Cara Mengaktifkan Near Field Communication (NFC) di HP Xiaomi

Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang sedang mencari panduan cara mengaktifkan NFC di ponsel pintar Xiaomi? Jika iya, kamu bisa melakukannya dengan mudah hanya beberapa langkah saja.

Jika kamu mempunyai smartphone yang sudah dibekali dengan chip NFC built-in, maka kamu sudah memenuhi persyaratan untuk bisa mengaktifkan fitur NFC, gengs!


Near Field Communication Xiaomi

Near Field Communication Xiaomi

Apa sih NFC itu? NFC (singkatan dari: Near Field Communication) adalah sebuah teknologi nirkabel terkini yang diklaim mampu melakukan transfer data dengan cepat pada radius atau jarak yang dekat.

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan dengan teknologi nirkabel canggih yang satu ini. NFC ini bisa kamu gunakan untuk berbagi aplikasi, gambar/foto, kontak, lokasi, ataupun file-file lainnya.

Lantas, apa bedanya NFC dengan Bluetooth? Near Field Communication hanya dapat berkomunikasi pada jarak yang lebih pendek jika dibandingkan dengan Bluetooth, yaitu kurang lebih 10 CM saja. Sedangkan Bluetooth masih dapat berjalan pada jarak 10 meter.

Berkat teknologi NFC ini kamu bisa bebas dari gangguan apapun ketika sedang men-transfer data atau file. Yang lebih menariknya lagi, kamu bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mudah tanpa harus menggunakan kartu kredit atau kartu debit, serta setiap transaksi yang kamu lakukan dengan NFC itu bebas biaya (gratis).

Cara Mengaktifkan NFC di HP Xiaomi

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu kalau smartphone Xiaomi kamu sudah mendukung fitur NFC, berikut beberapa seri yang sudah support fitur ini:
    • Xiaomi Mi 9 Pro
    • Xiaomi Mi 9 Lite
    • Redmi Note 8T
    • Redmi K30
    • Xiaomi Mi Note 10
    • Xiaomi Mi Note 10 Pro
    • Mi 10 5G
    • Mi 10 Pro 5G
    • Redmi K30 Pro
    • Redmi K30 Pro Zoom
    • Mi 10 Youth 5G
    • Mi Note 10 Lite
    • Redmi Note 9 Pro
    • Pocophone F2 Pro (POCO F2 PRO)
    • Redmi 10X Pro 5G
  2. Kemudian kamu bisa membuka bar notifikasi dengan cara mengusap layar dari area atas ke bawah, lalu aktifkan NFC melalui pintasan.
  3. Jika tidak ada pintasan, kamu bisa membuka Setelan → Lainnya → lalu pilih NFC, kemudian nyalakan dengan menggeser tombol OFF ke posisi ON.


Cara Menggunakan NFC di Smartphone Xiaomi

Smartphone pengirim dan penerima harus sama-sama sudah mengaktifkan fitur NFC dan juga Android Beam. Pastikan juga kedua gadget tersebut tidak dalam keadaan terkunci atau sedang dalam mode tidur.

Okeh, cara penggunaannya seperti ini:

  1. Dekatkan kedua smartphone Xiaomi tersebut, maka kamu akan mendapatkan feedback (umpan balik) audion dan juga haptic disaat kedua HP tersebut saling mendeteksi.
  2. Kemudian kedua perangkat tersebut jangan dipisahkan, hingga mulai menyala.
  3. Selanjutnya, kamu akan mendengar kembali feedback audio ketika data, file atau konten yang kamu kirim berhasil diterima.
  4. Selesai.


Kelemahan Near Field Communication Xiaomi

Setiap teknologi apapun tidak akan pernah luput dari yang namanya kelemahan dan kekurangan, karena tidak ada sistem yang sempurna.

Mungkin sebagian pengguna berharap kalau fitur NFC ini bisa digunakan untuk apapun dan kapanpun mereka berada. Sayangnya, fitur NFC Payment hanya dapat kamu gunakan pada transaksi atau pembayaran tertentu saja, gengs!

Lebih tepatnya hanya bisa digunakan pada perusahaan-perusahaan yang sudah mendukung dan bekerjasama dengan NFC ini.

Jadi, jika perusahaan tidak menyetujui untuk mengintegrasikan fitur NFC ini, maka kamu sebagai konsumen jelas tidak akan bisa menggunakan teknologi nirkabel canggih ini untuk melakukan pembayaran ke perusahaan tersebut.

Pengguna NFC ini tidak bisa menggunakan kartu reward (point card) di toko pengecer seperti kedai kopi, restoran kecil (warteg) dan yang lainnya.

Resiko terbesar saat menggunakan NFC adalah terjadinya peretasan terhadap komputer atau telepon kamu. Karena saat ini HP Android juga sangat rentan terhadap virus dan juga malware.

Salah satu contoh informasi yang seringkali dijadikan tujuan peretasan ialah informasi kartu kredit, kartu jaminan sosial, dokumen penting, dan lain sebagainya.

Oiya, NFC ini juga termasuk salah satu teknologi nirkabel yang tidak akan mengurangi daya baterai meskipun dibiarkan tetap menyala. Namun, jika HP Xiaomi kamu sedang menggunakan mode hemat baterai, saya rekomendasikan agar kamu mematikan fitur NFC ini.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel