-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Resi Yun Express (YunLu) Terbaru

Kalau kamu suka belanja barang apa saja secara online di situs web e-Commerce atau aplikasi AliExpress, kamu pasti menemukan nama ekspedisi yang asing-asing, seperti Yun Express (YunLu).

cara cek resi yun express

Memang jasa ekspedisi pengiriman yang digunakan oleh seller atau penjual di AliExpress itu banyak jenisnya, namun menurut pengalaman admin Ilyasweb sendiri isinya sama saja.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas salah satu ekspedisi AliExpress, yakni Yun Express yang paling sering digunakan untuk mengirim barang/paket pesanan kamu dari Tiongkok, Hong Kong atau China ke Indonesia.

Setelah kamu melakukan order produk apa saja dan membayarnya, maka tidak lama kemudian kamu akan mendapatkan sebuah nomor resi. Nah jika nomor resi Yun Express sudah kamu dapatkan, kamu tinggal melakukan pelacakan atau cek resinya saja!

Cara Cek Resi YunLu (Yun Express)

Untuk melacak resi dari ekspedisi Yun Express, kamu bisa memanfaatkan situs web resminya yaitu https://www.yunexpress.com/. Sayangnya, halaman website yang satu menggunakan bahasa China (Mandarin/Tionghoa).

Untuk itu, admin sangat menyarankan kamu untuk memakai halaman website Yunlu versi bahasa Inggris (Internasional) yang beralamat di https://www.yuntrack.com/, alasannya karena bahasanya mudah dimengerti ketimbang bahasa Mandarin.

Selanjutnya, silakan kamu masukkan nomor resi Yunlu kamu pada kolom isian yang ada tulisan "Please enter your YunExpress tracking number (starting with YT)", lalu klik tombol Track My Parcel.

Tunggu beberapa saat, nanti kamu akan diarahkan ke halaman hasil pengecekan. Kamu bisa melihat posisi paket kamu secara sekilas pada kolom Events dan juga Status. Namun, jika kamu ingin mengetahui secara detail, kamu bisa klik saja setiap baris pada kolom tersebut.


Sedangkan informasi lebih lengkap mengenai alur pengiriman paket (barang) kamu akan ditampilkan secara urut berdasarkan tanggal. Untuk contohnya, kamu bisa melihat list di bawah ini:

  • 2020/5/11 08:18:24 8 Waybill Generated → Shenzhen, China.
  • 2020/5/11 21:07:06 7 Package has left the carrier facility → Shenzhen, China.
  • 2020/5/11 16:05:01 6 Package received by carrier → Shenzhen, China.
  • 2020/5/11 14:02:58 5 Package has left seller facility and is in transit to carrier → Shenzhen China.
  • 2020/5/14 08:15:07 4 Departure from airport to destination country → Guangzhou, China.
  • 2020/5/19 08:34:20 3 Package arrived at destination airport → Indonesia.
  • 2020/5/20 10:59:14 2 Completed customs clearance process → Indonesia.
  • 2020/5/22 17:43:21 1 Package arrived at the carrier facility (Yunexpress’s Track End) → Jakarta, Indonesia.

Jadi, di halaman pelacakan tersebut kamu bisa tahu kapan, dimana dan juga informasi terkini yang terjadi pada paket kiriman kamu.

Yang harus kamu tahu, kalau sudah ada pesan notifikasi "YunExpress's Track End", itu artinya paket kamu sudah sampai di negara tujuan alias Indonesia.


Silakan kamu tunggu saja hingga paket sampai ke rumah kamu. Kamu nggak perlu nanya langsung ke Kantor Pos Indonesia, sebab nomor resi Yun Express ini tidak standar, jadi kalau kamu bertanya langsung rada sulit juga.

Tetap sabar untuk menunggu paketan kamu tiba!
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.