Contoh Laporan PKL SMK Jurusan TKJ (Prakerin)

Praktik Kerja Industri (Prakerin) atau yang juga dikenal dengan PKL (kepanjangan dari: Praktik Kerja Lapangan) adalah salah satu kegiatan yang wajib pagi siswa maupun siswi yang menempuh pendidikan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

contoh laporan pkl

Biasanya, kegiatan yang satu ini akan dilaksanakan siswa/siswi kelas XI (11) atau ada juga yang kelas XII (12). Jangka waktu prakerin-nya juga beragam, ada yang 1 bulan, 2 bulan, atau rata-rata 3 bulan.

Kegiatan PKL ini biasanya akan dilakukan di instansi atau perusahaan yang ada hubungannya dengan jurusan siswa atau siswi tersebut.

Contohnya saya mengambil jurusan TKJ, ya sudah jelas saya prakerin di tempatkan di instansi yang ada kaitannya dengan jurusan TKJ.

Nah, setelah kegiatan prakerin ini selesai, siswa dan siswi diwajibkan untuk membuat sebuah laporan tentang apa saja yang dilakukannya saat prakerin.

Laporan PKL SMK ini sifatnya wajib ya, karena bukan hanya tugas dari sekolah saja, namun laporan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kamu (*kalau kamu sudah masuk ke dunia kerja, kamu akan mengerti dengan yang namanya laporan, hehe).

Banyak sekali siswa yang masih bingung untuk menyusun laporan PKL ini. Menurut pendapat saya sendiri itu wajar, karena memang belum adanya pengalaman dalam membuat pelaporan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya admin Ilyasweb akan sedikit berbagi panduan cara menyusun laporan PKL SMK, yang lebih spesifiknya di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Akan tetapi tenang saja, buat teman-teman yang mengambil jurusan lain seperti Administrasi Perkantoran (AP, OTKP), Animasi Dan Multimedia, Farmasi, Asisten Keperawatan, Akuntansi, Pelayaran, Pariwisata, Tata Boga, Tata Busana, Otomotif (TBSM), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Pemasaran, dan lain-lain.

Intinya, contoh laporan PKL SMK yang saya buat ini bersifat universal, ya dengan catatan kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan jurusan dan instansi tempat kamu prakerin, ya.

Buat teman-teman yang sangat membutuhkan sekali referensi contoh laporan prakerin, berikut ini akan saya berikan contoh laporannya, silakan kamu ambil saja bagian yang kamu butuhkan dan edit sesuai dengan yang kamu inginkan.


Contoh Laporan PKL SMK

Meskipun tidak sepenuhnya saya share di sini, namun di bawah ini akan saya paparkan secara jelas bagian-bagian yang paling penting dari sebuah laporan prakerin se-masa SMK.

Silakan kamu simak baik-baik contoh beserta penjelasannya agar kamu bisa lebih mudah memahaminya, yuk cekidot!

1. Cover (Sampul)


LAPORAN

PRAKTIK KERJA INDUSTRI

(PRAKERIN)

DI

MAHATEKNO DIGITAL GROUPS

smk al khozini

Disusun oleh:

    Nama : Muhamad Ilyas

    NIS : 0604

    Kelas : XI TKJ A

    Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

SMK AL-KHOZINI

Jl. Sumber Ilmu Ganjaran Gondanglegi Malang


TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Hal-hal yang harus kamu perhatikan saat membuat cover alias sampul laporan praktik kerja lapangan (PKL) diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Pertama, silakan kamu tuliskan saja judul "Laporan Praktik Kerja Industri" di bagian paling atas dengan posisi di tengah (center). Tujuannya, agar pembaca tahu kalau itu laporan PKL.
  2. Kemudian di bawahnya, silakan kamu isi dengan nama perusahaan atau instansi tempat kamu melakukan praktik. Sebagai contohnya, di atas saya menulisnya dengan "Mahatekno Digital Groups".
  3. Selanjutnya, silakan kamu masukkan logo SMK tempat kamu sekolah. Cari saja di mesin pencari Google, kalau memang tidak ada, silakan kamu minta saja ke guru pembimbing PKL kamu.
  4. Lalu di bawah logo sekolah kamu silakan tulis identitas kamu yang notabenya sebagai siswa, seperti nama, NIS, kelas dan juga kompetensi keahlian.
  5. Terakhir, kamu masukkan juga identitas sekolah kamu sesingkat mungkin. Sebagai referensi, kamu bisa melihat contoh di atas (nama sekolah, alamat/jalan, situs web, email beserta tahun pelajarannya).

2. Lembar Pengesahan


LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI

MAHATEKNO DIGITAL GROUPS

Waktu Pelaksanaan

10 September 2018 s/d 10 Desember 2018

Disusun oleh:

    Nama : Muhamad Ilyas
    NIS    : 0604
    Kelas : XI TKJ A
    Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

Laporan ini telah diperiksa dan disahkan oleh:

Pembimbing Prakerin DU/DI



M. Nur Syafi’e, S.Kom
Guru Pembimbing



Ahmad Muarif, S.Kom
Malang, 16 Januari 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. H. Abdul Mannan Qoffal
NIP. ********************

Sebagai catatan, lembar pengesahan PKL ini digunakan sebagai bentuk legalitas kalau laporan prakerin yang kamu buat ini sudah berhasil lulus dari seleksi atau pemeriksaan dari guru pembimbing.

Rata-rata di sekolah SMK di tempat saya, lembar pengesahan ini hanya cukup 1 lembar saja. Namun, ada juga di beberapa sekolah yang dimana lembar pengesahannya lebih dari satu lembar yang meliputi lembar pengesahan dari pihak sekolah, perusahaan atau tempat kamu prakerin, dan lembar pengesahan penguji.

Jadi, agar kamu tidak salah dalam membuat lembar pengesahan prakerin ini, silakan kamu tanyakan secara langsung ke guru yang membimbing kamu prakerin.

Sebagai tambahan, bagian yang satu ini memiliki kemiripan yang tidak jauh dengan cover laporan PKL. Hanya ada sedikit perbedaan, ditambah lagi tidak memerlukan logo SMK maupun perusahaan di lembar yang satu ini.

Oiya, di lembar ini kamu juga harus menyertakan nama beserta tanda tangan dari guru pembimbing, serta harus ditandatangani juga oleh kepala sekolah kamu.

3. Daftar Isi


DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN

   1.1 Latar Belakang

   1.2 Maksud Dan Tujuan

   1.3 Tempat Dan Waktu Pelaksanaan

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

   2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

   2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

   2.3 Bidang Usaha

BAB III PEMBAHASAN

   3.1 Dasar Teori

   3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

BAB IV PENUTUP

   4.1 Kesimpulan

   4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA


Jujur, menurut saya pribadi, tidak ada yang harus saya jelaskan lagi mengenai table of content ini alias daftar isi ini. Intinya, tinggal kamu sesuaikan saja dengan isi laporan PKL-nya.

Karena memang fungsi dan tujuan dari daftar isi ini ialah untuk memudahkan pembaca ketika akan mencari apa saja yang ada di laporan yang kamu sajikan.

Oiya, biasanya daftar isi ini juga berisikan titik-titik yang kemudian di sebelah kanannya di isi dengan nomor halaman (page).

Jika kamu bertanya, kenapa contoh di atas tidak di isi dengan titik dan nomor? Mohon maaf, karena kalau saya tuliskan di artikel blog, hasilnya akan berantakan.


4. Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

    Puji syukur kami panjatkan kehadiarat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Kegiatan Praktek Kerja Industri (prakerin) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Mahatekno Digital Groups sesuai rencana.

    Seiring pelaksanaan kegiatan Prakerin dan sampai ke-tahap penulisan laporan, kami telah banyak dibantu dan dibimbing dari berbagai pihak, maka pada kesempatan kali ini kami ingin berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak Drs. Abdul Mannan Qoffal sebagai kepala sekolah SMK AL-KHOZINI;
  2. Ibu Nyai Habibeh selaku Waka Kesiswaan;
  3. Bapak Ahmad Muarif selaku Ketua Prakerin;
  4. Bapak dan ibu guru SMK AL-KHOZINI;
  5. Kepada Orang tua saya yang telah memberikan dukungan moral dan spiritual dan tidak ada hentinya mendidik dan mendoakan saya;
  6. Kepada teman-teman yang telah memberi masukan dan saran saran.

    Dengan ini, kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut mendukung dan men-sukseskan pelaksanaan Prakerin ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari mereka mana mungkin kami bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

    Kami juga tahu, kalau masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan dan proses penyusunan Laporan Prakerin ini. Oleh sebab itu, kami mohon saran dan kritik yang membangun agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

    Semoga dengan mengikuti kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kinerja, kemampuan serta kualitas kamu dalam dunia usaha.


Dalam membuat lembar kata pengantar ini, kamu harus memperhatikan beberapa bagian, diantaranya:

  1. Judul "Kata Pengantar" harus di posisi center (tengah), menggunakan huruf kapital dan juga harus diberikan cetak tebal (bold).
  2. Kamu harus membuat sebuah alinea untuk setiap paragrafnya, caranya cukup mudah sekali, jika kamu menggunakn Microsoft Word cukup tekan saja tombol Tab satu kali.
  3. Pada paragraf pertama, kamu harus menuliskan puji dan syukur kepada Allah SWT (tuhan yang maha esa).
  4. Selanjutnya, silakan kamu ucapkan rasa terima kasih kamu kepada pihak terkait yang turut membantu kamu dalam proses prakerin dan penyusunan laporan.
  5. Kemudian utarakan juga kalau kamu sudah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan kegiatan PKL dan juga membuat laporannya.
  6. Jangan lupa juga untuk memohon saran dan kritik yang membangun kepada pembaca.
  7. Terakhir, silakan kamu tulis kata penutup dari lembar kata pengantar tersebut.


5. Pendahuluan


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan senantiasan mempersiapkan perbekalan yang sangat matang kepada siswa/siswi guna menunjang kesuksesan nantinya di dunia usaha. Dengan adanya kegiatan PKL atau Prakerin ini, siswa akan mendapatkan sebuah pengalaman lebih dalam di dunia kerja. Siswa juga diharapkan bisa menuliskan hasil PKL dalam bentuk laporan.

1.2 Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan juga tujuan dari diadakannya kegiatan PKL ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yakni tenaga kerja yang mempunyai tingkat pengetahuan, keterampilan, kreatif, dan juga etos kerja yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan.
  2. Memperkokoh hubungan antara pihak sekolah dan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efisiensi dan juga efektifitas dalam proses pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas.
  4. Memberikan pengakuan dan juga penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bentuk atau bagian dari proses pendidikan.

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

    Tempat Prakerin      : Mahatekno Digital Groups
    Waktu Pelaksanaan : 10 September 2018 s/d 10 Desember 2018


Nah, pada bagian lembar "Bab 1 Pendahuluan" ini, rata-rata sekolah hanya mewajibkan 3 poin penting di atas yakni latar belakang, maksud dan tujuan, serta waktu dan juga tempat pelaksanaan PKL/Prakerin.

Namun tidak menutup kemungkinan kalau di sekolah kamu berbeda, bisa kurang atau bahkan bisa lebih dari 3 poin tersebut. Jadi, silakan tanyakan ke guru pembimbing prakerin, ya.

Biar kamu lebih paham, saya akan menjelaskannya secara rinci (detail) satu-persatu dari ketiga poin di atas, silakan kamu simak di bawah ini.

5.1. Rincian Latar Belakang

Pada bagian latar belakang ini kebanyakannya berisi tentang alasan diadakannya kegiatan PKL atau prakerin. Ya memang begitulah kenyataannya, kegiatan ini sangat penting sekali guna mempersiapkan setiap siswa agar lebih siap saat terjun ke dunia kerja atau industri.

Intinya, silakan saja kamu tulis apa saja kira-kira yang menjadi latarbelakang diadakannya kegiatan prakerin ini.

Sebagai contoh untuk dijadikan bahan referensi, kamu bisa melihat contoh di atas. Atau jika ingin lebih panjang dan lengkap lagi, kamu bisa mencarinya di mesin pencarian Google, dan/atau kalau ingin lebih memuaskan kamu bisa menulisnya dengan ide kamu sendiri.

5.2. Rincian Maksud dan Tujuan

Nah, kalau di bagian yang satu ini sudah jelas kamu harus menuliskan beberapa poin dari maksud dan tujuan diadakan kegiatan prakerin/PKL.

Memang jika dilihat sepintas, bagian ini hampir sama saja dengan poin latar belakang, hanya saja pada poin ini sebaiknya kamu tidak berpanjang lebar alias langsung saja to the poin dengan menuliskan daftar maksud dan tujuannya.

5.3. Rincian Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Kalau untuk poin ketiga ini pastinya sudah tidak perlu saya jelaskan kembali bukan? Cukup tuliskan saja mulai dari kapan dan sampai kapan kamu praktik di tempat prakerin tersebut.

Sebagai contoh, saya prakerin di perusahaan Mahatekno Digital Groups mulai tanggal 10 September 2018 s/d 10 Desember 2018.

Sedikit tambahan, kebanyakan sekolah sih pada bagian BAB 1 (Pendahuluan) ini hanya berisi sedikit saja. Namun ingat, setiap sekolah pasti punya aturan yang berbeda-beda, ya.

Intinya, tetaplah bertanya kepada guru pembimbing kamu atau bisa juga dengan membaca buku panduan pembuatan laporan prakerin yang diterbitkan oleh sekolah kamu.

Ingat kata pepatah: "Malu bertanya sesat di jalan".


6. Profil Perusahaan


BAB II PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

    Mahatekno Digital Groups berdiri pada tanggal 20 Desember 2017, yang beralamatkan di Jl. Estate Cimapag Hilir No. 45 - Cianjur. Mahatekno ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan konsultasi digital marketing, service laptop, notebook, dan juga jasa perakitan PC di kabupaten Cianjur.

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

    Mahatekno Digital Groups merupakan perusahaan yang memang dikelola oleh individu alias perseorangan. Jadi, perusahaan yang satu ini tidak memiliki struktur organisasi, layaknya perusahaan yang lain.

2.3 Bidang Usaha

    Mahatekno Digital Groups merupakan perusahaan individu yang bergerak di bidang teknologi dan konsultasi digital marketing, servis laptop, netbook/notebook, komputer (PC), dan juga jasa perakitan PC.


Untuk mengisi halaman profil perusahaan ini, tentunya kamu harus mengetahui detail mengenai perusahaan, toko, instansi atau tempat dimana kamu prakerin. Jika tidak tahu atau ragu-rahu, silakan langsung tanyakan saja langsung kepada pimpinannya atau staf perusahaan tersebut.

Jika kamu menanyakannya langsung kepada pimpinan atau staf, kamu bukan hanya tahu tentang profil dari perusahaan tersebut saja, tapi kamu juga akan lebih dekat serta akrab dengan pimpinan perusahaan, sehingga membuat kamu lebih nyaman prakerin/PKL di tempat tersebut.

Secara umum, bagian yang satu ini juga mewajibkan untuk memuat 3 poin saja yakni sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi, dan juga bidang usaha yang dijalankan perusahaan.

Lagi dan lagi, tidak menutup kemungkinan kalau di sekolah kamu memiliki aturan yang berbeda, tetap lihat juga pada buku panduan atau tanya guru pembimbing.


7. Pembahasan


BAB III PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

    Dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan/Industri (PKL/Prakerin) yang dilaksanakan selama 3 bulan dari tanggal 10 September 2018 s/d 10 Desember 2018 di Mahatekno Digital Groups Jl. Estate Cimapag Hilir No. 45 Cianjur, banyak sekali hal yang kamu lakukan.

    Semoga dengan diadakan kegitan prakerin ini bisa menambah pengalaman juga kemampuan kami di jurusan yang memang kami pilih (Teknik Komputer dan Jaringan). Dari sekian banyaknya kegiatan yang kami lakukan, berikut diantaranya kegiatan yang kami lakukan:

  1. Merakit Komputer (PC)
  2. Belajar Marketing
  3. Setting BIOS Untuk Installasi
  4. Installasi Windows 7, 8, dan 10
  5. Cek Kondisi RAM Hard Disk
  6. Menulis Artikel Teknologi di Blog

    Semoga dengan kegiatan ini akan menambah pengalaman dan kemampuan saat sudah lulus nanti. Dan ilmu yang kami dapatkan bisa digunakan dalam dunia kerja nanti.

3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

1. Merakit Komputer (PC)

    PC (singkatan dari: Personal Computer) adalah sebuah istilah untuk sebuah perangkat komputer. Komputer sendiri sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh orang-orang, baik itu untuk komputasi pekerjaan ataupun hanya sekedar hiburan.

    Komputer ini juga merupakan salah satu dari perkembangan teknologi yang pada awalnya dijuluki dengan mikrokomputer. Hingga saat ini jenis-jenis komputer sendiri sudah banyak, salah satunya komputer portable yang lebih trending yakni laptop.

    Di Mahatekno Digital Groups kami belajar bagaimana cara merakit sebuah PC atau Komputer yang di pesan oleh konsumen Mahatekno. Adapun langkah-langkah dalam merakit PC, akan saya paparkan berikut ini:

1.1 Memasang Processor ke Motherboard

    Agar proses pemasangan procie atau processor ini lebih mudah, kamu sengaja memasang prosesor ke motherboard sebelum dipasang ke casing komputer. Cara pemasangannya pun sangat mudah sekali, yaitu:

  • Pertama, kita harus menentukan terlebih dahulu pin 1 (satu) pada procie dan socket procie di motherboard. Secara umum letaknya ada di bagian pojok yang ditandai dengan tanda titik atau sebuah lekukan.
  • Angkat tuas pengunci socket processor di mobo ke atas agar socket-nya terbuka.
  • Kemudian sesuaikan posisi kaki procie dengan lubang socket tersebut, jika sudah pas kemudian tekan procie ke dalam socket procie sampai rapat dan pas.
  • Terakhir, cukup kunci kembali dengan menutup tuas pengunci socketnya.

Cara Memasang Processor ke Motherboard

1.2 Memasang Motherboard ke Case PC

    Untuk memasangkan hardware yang satu ini, kamu cukup memasukkan motherboard ke casing dan cukup sesuaikan lubang antara casing dengan yang di motherboard, kemudian pasangkan sekrupnya.

Cara Memasang Motherboard ke Case PC

1.3 Memasang Fan / Heatsink (Kipas Pendingin Processor)

    Sesudah procie berhasil dipasangkan ke motherboard, kemudian dilanjutkan dengan memasang heatsink atau fan agar si processor tidak cepat panas. Heatsink ini dipasang tepat diatas procie dan di berikan penahan agar tidak copot.

    Namun, sebelum memasang kipas pendingin prosesor, kita harus melapisinya terlebih dahulu dengan pasta. Saking wajibnya, jika tidak ada pasta khusus, kita bisa menggunkan pasta gigi sebagai penggantinya.

cara memasang kipas prosesor pc

1.4 Memasang RAM (Random Access Memory)

Cara pemasangan RAM ini sangat mudah sekali, berikut step-by stepnya:

  • Buka tuas penguncinya yang ada di bagian kiri dan kanan;
  • Kemudian sesuaikan lekukan pada modul memori RAM dengan yang ada di slot (DDR, DDR1, DDR2, DDR3, atau DDR4);
  • Jika sudah dirasa pas, kemudian tekan RAM dengan perasan hingga terdengar bunyi klek (yang ditandai dengan tuas penguncinya yang mengunci modul memori secara otomatis).

cara memasang ram pc

1.5 Memasang VGA Card (Kartu Grafis)

    Untuk memasangnya, silakan kamu masukkan saja konektor VGA eksternal ke sloy PCI-E yang ada di Mobo secara perlahan, kemudian turunkan tuas pengunci slotnya serta jangan lupa untuk mengokohkan posisinya dengan memasang skrup.

    Kemudian setelah VGA External terpasang dengan baik, selanjutnya kita tinggal menyambungkan kabel daya PCI-E ke VGA eksternal tersebut, karena jika tidak maka VGA tidak akan bisa bekerja dengan semestinya,

cara memasang vga external pc

1.6 Memasang Powe Supply (PSU)

    Memang jika kita membeli casing baru rata-rata sudah ada power supply yang terpasang, namun kualitasnya standar. Nah, jika kita menginginkan power supply yang sesuai keinginan tentunya kita harus memasangnya ke casing sendiri. Caranya kurang lebih seperti ini:

  • Letakkan saja power supply tepat di posisi yang sudah disediakan pada case PC (ada yang di samping kiri atas, ada juga yang di bawah).
  • Kemudian kunci posisi PSU dengan memasang skrup.
  • Selanjutnya, tinggal menghubungkan konektor power supply ke motherboard, kipas, dan yang lainnya.

cara memasang psu komputer

1.7 Memasang Hard Disk (HDD) atau Solid State Drive (SSD) dan  DVD-ROM

    Tahap selanjutnya adalah memasang HDD/SSD dan juga CD-ROM/DVD-ROM, langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Masukan drive dari bagian depan casing komputer yang di rakit.
  • Kemudian aturlah settingan jumper-nya (sebagai master atau slave) pada drive tersebut, lalu pasang skrup pada kesing agar drive menjadi kokoh dan tahan terhadap guncangan.
  • Selanjutnya, hubungkan kabel IDE atau SATA (ujung yang satu ke drive dan yang satunya lagi ke motherboard).
  • Lalu sambungkan kabel daya yang dari power supply ke drive tersebut.

memasang drive komputer

1.8 Finisihing Proses Perakitan Komputer

    Jika semua proses pemasangan hardware sudah diselesaikan semuanya, kini tinggal menutup casing dan menguncinya dengan skrup. Kemudian memasang kabel power power supply, memhubungkan konektor monitor ke port VGA card dengan kabel HDMI atau kabel VGA, dan juga memasang kabel keyboard dan mouse.

cara merakit pc

1.9 Pemeriksaan Hasil Rakitan dan Instalasi OS (Windows, Linux, Mac OS)

    Setelah komputer sudah benar-benar dirakit dan semua aksesorisnya terpasang dengan benar, selanjutnya kita masuk ke tahap pemeriksaan hasil (pengetesan) dengan menggunakan program BIOS, begini alurnya:

  • Colokkan kabel power supply dan juga kabel monitor ke terminal listrik.
  • Nyalakan komputer (PC) dengan menekan tombol power, begitu juga dengan monitor.
  • Perhatikan layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
  • Program Fost dan BIOS akan secara otomatis mendetekse semua hardware apa saja yang terpasang di komputer tersebut.
  • Kemudian kita lakukan setting kapasitas harddisk dan juga boot sequence, lalu simpan dan exit dari setup BIOS dengan menekan tombol F10.
  • Selanjutnya, masukkan CD Bootable atau Flashdisk Installer yang sudah berisi sistem operasi, baik itu Windows, LINUX, maupun MAC OS.
  • Lakukan proses instalasi, dan selesai.

Setelah melakukan proses instalasi sitem operasi, maka komputer rakitan sudah siap untuk digunakan.

windows 10

1.10 Solusi Untuk Mengatasi Masalah Saat Perakitan Komputer

    Jika semua hardware dalam kondisi baru dan merakit komputer dengan teliti, sebenarnya sangat minim sekali terjadi masalah/kesalahan, namun jika terdapat masalah saat perakitan ini beberapa solusinya:

  • Jika saat dihidupkan komputer dan monitor tidak menyala, maka periksa kembali kabel daya pada colokan listriknya, sudah terpasang dengan benar atau belum?
  • Jika pada saat dihidupkan, komputer menyala namun layar monitor hitam (blank), maka sudah pasti ada kesalahan saat pemasangan apalagi kalau CPU terdengar ada bunyi beep. Solusinya, cukup periksa VGA, RAM, dan juga PSU.
  • Jika VGA Card tidak terdeteksi, periksa kembali apakah sudah terpasang dengan benar ke slotnya, periksa juga kabel konektornya.


2. Belajar Marketing

    Tidak melulu mempelajari Hardware dan Software saja, dalam kegiatan prakerin yang kami laksanakan di Mahatekno Digital Groups juga mempelajari dasar-dasar marketing. Kami diajarkan tentang bagaimana cara menerima dan melayani konsumen yang dapatng ke toko, entah itu untuk service, membeli/memesan komputer rakitan, dan segala hal yang ada kaitannya dengan ilmu Marketing.

    Ya meskipun ini hanya dasarnya saja di ilmu marketing, namun pada awalnya saya sedikit kebingungan bagaimana harus menerima dan melayani konsumen sendiri (tanpa bantuan/dampingan dari guru pembimbing prakerin).

    Namun seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan kami menjadi sangat terbiasa akan menghadapi hal tersebut. Dan kami pun akhirnya mulai mengenal lebih jauh tentang Marketing.

    Dengan adanya kegiatan PKL atau Prakerin ini, kami menjadi lebih paham dan mengenal bagaimana tata cara melayani setiap konsumen yang datang ke toko dengan baik dan benar. Jadi, ilmu ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali suatu saat nanti. Selain daripada itu, kamu juga tidak akan bingung, panik, ataupun kaget ketika suatu saat nanti menerima konsumen di dunia kerja yang sebenarnya.


Okeh, intinya pada bagian Bab pembahasan ini kamu harus menjelaskan secara detail (lengkap) mengenai semua kegiatan yang kamu lakukan saat PKL di tempat kamu prakerin. Tujuannya, ya tidak lain agar si pembaca mudah memahaminya.

Sebenarnya, poin paling penting dalam isi pembahasan tersebut adalan JELAS & MUDAH DIPAHAMI. Karena percuma saja kamu menulis panjang lebar, kalau ternyata tulisannya sulit dimengerti dan berbelit-belit saja.

Intinya, silakan kamu jelaskan dan berikan sedikit gambaran kepada pembaca terkait kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan saat prakerin.


8. Penutup


BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

    Setelah mengikuti kegiatan PKL ini, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan ilmu-ilmu baru yang tidak/belum diajarkan di sekolah. Kami biasanya hanya diajarkan teori saja di sekolah, namun di tempat prakerin ini kamu mendapatkan teori dan sekaligus praktiknya.

    Intinya, kegiatan prakerin ini sangat bermanfaat dan berguna sekali guna mengembangkan apa yang sudah kita pelajari di sekolah. Prakerin ini bisa dikatakan sebagai bumbu pelengkap serta proses mematangkan kamu agar benar-benar siap ketika berkecimpung di dunia kerja.

4.2 Saran

    Karena di tempat PKL kita akan berhubungan secara langsung dengan yang namanya pekerjaan, maka sebaiknya kita mempersiapkan semuanya secara matang semua materi yang telah diajarkan di sekolah. Hal ini bertujuan agar kita tidak kebingungan jika disuruh untuk melakukan sesuatu di tempat prakerin.

    Untuk adik kelas yang juga akan melaksanakan kegiatan prakerin ini, usahakanlah untuk tetap menjaga nama baik sekolah. Pasalnya, jika nama sekolah sudah buruk atau jelek, maka akan sulit bagi sekolah untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk menerima siswa yang akan prakerin.


Secara umum, bagian penutup laporan ini hanya berisikan kesimpulan dan juga saran dari penulis laporan. So, kamu hanya perlu menuliskan kesimpulan mengenai kegiatan prakerin yang sudah kamu lakukan di tempat prakerin.

Oiya, kamu juga harus menuliskan permohonan saran dan kritik kepada pembaca untuk laporan yang sudah kamu susun tersebut. Selain itu, pada poin saran biasanya berisi tentang saran dari kamu untuk adik-adik kelas di sekolah, guru pembimbing, ataupun pimpinan prakerin sekolah kamu.

Buat kamu yang menginginkan soft copy dari contoh laporan PKL SMK ini, silakan kamu kirim pesan saja melalui halaman Contact Us atau bisa menghubungi admin melalui WhatsApp (WA).


Mungkin hanya itu saja pembahasan dari admin mengenai contoh laporan PKL atau Magang SMK. Saya berharap artikel ini bisa membantu kamu yang sedang berusaha keras menyusun sebuah laporan serta sibuk menjalani kegiatan prakerin.

Jangan lupa untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan prakerin-nya, dan sukses menyusun laporan prakerinnya. Bawa santay saja, nikmati saja semua prosesnya!

Jika dirasa artikel ini berguna dan bermanfaat, silakan share artikel ini ke teman-teman kamu di sosial media. Atau jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis saja di kolom komentar, ya!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Contoh Laporan PKL SMK Jurusan TKJ (Prakerin)"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel