-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Dark Mode HP Samsung

Samsung pertama kali menambahkan fitur mode malam atau biasa dikenal dengan dark mode ini pada sistem Android versi 9.0 (Pie) dengan versi ONE UI pertamanya. Akan tetapi ketika Google menambahkan dark mode ke sistem inti Android 10, Samsung langsung meresponnya dengan menyesuaikan versi dari Google juga.

cara mengaktifkan dark mode samsung

Sementara itu, dark mode yang ada di sebagian besar smartphone Samsung lainnya hanya berupa tombol untuk menghidupkan dan mematikan fitur tersebut.

Sekarang, Samsung sudah menambahkan sebuah fitur dimana kamu bisa menjadwalkan kapan dark mode ini akan dihidupkan dan dimatikan secara otomatis.

Jadi, kamu bisa mengaturnya agar mode gelap ini bisa hidup ketika matahari terbenam dan akan mati secara otomatis ketika matahari terbit.

Lantas, bagaimana cara mengaturnya agar bisa seperti itu? Berikut ini adalah cara mengaktifkan dan mematikan dark mode di HP Android Samsung.


Cara Mengaktifkan Dark Mode Samsung

Ada 2 (dua) metode yang bisa kamu gunakan untuk menghidupkan dark mode si ponsel pintar besutan Samsung ini, yang pertama melalui menu Settings dan yang kedua melalui status bar. Baiklah, mari kita bahas keduanya.

1. Melalui Menu Settings

Metode yang pertama ini terbilang paling mudah sekali, yakni kamu cukup mengakses menu Pengaturan atau Setelan (Settings). Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan dark mode di Samsung Galaxy J2 Prime, J2 Pro, dan seri-seri lainnya yang sudah mendukung fitur mode gelap.

Untuk menghidupkannya, cukup buka menu Pengaturan atau Settings ➤ kemudian pilih opsi Tampilan atau Displays ➤ terakhir, silakan pilih dan aktifkan Dark Mode (Mode Gelap).

2. Melalui Status Bar

Jika cara yang pertama terbilang lama untuk mengaktifkan fitur dark mode di Samsung J2 Prime ataupun versi Pro, kamu bisa menghidupkannya lewat menu status bar.

Caranya juga sangat mudah sekali, silakan kamu geser dari bagian paling atas layar dan tarik ke bawah,  silakan kamu cari saja ikon dark mode (mode gelap) dan kemudian aktifkan saja dengan cara mengklik ikon tersebut.

Bagaimana sangat mudah sekali bukan? Jika kamu masih merasa kesulitan saat akan mengaktifkan mode gelap di HP Android milikmu, silakan jangan sungkan-sungkan untuk menanyakannya kepada admin.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.