Top Label

Kenapa Foto dan Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri?



Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi video atau foto WhatsApp yang tidak tampil di aplikasi Galeri (Gallery) HP Android, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Kenapa Foto dan Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri

Saat ini, WhatsApp atau yang sering disapa WA ini sudah berhasil menarik perhatian semua orang, berkat fitur-fitur yang ditawarkan di aplikasi perpesanannya, membuat WA menjadi dikenal dan populer di semua kalangan.

Hampir semua file dan data bisa dikirimkan melalui share dokumen yang ada di aplikasi WhatsApp ini. Tidak ada batasan, WhatsApp ini tentunya akan sangat membantu kamu yang suka banget mengirim dan menerima file berbentuk foto (gambar) dan juga video.

Sayangnya, baru-baru ini banyak sekali masalah yang terjadi di aplikasi perpesanan yang satu ini, salah satunya seperti video dan juga foto yang diterima atau yang dikirim di WhatsApp tidak tampil di galeri smartphone pengguna.


Cara Mengatasi Foto & Video Whatsapp Tidak Muncul di Galeri

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan terjadinya masalah seperti itu. Namun, apapun masalahnya admin Ilyasweb akan mencoba memberikan solusinya yaitu cara mengatasi gambar dan video yang tidak muncul di galeri HP tersebut.

1. Pengaturan di WhatsApp

Cara mengatasi gambar WhatsApp yang tidak muncul di galeri HP yang pertama ialah melalui settingan di aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Untuk caranya sendiri, kamu bisa langsung membuka aplikasi WA ➤ klik opsi Menu (ikon tiga titik vertikel di pojok kanan atas). ➤ pilih Setelan ➤ klik opsi Chat ➤ kemudian kamu pastikan Visibilitas media dalam keadaan aktif (tanda-tandanya kotak yang bertulisan "Tampilkan media di galeri" dalam keadaan tercentang).

Yang terakhir, silakan kamu buka aplikasi Gallery di HP Smartphone Android kamu, dan kamu akan melihat gambar dan video tersebut tampil di galeri.


Jika masih tidak berhasil, kamu bisa mengikuti lagkah-langkah berikutnya.

2. Pengaturan HP Android

Metode selanjutnya untuk mengatasi video dan gambar WhatsApp tidak tampil di galeri Android ialah dengan melakukan pengaturan di setelan HP kamu.

  1. Nggak jauh berbeda dengan metode yang pertama, silakan kamu keluar dulu dari aplikasi galeri HP kamu.
  2. Buka Setelan pada smartphone kamu.
  3. Pilih Apps atau Manager Aplikasi.
  4. Cari dan buka aplikasi Gallery.
  5. Kemudian kamu Hapus Cache dari aplikasi tersebut.
  6. Terakhir, silakan kamu buka kembali aplikasi Galeri dan lihat apakah foto atau videonya sudah muncul?


3. File Tersembunyi

Jika kedua metode di atas masih juga belum bisa mengatasi foto & video WhatsApp yang tidak tampil di galeri ponsel pintar kamu, coba kamu tampilkan file tersembunyi.

Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan laptop atau komputer (PC). Coba sambungkan HP Android kamu ke PC tersebut, lalu cek apakah file gambar dan videonya tampil di laptop?

Jika ternyata file tersebut muncul di perangkat komputer kamu, itu artinya file-file tersebut disembunyikan di HP Android kamu.

Untuk menampilkan file yang tersembunyi di Android, kamu cukup buka saja partisi penyimpanan HP kamu di laptop ➤ klik tab Views ➤ pilih Hidden items ➤ kemudian kamu bisa mencentang opsi Show hidden files.

4. Reboot atau Restart HP Android

Reboot atau Restart adalah proses mematikan atau memberhentikan semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background multitasking) HP Android dan komputer, kemudian memulai kembali sistem tersebut.

Reboot ini memang sangat ampuh dalam mengatasi error-error kecil yang terjadi di perangkat mobile maupun di desktop.

Nah, jika kamu mengalami gambar atau foto di WhatsApp tidak muncul pada galeri HP Android, silakan kamu matikan smartphone kamu, kemudian hidupkan kembali.

Setelah HH kamu hidup, coba kamu cek galeri apakah gambar dan videonya sudah tampil? Jika belum, silakan lanjutkan baca metode terakhir di bawah ini.


5. Hapus File .nomedia

Pernahkah kamu saat membuka file manager melihat file bernama .nomedia pada folder WhatsApp atau WhatsApp Business?

File .nomedia ini memiliki fungsi dan kegunaan di HP Android kamu sebagai pengingat untuk memberitahukan kepada aplikasi lain agar tidak bisa memindai file-file yang ada di dalam folder tersebut.

Alhasil, jika pada folder memori internal atau SD Card kamu terdapat file berekstensi .nomedia ini, maka foto, gambar, video, dan dokumen lainnya tidak akan terlihat oleh aplikasi lain, termasuk aplikasi Galeri.

Untuk mengatasinya, silakan kamu hapus saja aplikasi tersebut baik secara manual maupun menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store.


Bagaimana apakah informasi yang saya berikan sudah cukup? Jika ada yang belum kamu mengerti, silakan tulis saja di kolom komentar atau melalui halaman contact us!
#Tutorial Android#WhatsApp
Muhamad Ilyas 20 Jun 2020 Last Updated 2020-06-19T23:06:08Z