 2014 silam.

Sampai saat ini perusahaan tersebut sudah berumur sekitar 6 tahun dengan track record melayani lebih dari 500 konsumen yang beragam, mulai dari perseorangan, perusahaan, instansi pemerintah, sekolah, dan yang lainnya dengan jumlah produksi pakaian hampir 1.000.000 pcs.



Mengapa harus memilih konveksi yang satu ini, bukannya di Bandung juga banyak konveksi? Pasalnya, hanya di Green Garment Indonesia kamu bisa mendapatkan 4 kelebihan yang menarik, diantaranya:


  1. Berkualitas
  2. Tepat waktu
  3. Pelayanan terbaik
  4. dan After sales services.


Buat kamu yang penasaran ingin mencobanya, kamu bisa datang langsung ke pabrik Green Garment di alamat berikut ini: Komplek Sanggar Indah Banjaran Blok L7. No 20, RT.04/RW.11, Cangkuang, Bandung, Jawa Barat 40238.

Oiya, jam kerjanya sendiri dibuka setiap hari senin s/d sabtu mulai pukul 08.00 - 20.00 WIB (hari minggu & tanggal merah: tutup). Kamu juga bisa bertanya-tanya terlebih dahulu melalui kontak telepon di nomor 0853-1507-5419.

Semoga membantu!

Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.