Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa melakukan panggilan video atau video call. WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sudah dibekali dengan fitur Video Call, yakni sebuah fitur panggilan video agar kamu bisa terhubung dengan kontak WA kamu secara visual atau bertatap muka di layar smartphone.


Fitur panggilan video WhatsApp ini bisa kamu lakukan dengan lancar apabila kamu mempunyai jaringan internet yang cepat dan stabil.

Pasalnya, fitur video call atau VC ini akan membutukan banyak sekali kuota dan sinyal harus berjalan stabil untuk streaming video tatap muka kamu dengan lawan bicaramu.

Jika saja sinyal atau jaringan internet yang kamu gunakan tidak stabil atau sedang mengalami gangguan, misalnya kuota habis, maka sudah dipastikan kamu tidak akan bisa melakukan panggilan video.

Namun ada beberapa kasus yang walaupun sinyal dan jaringan internet stabil, bahkan streaming video di YouTube pun lancar jaya, tapi anehnya tidak bisa melakukan video call di WhatsApp.

Kebingungan ditambah lagi ketika melakukan panggilan suara, kirim chat, voice note, mengirim gambar dan dokumen itu bisa dan lancar tanpa hambatan, tapi kenapa video call nggak bisa?


Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Baiklah, pada kesempatan ini Ilyasweb akan mencoba memaparkan apa saja penyebab WhatsApp yang tidak bisa video call yang sudah lengkap dengan solusi untuk mengatasinya, silakan kamu simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Update WhatsApp ke versi terbaru

Pastikan kalau aplikasi WA kamu adalah yang paling baru. Jadi, jika kamu masih menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama, silakan untuk memperbaharui terlebih dahulu di Google Play Store.

2. Masalah di HP lawan bicara kamu

Jika ternyata aplikasi WhatsApp di hp kamu sudah menggunakan versi paling baru, maka coba kamu tanyakan ke lawan bicamu via chat apakah dia sudah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru?

Jika memang dia sudah menggunakan versi terbaru juga, namun WhatsApp masih tidak bisa digunakan untuk video call, kamu bisa lanjutkan baca ke langkah selanjutnya.


3. Periksa koneksi atau jaringan internet

Kejadian yang paling banyak terjadi adalah salah satu dari penelpon atau penerima memiliki jaringan internett yang lemot, bahkan di beberapa kasus salah satunya tidak memiliki kuota data internet.

Jadi, untuk bisa melakukan video call, si penelpon dan yang menerima telepon harus sama-sama memiliki paket internet (ada kuotanya).

4. Mode penerbangan

Jika kamu dan lawan bicara kamu sama-sama memiliki paket internet yang masih berlaku, bahkan kuotanya masih berGB-GB, coba deh kamu lakukan hal sederhana ini: hidupkan mode pesawat, biarkan beberapa detik lalu matikan kembali.

5. Coba bersihkan cache

Jika masih belum bisa, kamu dapat mencobanya kembali setelah menghapus cache aplikasi WhatsApp, begini caranya:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP Android kamu.
  • Kemudian pilih opsi Apps.
  • Klik aplikasi WhatsApp.
  • Lalu pilih opsi Clear Cache atau Hapus Cache.
  • Selesai.


6. Install ulang aplikasi WhatsApp

Jika dengan 5 (lima) cara di atas masih juga belum bisa untuk video call, maka cara terakhir ialah dengan menghapus aplikasi WhatsApp dan kemudian kamu install kembali.

Namun, sebelum melakukan install ulang WhatsApp, alangkah baiknya kamu melakukan pencadangan terlebih dahulu (backup data), tujuannya agar chat dan yang lainnya tidak akan hilang paska melakukan install ulang.

Akhir kata...

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya paparkan terkait cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call atau video call wa tidak muncul gambar.

Langkah-langkah di atas bisa kamu coba di semua merk smartphone, baik itu Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Infinix, Huawei, Advan, dan yang lainnya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel