Cara Memperbaiki Powerbank yang Tidak Bisa di Charge

Power bank dicas tidak masuk? Jika kita bicara soal gadget, rasanya Ilyasweb kurang lengkap kalau tidak membahas soal power bank. Perangkat yang satu ini merupakan alat tambahan yang bekerja sebagai tendon energi.

Power bank dicas tidak masuk

Jika kita bepergian jauh, entah itu traveling ataupun aktivitas lainnya yang jauh dari sumber listrik, kamu bisa menggunakan powerbank ini sebagai penggantinya untuk mengisi baterai HP Android atau IOS kesayangan kamu.

Semakin lama kamu menghabiskan waktu untuk beraktivitas online, main game, chatting, browsing di internet atau hal lainnya, maka akan banyak pula kebutuhan energi (baterai) yang dibutuhkan ponsel pintar.

Namun sayang sekali, power bank ini tidak selamanya dalam kondisi prima (baik-baik saja). Banyak sekali pengguna yang mengeluhkan beberapa masalah saat menggunakan power bank.


Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Bisa Diisi Ulang

Salah satu permasalahn yang kerap terjadi di powerbank adalah tidak bisa diisi ulang alias ketika di charge tidak menambah daya baterainya.

Baiklah, untuk memperbaiki powerbank yang rusak atau error, kamu bisa mengikuti langkah-langkah simpel dari Ilyasweb Official's berikut ini:


1. Ketahui Sumber Masalahnya

Solusi untuk mengatasi powerbank yang tidak bisa di charge, kamu harus memulainya dengan cara mengecek selulruh komponen-komponen yang ada kaitannya dengan alat penyuplai baterai tersebut.

Mulai dari mengecek kabel USB dan juga kepala charger.

Masalah ini kerap terjadi karena intensitas penggunaan yang tinggi yang menyebabkan pucuk tembaga pada charger menjadi haus.

Alhasil, si katup negatif dan katup positif menjadi tidak bisa beroperasi dengan semestinya.

Jika pada charger ataupun kabel USB sudah kamu cek, namun tidak menemukan masalah apapun, sekarang sudah saatnya kamu membuka powerbank dan lihat kondisi komponennya secara keseluruhan.

Power bank tidak bisa di cas biasanya disebabkan karena adanya penghubung yang putus. Nahm akibat dari ketidaksingkronan inilah yang mengakibatkan arus listrik menjadi terhenti dan gagal dalam mengisi daya baterai powerbank.

Pada kasus power bank seperti ini, biasanya teknisi mengecek pada ujung kabel/katup negatif dan positif dengan menggunakan tespen, supaya bisa dengan mudah menyelidiki tanda-tanda adanya arus listrik.

Jika masalahnya disebabkan oleh kabel penghubung tersebut, maka solusi terbaiknya adalah dengan mengganti kabel tersebut.

Atau, jika saja kamu malas membeli kabel penghubung tersebut, kamu bisa menghubungkan kembali kabel yang ada dengan menggunakan tinol (pakai solder).

Akan tetapi, sebaiknya cara ini kamu hindari saja sebab bisa menyebabkan resiko konsleting arus pendek ke semua komponen powerbank jika saja tinol tidak berhasil kamu soldier dengan rapi.


2. Mengganti Kabel dan Baterai Power Bank

Jika saja cara memperbaiki power bank yang tidak bisa di charge yang saya bahas di atas tidak bisa memberikan solusi untuk masalah yang kamu alami.

Kemungkinan besar, permasalahn tersebut disebabkan oleh baterai powerbank-nya yang sudah rusak.

Baterai lithium dan nikel yang ada pada power bank itu pada dasarnya bekerja seperti halnya baterai HP yang re-chargeable.

Jadi, penggunaan yang terlalu sering atau pemakaian yang tidak sesuai dengan standar, akan membuat baterai powerbank menjadi menggembung, hamil gengs!

Hal itu menandakan adanya kebocoran pada lithium. Oleh karena itu, admin Ilyasweb.com sangat menyarankan kamu untuk mengganti baterai powerbank tersebut.

Bukan cuma harganya yang murah, hal ini juga terbilang sangat simpel dan praktis untuk membuat kondisi powe bank menjadi normal seperti pertama kali kamu membelinya.


Untuk membeli baterai power bank, kamu bisa mencarinya di toko elektronik (konter HP), atau bisa membelinya di marketplace alias toko-toko online (Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dll.).

Kalau masalah harga, itu tergantung dari merk, tipe dan juga daya baterai yang kamu inginkan.

Misalnya baterai powerbank yang memiliki daya 5.000 mAh biasanya dibanderol dengan harga dikisaran Rp 50.000 - 100.000,- (belum termasuk biaya pemasangan).

Nah, dengan kamu mengikuti cara perbaiki power bank ini, kamu bisa lebih menghemat biaya. Ya, daripada kamu membeli device baru yang selisih harganya bisa Rp. 50.000 hingga 250.000 rupiah.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel