Cara Memasukan Token Listrik Ke Meteran PLN Prabayar

Sekarang ini, listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa digantikan lagi, sehari tanpa listrik rasanya sangat bosan dan jelas mengganggu aktivitas kita, terutama di era yang sudah serba digital dan serba memakai alat-alat elektronik ini.

cara memasukan token listrik

Kebutuhan energi listrik sendiri untuk setiap rumahnya sangat berbeda-beda, tergantung pada jumlah alat elektronik yang mereka gunakan di rumah atau kantornya tersebut.

Untuk tetap bisa menikmati energi listrik, tentunya kita harus membayar biaya bulan untuk yang paskabayar, atau membeli pulsa listrik untuk pengguna listrik prabayar.

Buat kamu yang menggunakan meteran listrik paling baru, tentunya kamu akan diberi kemudahan dan ekstra simpel, karena kamu bisa membeli pulsa listrik dengan mudah dan tentu saja dengan harga yang relatif murah juga.


Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran

Tidak sedikit orang yang belum paham bagaimana tata cara memasukkan pulsa listrik prabayar ke meteran PKN (kWh) padahal caranya tidak sesulit yang dibayangkan.

Baiklah, pada kesempatan ini admin Ilyasweb akan membagikan panduan cara memasukkan nomor token listrik tersebut. Silakan kamu simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

  1. Pertama, silakan kamu beli terlebih dahulu token PLN di konter atau di unit PPOB terdekat (alfamart, indomart, toserba juga ada).
  2. Kemudian setelah kamu mendapatkan kode token-nya, silakan kamu masukkan kode token yang berjumlah di meteran PLN, lalu tekan tombol Enter.
  3. Jika kamu salah mengetik kode token, kamu bisa menghapusnya dengan menekan tombol Backspace atau Delete.
  4. Jika di layar meteran sudah muncul tulisan "ACCEPT" itu berarti kWh sudah berhasil ditambahkan ke meteran listrik prabayar kamu.
  5. Namun jika muncul tulisan "REJECT" itu artinya kode token pulsa listrik PLN yang kamu masukkan salah, silakan cek dan entry ulang.


Pemahaman Tentang Indikator LED (Lampu) Pada Meter Listrik

Buat kamu yang belum tahu juga mengenai arti dari indikator lampu LED yang terdapat pada meter listrik kamu, coba kamu simak ringkasan berikut ini:

  • Warna Hijau: Persedian kWh kamu masih penuh/banyak (full).
  • Warna Kuning: Persedian kWh masih cukup dan/atau baru berkurang sedikit.
  • Warna Merah: Persedian kWh kamu sudah hampir habis.
  • Warna Merah + Bunyi + Kedip-kedip: Tanda kWh sudah kritis, segera lakukan isi ulan pulsa listrik kamu!


Tips Perawatan: Cara Membersihkan Meter Listrik Yang Benar

Agar meteran listrik kamu tetap awet dan tahan lama, kamu sebagai pengguna harus rutin melakukan perawatan dan sering-seringlah membersihkan meter listrik prabayar yang kamu gunakan.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan lap atau kain yang tekstur-nya lembut, dan hindari dari hal-hal seperti berikut di bawah ini:

  1. Jangan pernah menggunakan benda tajam untuk membersihkan meter listrik kamu.
  2. Jangan sesekali menggunakan lap yang basah (kain basah).
  3. Jangan coba-coba memasukkan benda atau kain basah ke dalam meter listrik prabayar maupun paskabayar.


Bagian Meter Listrik Prabayar Yang Wajib Kamu Ketahui

Sebagai tambahan, agar lebih memudahkan kamu dalam menggunakan meteran listrik prabayar. Berikut di bawah ini akan admin perlihatkan bagian-bagian (part) dari meter listrik prabayar dari berbagai merk yang paling banyak digunakan di Indonesia.

1. Merk Itron

cara memasukan pulsa listrik

2. Merk Actaris

cara masukin token listrik


3. Merk Hexing

cara masukkan nomor token listrik

4. Merk Star

cara input token listrik

Itulah informasi beserta panduan sederhana mengenai cara memasukan token listrik (PLN Prabayar) pada kesempatan artikel ini. Semoga membantu dan jika memang ada yang belum kamu pahami, silakan tulis saja di kolom komentar!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasukan Token Listrik Ke Meteran PLN Prabayar"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel