-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp

Seperti yang kita ketahui, kalau tulisan di WhatsApp bisa kita variasikan sperti cetak tebal (bold), miring (italic), ataupun strike (dicoret). Lantas, bagaimana cara membuat tulisan terbalik di WA? Atau kamu ingin membalikkan tulisan untuk status Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya?

cara membuat tulisan terbalik di wa

Ya, membuat variasi unik pada tulisan memang akan membuat chattingan kita menjadi lebih seru dan nggak gampang bosan. Teman kamu yang ʇǝpnʞ akan kagum dengan isi chat dari kamu atau sebagian pasti lɐqǝs ɐsɐɹǝɯ dan ilfeel juga, wkwk.

Untuk membuat tulisan terbalik itu sangat mudah sekali dan tidak harus memiliki keahlian yang khusus. Kamu hanya perlu mengakses halaman website tertentu dan tinggal copy paste saja tulisannya.


Okeh, mari kita bahas lebih spesifik lagi. Berikut ini ada beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk membalikkan tulisan, diantaranya:


Dan masih banyak lagi website-website yang lainnya, namun Ilyasweb rasa empat situs web tools di atas sudah cukup lah ya untuk sekedar menghibur diri.

Cara membuat tulisan terbalik di WA

  1. Buka salah satu halaman situs web di atas.
  2. Ketikkan pesan atau teks yang akan kamu balikkan posisi tulisannya.
  3. Setelah itu, hasilnya bisa kamu lihat di kolom/kotak kedua (tepat di bawah kamu menulis).
  4. Pilih atau seleksi teks tersebut (copy).
  5. Selanjutnya, kamu tinggal tempel atau paste saja pesan tersebut di WhatsApp, Facebook, Instagram atau media sosial lainnya.
  6. Selesai.

Sebagai catatan tambahan, tidak semua situs web di atas mempunyai pilihan bagaimana tulisan kamu itu terbalik, rata-rata hanya membalikkan tulisan dari atas ke bawah saja. Namun, website Upsidedowntext.com lebih saya rekomendasikan karena bisa membalikkan tulisan dari depan ke belakang, atau dari atas ke bawah, ataupun keduuanya (dengan putaran 180° derajat).

Satu hal lagi, tidak semua huruf kapital dan angka bisa terbalik dengan sempurna. Jika saja bisa, bentuk huruf atau font dan proses membalikkan teksnya akan berbeda dari format tulisan aslinya.


Cara di atas bisa kamu gunakan untuk membuat tulisan terbalik di wa, fb, ig ataupun media-media sosial yang lainnya, baik menggunakan smartphone Android ataupun laptop, komputer (PC).

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk membuat tulisan terbalik tersebut, salah satunya ialah aplikasi Upside Down (Flip Text) atau aplikasi Flip Text di Google Play Store.

Sedangkan buat kamu yang menggunakan iOS, kamu bisa mencoba aplikasi Texting Upside Down Free atau aplikasi Flip, Rotate and Mirror Text di iTunes Apple.

Baik, cukup demikian saja tips dan trik cara membuat tulisan di WhatsApp, Facebook, Instagram dam sosial media yang lainnya. Semoga membantu kamu dan selamat bersenang-senang!
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.