Ukuran Kertas, Font, Spasi, dan Margin Untuk Makalah

Dalam membuat karya tulis ilmiah, maka margin untuk makalah, ukuran kertas, font, dan juga spasi sangat penting sekali untuk kamu terapkan agar susunan makalah terlihat rapi dan akan mudah sekali untuk dibaca.

format penulisan makalah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mahasiswa ataupun siswa dituntut untuk membuat sebuah karya ilmiah (makalah, skripsi atau laporan prakerin) dengan format penulisan yang baik dan benar. Tujuan utamanya ialah agar susunannya terlihat rapi dan mudah untuk dibaca.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menyusun makalah, baik itu skripsi, thesis, laporan pkl/prakerin dan yang lainnya ialah ukuran kertas, jenis huruf (font), jarak/spasi, dan juga margin makalah.


Format penulisan makalah yang baik dan benar

Berdasarkan pengalaman, berikut ini adalah beberapa standar penggunaan format penulisan makalah atau karya tulis ilmiah yang sering sekali digunakan di berbagai sekolah atau kampus di Indonesia:

  • Ukuran kertas: A4.
  • Jenis font: Times New Roman.
  • Ukuran huruf: 12
  • Jarak atau spasi: 1,5
  • Ukuran margin makalah (jarak tepi kertas):
    1. Top (atas): 3 cm
    2. Left (kiri): 4 cm
    3. Right (kanan): 3 cm
    4. Bottom (bawah): 3 cm.

Buat kamu yang baru menggunakan Microsoft Office, pasti akan kesulitan untuk mengaturnya bukan? Tenang, dalam artikel ini Ilyasweb akan menjelaskan langkah demi langkah untuk mengatur format penulisan makalahnya.

Mengatur ukuran kertas makalah

Kertas yang biasa dipakai untuk membuat sebuah makalah ialah model A4 yang memiliki ukuran 210 x 297 mm (21 cm x 29,7 cm).

Untuk mengatur ukuran kertas silakan buka tab Page layout → Size, kemudian silakan kamu pilih format ukuran kertas A4. Jika kamu masih bingung, coba kamu perhatikan gambar berikut ini.

ukuran kertas untuk makalah


Mengatur ukuran margin makalah

Selanjutnya kita atur margin untuk makalah kamu, caranya buka tab Page layout → Margins → Custom margins... yang ada di paling bawah opsi, kemudian kamu sesuaikan pengaturannya seperti di bawah ini:

  • Top: 3 cm
  • Left: 4 cm
  • Right: 3 cm
  • Bottom: 3 cm.

Coba kamu perhatikan gambar di bawah ini.

margin untuk makalah

Jika di Microsoft Word yang kamu gunakan masih menggunakan ukuran inchi atau milimeter, silakan ganti dulu agar menjadi centimeter (cm).


Mengatur jenis font dan ukurannya

Jenis huruf atau font yang sering sekali digunakan untuk makalah adalah Times new roman dengan ukuran font 12 pt.

Cara mengaturnya, silakan blok semua halaman yang ada di lembar kerja Word kamu dengan cara menyeleksi semua atau dengan menggunakan pintasan CTRL + A, lalu buka tab Home → lalu pilih jenis font dan ukuran font (lihat gambar berikut ini).

font untuk makalah


Mengatur ukuran spasi makalah

Pengaturan jarak antar teks, kata, dan juga baris di setiap paragraf juga ada standar khusus, detailnya sebagai berikut ini:

  • Spasi ukuran 1,5 lines
  • Spacing before: 0
  • Spacing after: 0

Untuk mendapatkan pengaturan seperti itu, kamu bisa memblok semua tulisannya dan menekan tombol CTRL + A → buka tab Home → klik ikon kecil di group paragraph, lalu setting seperti yang sudah ditulis di atas (lihat gambar).

ukuran spasi makalah


Demikian panduan singkat mengenai format penulisan makalah baik dari segi ukuran margin makalah, spasi, font, kertas, dan juga ukuran yang lengkap dengan gambarannya.

Semoga membantu!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Kertas, Font, Spasi, dan Margin Untuk Makalah"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel