-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Data Lengkap Transaksi (Mutasi) Rekening BRI

Jika kamu sedang menjalankan bisnis online, baik itu reseller, dropshipper, ataupun menjual produk kamu sendiri dan selalu menggunakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai alat untuk transaksi (transfer uang), tentu saja kamu akan sedikit kerepotan kalau harus mengecek satu persatu transaksi yang ada di ATM, apalagi kalau harus cetak tabungan.

cara cek mutasi bri lengkap

Jika saja kamu pernah mengaktifkan layanan i-banking alias internet banking BRI, maka bukan hanya bisa dipakai untuk mengecek saldo tabungan saja, kamu juga bisa melihat transaksi terbaru di tabungan kamu.

Oiya, dengan internet banking juga bisa mengetahui daftar data lengkap dari semua transaksi yang terjadi dalam kurun waktu 1 bulan.

Beberapa minggu yang lalu, ada teman saya yang namanya "Kang, bagaimana cara cek orang yang transfer ke rekening kita bri?" dan hari ini saya akan mengulasnya secara detail pada artikel ini.


Baiklah, silakan kamu simak langkah-langkahnya berikut di bawah ini:

1. Pertama, silakan kamu buka halaman Internet Banking di website resmi BRI, kemudian masukkan username dan juga kata sandi (password) dari akun i-Banking BRI kamu.

2. Jika sudah berhasil login ke dasbor, silakan kamu klik saja langsung menu yang bertulisan Informasi Rekening.

3. Selanjutnya, silakan kamu lihat-lihat menu yang berada di bagian kiri, kemudian cari dan klik opsi Mutasi Rekening.

4. Kemudian silakan kamu tentukan berapa hari transaksi yang akan kamu lihat, cukup masukkan tanggal awal dan akhir dari transaksi yang ingin kamu cek saja (maksimal 31 hari, ya).

Atau kalau kamu tidak mau ribet menentukan tanggal awal dan akhir, kamu bisa langsung saja memilih nama bulan secara full.


5. Jika kamu sudah menentukan tanggal atau bulannya, silakan saja kamu klik tombol Kirim.

6. Selanjutnya, kamu akan melihat daftar transaksinya di tanggal atau bulan yang sudah ditentukan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengunduh data tersebut ke file excel dalam format .xls dengan cara klik saja tombol download.

Alhasil, semua daftar transaksi atau yang lebih dikenal dengan mutasi rekening yang terjadi dalam jangka waktu yang sudah kamu tentukan akan muncul di halaman tersebut ataupun di file excel itu.

Kamu bisa melihat tanggal kapan transaksi tersebut terjadi, jenis transaksi (transfer, penarikan tunai, debet, atau kredit), nama pengirim atau penerima, dan juga sisa saldo buku tabungan kamu juga.


Sedikit saran dari admin Ilyasweb, sebaiknya kamu unduh file microsoft excel dari mutasi rekening BRI kamu secara rutin setiap bulannya, dan agar tidak ada satu bulan pun laporan yang terlewat. Pasalnya, pihak bank BRI membatasi data yang bisa dilihat oleh nasabahnya.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.