-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Source Code Website (HTML, CSS, dan Javascript)

Semua website dan aplikasi itu semuanya dibangun dengan menggunakan sebuah code program tertentu. Misalnya untuk membuat sebuah website/blog, minimal menggunakan kode HyperText Markup Language (HTML) alias bahasa pemrograman standar, Cascading Style Sheets (CSS), dan juga Javascript.

cara melihat source code website

Nah, buat kamu yang baru terjun ke dunia web designer, kamu bisa memulai belajar membangun sebuah website dengan cara meniru desain dari situs web orang lain.

Untuk cara menirunya ialah dengan menggunakan kode-kode pemrograman yang mereka gunakan. Sedangkan untuk melihat source code-nya, kamu bisa memanfaatkan software browser yang kamu pakai (Google Chrome, Firefox, ataupun Internet Explore).

Secara umum, semua browser itu dirancang dengan dibekali sebuah fitur yang bisa digunakan untuk melihat source code dari website-website. Dan tentu saja hal ini sangat berguna sekali buat kamu yang sedang membutuhkan ide referensi kode pemrograman bukan?

Cara Melihat Source Code Website

Baiklah, admin Ilyasweb tidak akan berpanjang lebar lagi, silakan kamu simak langkah-langkahnya berikut di bawah ini :

  1. Buka browser di laptop/komputer (PC) kamu.
  2. Kemudian bukan halaman website yang ingin kamu lihat source code-nya.
  3. Jika sudah terbuka, silakan klik kanan dan pilih opsi View Page Source atau Lihat Sumber Halaman (atau bisa langsung saja klik tombol CTRL+U).
  4. Selanjutnya, kamu akan melihat halaman yang berisikan deretan kode-kode HTML, Javascript, dan juga CSS.
  5. Silakan copy code tersebut, atau kamu juga bisa menyimpannya dengan cara klik CTRL+S, lalu Save.
  6. Selesai.

Oiya, kamu bisa menggunakan cara di atas untuk melihat source code website siapapun, dan bisa menggunakan browser apa saja, baik itu Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explore, Microsoft Edge, UC Browser, Opera, Brave, dan lain-lain.


Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Silakan kamu praktekan sendiri caranya!

Setelah kamu mendapatkan source code, kamu bisa mengolah kode pemrograman tersebut untuk kemudian dijadikan sebuah website/halaman web kamu sendiri.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.