-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Permainan Sederhana Untuk Melatih Konsentrasi Anak

Sebagai orang tua, kamu pastinya menginginkan anak kamu untuk menjadi sosok yang cerdas, teliti dan penuh dengan konsentrasi, apalagi ketika dalam proses belajar iya kan? Maka, permainan konsentrasi ini bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Permainan Konsentrasi

Anak - anak memang konsentrasinya mudah sekali teralihkan, terutama jika anak kamu disuruh untuk mengerjakan sesuatu yang memang tidak menarik untuk mereka lakukan, sudah jelas konsentrasi dia akan tidak fokus dan semangatnya akan hilang.

Namun, sebagai orang tua yang baik kamu nggak usah berkecil hati dalam mengajar anak agar memiliki konsentrasi di otaknya.

Jadi, ketika si kecil sedang bermain kamu bisa mengajaknya untuk memainkan salah satu dari 5 (lima) permainan di bawah ini agar bisa melatih konsentrasi anak agar terus meningkat dari hari ke hari.

Lantas, apa sajakah permainan anak yang bisa membuat otaknya terlatih? Yuk, simak beberapa stimulasi "Kids Games" di bawah ini.

1. Permainan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Visual Anak

Untuk yang pertama, kamu bisa memainkan permainan teka - teki menebak apa yang berubah kepada anak kamu.

Bingung? Tenang begini simulasi cara melatihnya...

Coba kamu berdiri tepat di hadapan si kecil (saling menghadap). Kemudian kamu bisa meminta si buah hati untuk memperhatikan kamu secara teliti, mulai dari cara berpakaian, atau aksesoris yang sedang kamu gunakan, dan lain sebagainya.

Nah, setelah anak kamu sudah merasa siap, kamu bisa memulainya dengan cara kamu dan anak saling berbalik arah (saling berbalik).

Selanjutnya, silakan kamu ubah penampilanmu, pakai kacamata, atau lepas aksesoris seperti gelang, cincin, atau kalung, atau kamu bisa menggulung lengan baju kamu.

Kemudian setelah itu kamu bisa saling berhadapan kembali lalu minta anak kamu untuk menjawab dan meneliti apa saja yang berubah dari penampilan kamu.

Percaya atau tidak, bahwa permainan yang stau ini akan mampu meningkatkan skill visual si buah hati, dan konsentrasi anak akan terus meningkat, apalagi jika kegiatan ini dilakukan secara rutin dan teratur.


2. Tounge Twister: Membantu Meningkatkan Anak Untuk Mengingat Rangkaian Kata Secepat Mungkin

Permainan konsentrasi yang kedua ini sangat populer dan terkenal sekali dan diklaim mampu meningkatkan konsentrasi si buah hati dan keterampilannya dalam berbicara.

Saya juga sewaktu kecil begitu, orang tua saya selalu mengajarkan saja dengan permainan ini. Berhubung saya orang Sunda, orang tua saya dulu suka menyuruh saya untuk mengucapkan kata "Laleur Mapay Areuy" tujuannya agar saya bisa fasih mengucapkan huruf "R" agar tidak cadel dan melatih keterampilan berbicara juga.

Okeh, kita kembali ke topik lagi...

Cara memainkan permainan Tounge Twister ini sangat mudah sekali, silakan kamu siapkan saja kalimat yang nantinya akan di bacakan oleh si buah hati, misalnya "Ular mirip akar sedang melingkar di atas pagar", atau bahasa Inggris "red lorry, green lorry, blue lorry", ataupun kalimat - kalimat yang lainnya.

Kemudian setelah kamu merangkai kata kata tersebut, silakan kamu suruh anak kamu untuk melafalkan kalimat tersebut secara cepat. Untuk menyemangati anak, silakan kamu lafalkan secara bareng - bareng.


3. Latih Tingkat Kepekaan Indera Pendengaran dengan Mencari Angka yang Hilang

Jika permainan selanjutnya berfungsi guna meningkatkan daya ingat dalam melafalkan suatu kata dengan cepat, sekarang kamu latih juga indera pendengarannya agar lebih teliti dan bisa fokus.

Pertama, silakan kamu berikan sebuah intruksi kepada si buah hati untuk menyebutkan angka berapa yang hilang atau yang tidak kamu sebutkan.

Selanjutnya, kamu mulai dengan menghitung angka secara berurutan, kemudian lewatkan 1 angka atau nomor.

Begini contohnya, "20, 21, 22, 23, 25, 26, 27", dalam konteks ini maka si buah hati harus mengatakan angka yang hilang yakni 24. Dan begitu seterusnya..

Silakan kamu tingkatkan kesulitannya secara bertahap, agar secara tidak langsung indera pendengaran anak kamu menjadi sangat peka dan terlatih.

Itulah ketiga permainan yang bisa kamu mainkan guna mengajarkan anak agar bisa teliti, fokus, dan konsentrasi terhadap sesuatu. Jika kamu menginginkan permainan yang lain, saya akan mencoba menambahkan permainan-permainan lainnya di lain  waktu.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.