Cara Masuk Recovery Mode Samsung Paling Mudah

Beberapa bulan yang lalu saya mencoba membeli tablet bekas merk Samsung, atau lebih tepatnya Samsung Galaxy Tab S2 8.0 yang mana tablet ini adalah versi upgrade baik dari segi layar yang sudah AMOLED maupun di segi performanya.

cara masuk recovery samsung

Namun, yang sangat saya sayangkan adalah versi Androidnya yang masih terbilang jadul alias ketinggalan jaman, yakn hanya support maksimal ke Android versi 7.0 (Nougat).

Saya pribadi menginginkan android versi terbaru, bukan hanya soal user interface saja atau tampilan tatap muka yang memang lebih fresh, namun minimal ada update pada sistem security saja.

Untuk itu, saya mencoba untuk memasang custom ROM, yang sudah tentu harus mengakses recovery mode Samsung dalam melakukan proses install-nya.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Cara masuk recovery android Samsung sendiri terbilang sangat mudah sekali, karena hampir semua seri dari Samsung ini memiliki cara yang sama untuk mengaksesnya.

Buat kamu yang memang belum mengetahuinya, silakan kamu simak beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu matikan terlebih dahulu smartphone atau tablet Samsung kamu.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Home+ Volume Atas (Up) secara bersamaan.
  3. Ketika sudah muncul logo Samsung atau logo Android, silakan lepaskan semua tombolnya.
  4. Jika kamu berhasil masuk ke mode recovery, biasanya ditandai dengan munculnya pesan SET WARRANTY BIT: RECOVERY.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di recovery mode Samsung ini? Kebanyakan pengguna biasa menggunakan recovery mode ini untuk melakukan update Android secara offline dari file yang sudah di download, menghapus cache, partisi, dan juga hard reset.


Jujur saja, jika masih menggunakan recovery Android bawaan dari Samsung sendiri memang sangat terbatas sekali.

Jika kamu menginginkan fitur-fitur yang lebih, kamu bisa saja menginstall custom recovery mode Samsung seperti halnya TWRP.


Sedikit saran, jika kamu ingin melakukan custom ROM ataupun custom recovery, sebaiknya silakan lakukan pencadangan atau backup ROM kamu secara keseluruhan.

Hal ini sangat berguna sekali untuk berjaga-jaga, mana tahu kamu ada kesalahan saat melakukan flash ROM nantinya.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel