Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri Sebelum Jatuh Tempo

Beberapa waktu yang lalu teman saya meminta saya untuk membantu mencairkan dana di Mandiri Tabungan Rencana (MTR) miliknya, sebelum waktu yang tercatat di polis. Ya, dia ingin membatalkan tabungan rencananya, karena butuh sekali uang untuk melunasi cicilannya.

cara mengetahui nomor sertifikat tabungan rencana mandiri

Sebenarnya proses pencairannya sangat mudah sekali, asal kamu tahu kode-kodenya dan kamu juga tidak perlu repot-repot datang ke kantor Bank Mandiri jika sudah pernah mengaktifkan internet banking sebelumnya.

Pada kesempatan ini saya akan memaparkan pembatalan melalui i-Banking mandiri, alasannya karena sangat mudah sekali.

Sebelum ke tutorialnya, silakan kamu siapkan terlebih dahulu beberapa hal berikut :

1. Sertifikat polis dari AXA Mandiri atau bisa juga nomor rekening Tabungan Rencana Mandiri (TRM) kamu. (Ingat, cuna butuh nomornya saja!).

Pada artikel ini saya tidak akan membahas cara mengetahui nomor sertifikat tabungan rencana mandiri kamu, karena tinggal lihat saja sertifikatnya polisnya, oke? :D

2. Token Mandiri.


Jika sudah kamu siapkan kedua bahan tersebut, silakan kamu buka situs web resminya di alamat: https://ibank.bankmandiri.co.id/retail3/.

Kemudian kamu masukkan User ID dan juga Password pada kolom yang sudah disediakan, lalu tekan tombol Masuk.

Jika sudah berhasil masuk, silakan kamu buka opsi Informasi Rekening, lalu pilih menu Mandiri Tabungan Rencana.

Selanjutnya, daftar tabungan rencana yang kamu miliki akan ditampilkan di halaman tersebut, kemudian kamu bisa memilih salah satu yang ingin diambil data tabungannya.

Setelah itu akan muncul 2 (dua) buah pilihan yakni Update dan Batalkan. Silakan kamu klik opsi Batalkan, kemudian siapkan nomor sertifikat polis kamu (2 huruf kapital [Certificate Prefix] + 6 angka sertifikatnya [Certificate Number], cek saja di polis).

Klik tombol Lanjutkan. Berikutnya, kamu akan dimintai untuk melakukan konfirmasi dari transaksi tersebut dengan memasukkan kode Token Mandiri.

Kemudian akan muncul informasi total saldo dan juga ledger balace dari tabungan rencana kamu. Nah, berhubung ini akan dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, jadi kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000,- yang akan dipotong secara otomatis dari ledger balance.

Proses pemindahan dana dari Tabungan Rencana ke saldo tabungan rekening akan instan alias langsung cair saat itu juga setelah kamu melakukan konfirmasi.

Akan tetapi, jika kamu belum meregistrasikan layanan internet banking, kamu harus melakukan pembatalan Mandiri Tabungan Rencana ini dengan cara mendatangi kantor cabang Bank Mandiri secara langsung.

Sebelum datang ke Bank, silakan kamu persiapkan 3 hal ini :

  1. Buku tabungan Bank Mandiri
  2. Sertifikat polis Mandiri (1 lembar).
  3. KTP (untuk WNI) atau Paspor (untuk WNA).


Oiya, jika kamu tetap mempertahankan isi saldo di tabungan rencana ini hingga batas akhir tanggal jatuh tempo, maka semua saldonya akan ditambahkan secara otomatis ke tabungan biasa kamu (secara otomatis).

Semoga membantu dan jika ada pertanyaan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri Sebelum Jatuh Tempo"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel