Cara Memanggil Disk Management Windows 7

Disk Management adalah salah satu tools internal bawaan dari Windows yang berfungsi untuk mengatur kapasitas harddisk (HDD), SSD, Flashdisk, dan juga memori penyimpanan desktop yang lainnya.

Fungsi dan kegunaan yang disediakan oleh tools yang satu ini lumayan banyak sekali, salah satunya seperti membuat sebuah partisi baru, menggabungkan beberapa partisi menjadi satu, format disk, mengubah huruf disk (misal E: jadi D:), mengurangi kapasitas ataupun menambahkan kapasitas pada partisi yang diinginkan.

disk management

Perlu kamu ketahui, bahwa ada banyak sekali cara untuk memanggil tool Disk Management ini, namun dikarena jenis windows yang kamu gunakan berbeda, jadi akan beda juga cara membukanya.

Oleh sebab itulah admin ilyasweb akan memberikan satu cara memanggil disk management untuk semua versi Windows (Windows XP, 7, 8, ataupun Windows 10) dengan mudah.


Kamu cukup tekan tombol Logo Windows + R (Windows + R), kemudian kamu ketik kode perintah diskmgmt.msc lalu tekan tombol Enter.

Setelah berhasil terbuka, kamu akan melihat beberapa media penyimpanan (partisi) apa saja yang ada dan yang terbaca di sistem Windows kamu disaat membuka Disk Management.

Kamu bisa melihat penyimpanan harddisk (HDD), Solid State Drive (SSD), Flashdisk, ataupun Micro-SD Card.

Untuk mengaturnya, kamu cukup klik kanan saja pada salah satau partisi yang ingin kamu ubah, kemudian kamu bisa memilih opsi yang ada, misalnya ingin memformat, hapus, tambah atau mengurangi kapasitasnya.

Jika kamu merasa ada kerusakan pada harddisk atau SSD, maka kamu bisa memanfaatkan fitur disk management ini untuk men-diagnosa kerusakan tersebut dan kemudian perbaiki.


Saya sendiri biasanya menggunakan disk management ini untuk mengurangi dan/atau menambahkan kapasitas penyimpanan di salah satu partisi yang ada.

Mungkin cukup sampai di sini saja dulu pembahasan kali ini mengenai cara membuka disk management di Windows 10, 8, 7, Vista, dan juga XP.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meluangkan waktu kamu untuk berkomentar di bawah!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Memanggil Disk Management Windows 7"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel