-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Typo Adalah? Inilah Arti Typo Dalam Sosmed Dan Cara Mengatasinya

Apa arti Typo? Kamu pasti pernah mendengar istilah yang satu ini di media sosial bukan?

Sekarang ini, di internet khususnya di sosial media (Sosmed) ada banyak sekali istilah-istilah nyeleneh yang terkadang membuat kita bingung dengan artinya.

Misalnya AFK, Desc, Newbie, Suhu, Rate, Repost (yang sering kita jumpai di Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya).

Typo juga termasuk salah satu dari sekian banyak istilah-istilah tersebut, lho. Istilah yang satu ini sebenarnya sudah ada di luar negeri sekitar tahun 2005-an, namun di negara Indonesia sendiri baru populer di sekitaran tahun 2013.

Okeh sobat Ilyasweb, mari kita lanjutkan ke topik pembahasannya..


Apa Arti Typo?

Typo merupakan kependekan dari Typography Error, dan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, yang artinya "salah ketik".

Untuk lebih detailnya kamu bisa perhatikan hasil penelusuran di Google berikut ini :

typo adalah

Yang dimaksud dengan salah ketik di sini, Contohnya kita mencari “Ilyasweb” eh malah ngetik “Ilyasdweb” dan contoh-contoh lainnya.

Biasanya istilah Typo ini banyak kita temui pada saat seseorang sedang chattingan, atau di grup-grup Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

Istilah yang satu ini juga bersifat universal, jadi kamu bisa menemukan istilah typo ini tidak hanya di chat atau grup sosial media saja.

Pokoknya typo itu sama dengan salah ketik. Jadi, meskipun kamu salah nulis di komputer, HP Andoid atau iOS (iPhone), kertas, makalah, skripsi, atau laporan itu namanya Typo.


Penyebab Typo

Apa saja sih yang menyebabkan kamu Typo alias salah ketik? Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Untuk menambah pengetahuan kamu, yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Terburu-buru saat mengetik

Entah kamu ngetik tulisan di HP, Table, ataupun Laptop, jika kamu suka buru-buru maka salah ketik adalah resiko utamanya.

Ketika kamu mengetik dengan cepat, kadang-kadang penempatan jari kita tidak pas pada tombol keyboard yang seharusnya (meleset). Misalnya kamu akan mengetik huruf S, eh yang kepencet malah huruf D. Karena tombol keduanya bersebelahan, iya kan?

Alhasil, jika kamu salah ketik (Typo) antara kedua huruf tersebut, maka makna kata yang kamu tulis juga akan berbeda jauh, misalnya mau nulis "Selesai" malah jadi "Delesai".

2. Perangkat yang bermasalah

Jika gadget smartphone/tablet atau keyboard laptop kamu error alias rusak. Sangat mungkin sekali kondisi tersebut bisa membuat huruf-huruf yang kamu ketik menjadi tertukar atau tidak tertulis.

Kalau admin Ilyasweb boleh berbagi pengalaman saat mengetik, keyboard yang saya gunakan di laptop Acer Aspire ini susah untuk ditekan.

Alhasil, huruf yang saya ketik kadang-kadang malah sama sekali tidak terketik, mau nulis "Ilyasweb" eh jadinya "Ilyaweb". Solusinya, saya pakai keyboard eksternal.


3. Fitur “Auto Suggest” dibiarkan menyala

Smartphone Android ataupun Apple iPhone saat ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih, salah satunya fitur Auto Suggest atau saran otomatis.

Fungsi dan kegunaan dari fitur yang satu ini ialah untuk menyarankan atau menyelesaikan setiap kata tertentu yang sedang kamu ketik atau biasa dikenal dengan istilah Auto-complete.

Memang, kalau kamu sudah terbiasa menggunakannya, fitur ini sangat membantu sekali. Namun sangat disayangkan, kalau kamu belum paham cara penggunaanya, fitur ini malah akan membuat kamu sering "Typo" saat mengetik.

Pasalnya, fitur Auto Suggest ini biasanya secara default diatur dalam bahasa Inggris.

Untuk mengatasinya kamu bisa mematikannya, atau belajar lebih lanjut mengenai cara penggunaan fitur saran otomatis ini.

4. Keyboard terlalu kecil

Baik itu keyboard di HP, tablet, keyboard laptop, ataupun keyboard eksternal pastinya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Nah, feel-nya akan secara otomatis ikut berbeda juga.

Ukuran jari tangan kamu juga bisa menjadi faktor utamanya, misalnya ukuran jari kamu agak besar, sedangkan keyboard berukuran kecil yang pada akhirnya bisa menyebabkan kamu salah pencet.

Terutama di HP Android yang notabenya memiliki layar kecil, yang sudah pasti papan keyboard-nya juga akan lebih kecil dari ukuran layar HP-nya.


Cara Mencegah Typo

Kebiasaan salah ketik alias Typo itu kalau tidak segera kamu perbaiki, terkadang akan membuat kamu malu dan bahkan bisa membuat salah paham bagi lawan chatting kamu.

Oleh sebab itu, kamu harus belajar meminimalisir terjadinya Typo dari sekarang. Di bawah ini Ilyasweb Official's akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu coba, gengs!

1. Jangan mengetik terlalu cepat

Ambil tips yang simpel dulu saja.. Kalau nggak mau Typo, coba ngetik secara perlahan. Mengetik perlahan otomatis kita juga bisa jadi lebih konsentrasi.

Begitu juga dengan penempatan jari, yang bakal jadi lebih tepat. Ditambah, setiap selesai ngetik kita bakal tahu kalimatnya sudah benar atau belum.

2. Coba matikan fitur “Auto Suggest”

Untuk smartphone/tablet baru, biasanya fitur Auto Suggest ini menyala (ON) secara default. Seperti yang sudah admin katakan tadi di atas, kalau fitur penyaranan otomatis ini bisa menyebabkan kamu salah ketik (Typo), saya sangat menyarankan agar kamu mematikannya saja.

Berikut caranya :

  1. Buka Pengaturan di HP/Tablet Android kamu.
  2. Pilih Pengaturan tambahan.
  3. Pilih opsi Bahasa dan Masukkan.
  4. Kemudian kamu buka Setelan dari Keyboard yang digunakan (misalnya: Google Keyboard).
  5. Selanjutnya, kamu cari saja fitur “Auto Suggest” atau “Koreksi Kata Otomatis”.
  6. Terakhir, matikan saja fitur tersebut (pilih OFF).

Catatan tambahan: kalau kamu pengguna HP Vivo, kamu bisa mematikan fitur tersebut dengan mudah. Caranya bisa kamu baca di artikel berikut: Cara Menghilangkan Prediksi Teks dan Koreksi Otomatis di Keyboard HP Vivo.

Jika kamu sudah mematikannya, silakan kamu coba tes untuk mengetik kembali. Jika saja fitur tersebut sudah benar-benar nonaktif, maka semua kalimat/kata yang kamu ketik akan hilang koreksi otomatis-nya.


3. Gunakan perangkat (Gadget) yang sesuai

Perangkat alias Gadget yang sesuai yang admin maksud di sini adalah ukuran layarnya, ya.

Jadi, berapa ukuran layar HP yang kamu butuhkan, misalnya 4 inci, 5 inci, 6 inci, atau bahkan 10 inch?

Intinya, semakin kecil ukuran layar HP yang kamu gunakan, maka akan semakin sulit juga dipakai untuk mengetik!

Atau jika ukuran jari tangan kamu kecil, maka menggunakan gadget dengan ukuran layar yang besar tentunya tidak akan nyaman juga saat digenggam.

So, gunakan ukuran gadget yang tepat dan sesuai dengan ukuran jari kamu, gengs!

4. Kalau Gadget atau Keyboard kamu rusak, segera perbaiki!

Kalau memang Gadget (HP, Tablet, Laptop, atau keyboard Komputer) kamu rusak, maka alangkah baiknya untuk segera diperbaiki.

Kalau Gadget rusak lebih baik cepat-cepat saja diperbaiki. Apalagi kalau sudah beberapa lama kalau ngetik sering Typo. Pasti nggak enak juga.

Sekarang sudah banyak kok jasa service gadget di berbagai daerah, bahkan online juga ada!

Atau kalau kamu menggunakan keyboard eksternal, kamu bisa menggantinya dengan cara membeli keyboard yang baru.


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, istilah Typo adalah singkatan dari Typography Error, atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya kesalahan mengetik (salah ketik).

Typo ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya bisa disebabkan oleh pengaturan gadget atau kerusakan pada gadget, dan bisa juga disebabkan oleh humman error (kebiasaan kamu yang suka salah ngetik).

Sedangkan untuk menghindari Typo ini, kamu bisa mengetik dengan santai dan terorganisir. Serta tetap memperhatikan kondisi gadget yang kamu gunakan, manakala terjadi kerusakan yang tidak kamu sadari.


Akhir Kata

Bagaimana apakah kamu sudah paham apa itu Typo? Saya sengaja menjelaskan istilah ini, karena banyaknya pengguna yang memakai istilah ini di sosial media, terutama anak-anak muda milenial generasi Z sekarang ini.

Terkadang kata-kata "Typo" ini sangat sering sekali disebut-sebut di Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, dan aplikasi-aplikasi chatting lainnya.

Jika ada yang belum kamu paham, kamu bisa menanyakannya kepada admin Ilyasweb melalui kolom komentar atau langsung ke kontak yang tersedia.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.