-->

Top Label

Kenapa Video di YouTube Tidak Bisa di Download?



Fitur download video secara offline di aplikasi YouTube bagaikan setetes air untuk orang yang sedang merasakan dahaga banget. Ya, bagaimana fitur ini tidak membantu, kamu cukup pakai hotspot WiFi gratis kemudian simpan video ke offline dan nanti kamu bisa menonton videonya tanpa harus menggunakan data seluler ataupun hotspot lagi.

kenapa video di youtube tidak bisa di download

Namun yang sering menjadi permasalahannya, kenapa video YouTube tidak bisa download offline semuanya, selalu ada video yang memang sama sekali tidak bisa disimpan. Apa alasan dan penyebabnya?


Apakah Sekarang YouTube Tidak Bisa Offline?

Memang ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan aplikasi YouTube tidak dapat menyimpan video secara offline. Salah satunya bisa disebabkan oleh keterbatasan smartphone atau tablet android yang kamu gunakan, ataupun bisa disebabkan oleh aplikasi YouTube itu sendiri.

Berikut ini Ilyasweb akan menyajikan beberapa alasan kuat yang bisa menjadi salah satu penyebab video di YouTube tidak bisa di download ke offline, diantaranya:

1. Kapastitas penyimpanan memori (storage) tidak mencukupi

Kalau kamu memang suka banget mendownload, maka hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utamanya. Jika penyimpanan memori internal kamu tidak cukup (sudah penuh), solusinya cukup hapus saja beberapa file atau tambah kapasitas memori kamu melalui SD Card (micro-SD).

2. Terdapat tanda silang pada tombol download

Jika tombol download yang ada di bawah video YouTube yang akan kamu simpan terdapat tanda silangnya, itu artinya video tersebut memiliki masalah lisensi, atau bisa jadi si pemilik channel YouTube tersebut tidak mengizinkan videonya disimpan secara offline oleh pengguna.


3. Tidak ada tombol download offline sama sekali

Jika disaat kamu akan menyimpan video ke offline, tapi kok tombol downloadnya tidak ada? Coba deh kamu cek lokasi perangkat kamu, karena memang fitur offline ini hanya disediakan untuk beberapa negara saja. So, kalau kamu pakai VPN, putuskan dulu sambungannya (disconnect) dan restart dulu HP kamu.

4. Meminta pembayaran (YouTube Premium)

Selama kamu tidak menggunakan layanan YouTube RED yang memang merupakan layanan YouTube berbayar alias premium untuk mengakses semua konten video tanpa batasan, itu berarti ada masalah yang terjadi pada server YouTube. Solusinya, kamu tunggu saja sampai server YouTube kembali normal, biasanya 1x24 jam sudah bisa lagi.


Intinya, selama penyababnya bukan dari perangkat kamu (HP, tablet, laptop atau komputer), maka solusinya bisa dengan cara menghapus aplikasi YouTube kemudian menginstalnya kembali, atau perbaharui (update) aplikasi YouTube di Google Play Store.
#Tutorial Android#Youtube
Muhamad Ilyas 11 Juni Last Updated 2020-06-11T15:04:13Z