-->

Top Label

Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron



Teknologi smartphone alias ponsel pintar kini semakin canggih saja, tidak sedikit perusahaan yang mengemas fitur-fitur komputer ke perangkat seluler yang satu ini.

Jadi, bukan suatu perkara yang asing lagi jika saja smartphone Android kini menawarkan kemampuan multitasking dan juga fitur serta spesifikasi yang sangat spektakuler.

cara menyambungkan hp ke tv polytron

Mulai dari streaming film/video, bermain game, editing video dan foto, mendengarkankan lagu, serta kegiatan lainnya juga bisa dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat seluler alias HP Android ini.

Berhubung layar internal bawaan dari ponsel ini sangat kecl sekali ukurannya, terutama jika digunakan untuk menonton film bersama keluarga, jadi nggak heran dong kalau banyak pengguna yang mencari tahu bagaimana cara menyambungkan HP ke TV, misalnya Polytron.


Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

Tenang, pada kesempatan ini admin Ilyasweb akan memberikan beberapa tips buat kamu yang ingin mencoba menghubungkan HP ke TV apapun, baik itu Polytron atau merk Televisi yang lainnya.

1. Kabel HDMI

Buat kamu yang ingin tahu cara menyambung HP ke TV Polytron atupun merk yang lainnya, metode yang satu ini adalah yang paling populer, lho!

Untuk melakukannya, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu kabel HDMI to HDMI yang kompatibel dengan televisi dan juga HP Android kamu.

Jika sudah kamu siapkan kabelnya, silakan kamu matikan terlebih dahulu TV kamu, lalu kamu sambungkan smartphone kamu ke TV tersebut dengan menggunakan kabel HDMI yang sudah kamu siapkan tadi.

Ujung kabel yang kecil silakan kamu masukkan ke lubang port HP kamu, sedangkan kabel yang besar silakan kamu pasang di socket TV yang ada tulisan HDMI-nya.

Jika proses pemasangan kabel sudah selesai, kemudian kamu nyalakan televisi kamu, kemudian kamu bisa pindahkan channel TV ke menu/saluran HDMI.

Terakhir, silakan kamu aktifkan juga menu HDMI Connection pada ponsel pintar Android kamu dengan cara mencentang opsi tersebut di HP kamu.


2. Chromecast

Kalau kamu ingin menghubungkan HP ke TV dengan merk biasa alias umum, mungkin cara di atas adalah metode terbaik yang bisa kamu gunakan. Sedangkan cara yang satu ini hanya bisa berfungsi di kelas HP Android dan sekelasnya.

Sebelum kamu melanjutkan ke langkah-langkahnya, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu Chromecast?

Chromecast adalah salah satu perangkat yang dibuat oleh perusahaan raksasa yaitu Google, yang memiliki fungsi dan kegunaan untuk menyambungkan HP Android ke TV (Televisi).

Pertama-tama, kamu harus memiliki Smart TV dan juga perangkat Chromecast, ya.

Kemudian kamu bisa menginstal aplikasi Chromecast di Google Play Store, kemudian pasang seperti biasanya pada HP atau Tablet Android kamu.

Jika sudah berhasil kamu install, silakan kamu buka aplikasi Chromecast tersebut, lalu kamu bisa memindahkan saluran (channel) televisi kamu ke HDMI mode.

Terakhir, kamu bisa memasukkan kode yang tampil d layar TV kamu ke aplikasi Chromecash


3. All Share

Selain menggunakan kabel data untuk menyambung HP ke TV, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Allshare yang bisa kamu unduh secara gratis di Playstore.

Fungsi dan kegunaan dari aplikasi ini masih sama saja dengan aplikasi Chromecast buatan Google dan juga Airplay ciptaan produsen Apple Inc.

Oiya, untuk menggunakan metode yang satu ini, syaratnya HP yang akan kamu sambungkan ke TV harus bermerk Samsung Galaxy Series dan kamu juga harus mempunyai sebuah perangkat yang bernama Cast Allshare.

Baiklah, untuk cara penggunaannya, silakan kamu hubungkan Cast All Share ke TV kamu dengan menggunakan kabel HDMI.

Sekarang buka HP Samsung kamu, dan jangan lupa untuk mengaktifkan data seluler (internet). Kemudian pada layar utama (homescreen), silakan kamu swipe ke bagian bawah dengan menggunakan 2 jari .

Selanjutnya, buka Panel Pengaturan Cepat → pilih opsi Screen Mirroring → kemudian HP Samsung Galaxy kamu akan mendeteksi perangkat yang ada di sekitar kamu.

Nah, jika sudah terdeteksi, kamu bisa memilih dongle Allshare Cast → kemudian kamu tinggal input saja pin yang ada.


4. Screen Mirroring

Metode yang keempat ini adalah salah satu cara menyambungkan HP OPPO ke TV yang paling populer. Bukan hanya OPPO, tetapi kamu juga bisa menggunakan cara ini di Samsung, Realme, Vivo, Xiaomi, Huawei, dan lain-lain.

Sedangkan jika kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy Series dan juga TV merk Samsung, maka untuk menghubungkan HP kamu ke TV cukup dengan mengaktifkan fitur Screen Mirroring di HP Android kamu.

Untuk sementara, fitur yang satu ini baru tersedia di Samsung Galaxy S10, S9, S8, S7, S6, S5 dan juga seri terbaru lainnya. Oiya, fitur screen mirroring ini juga sudah tersedia di beberapa merk HP OPPO.

Jika kamu sudah mengaktifkan fitur screen mirroring ini di HP kamu, silakan kamu klik saja tombol Source yang ada di remote TV, kemudian pilih menu Screen Mirroring.


5. AirPlay

Metode terakhir ini tidak bisa digunakan sebagai cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV Sharp Aquos, Polytron Cinemax, atau yang lainnya. Sebab, cara ini hanya bisa kamu gunakan untuk menyambungkan HP buatan Apple (iPhone) ke TV Apple juga, ya!

Untuk menghubungkan iPhone ke TV Apple sama saja dengan cara menyambungkan HP ke TV Polytron dengan menggunakan gadget Chromecast.

Jadi, untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sama dengan yang sudah admin Ilyasweb tulis pada poin nomor 2 (dua) di atas.


Itulah 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan HP ke TV Polytron, Panasonic, Sony, Toshiba, LG, Philips, dan merk-merk SmartTV lainnya.

Silakan kamu gunakan salah satu metode di atas yang menurut kamu paling mudah. Jangan lupa share postingan ini ke akun sosial media kamu, ya!
#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 12 Juni Last Updated 2020-06-12T15:56:51Z