-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan VPN di Xiaomi Paling Mudah

Apakah kamu sudah tahu kalau smartphone besutan Xiaomi ini ternyata memiliki fitur VPN bawaan? Bukan hanya Xiaomi saja sih, tetapi semua HP Android sebenarnya sudah dibekali dengan aplikasi VPN bawaan yang bisa kamu gunakan dengan performa layaknya aplikasi VPN premium Play Store.

cara menggunakan vpn di xiaomi

VPN (singkatan dari: Virtual Private Network) adalah sebuah fitur atau layanan yang berfungsi untuk menyembunyikan identitas perangkat kamu yang terhubung dengan jaringan internet, entah itu memakai data seluler ataupun WiFi.

Kegunaan utama dari VPN ini ialah agar browser yang kamu gunakan untuk berselancar di internet tidak bisa mengenali perangkat apa yang sedang mengaksesnya.

VPN bawaan Xiaomi ini bisa kamu gunakan pada kartu SIM apa saja, baik itu Indosat Ooredoo, XL Axiata, Telkomsel, Smartfren, Axis, Three, simPATI, Kartu AS, Halo dan juga Loop.

Menurut pengalaman admin Ilyasweb sendiri, VPN bawaan ini merupakan VPN yang cocok untuk Xiaomi, karena performanya sama seperti aplikasi premium yang berbayar di Google Play Store, lho!

Lantas, bagaimana cara menggunakan VPN di HP Xiaomi? Mudah sekali, pada artikel ini saya akan mengulasnya secara detail, silakan kamu simak baik-baik ulasannya.


VPN Xiaomi: Cukup 4 Langkah Untuk Mengaktifkannya!

Cara menggunakan VPN di Xiaomi sebenarnya sangat mudah sekali, kamu cukup mengikuti 4 (empat) langkah simpel dan praktis di bawah ini, bahkan nggak perlu akses root juga!

Baiklah, berikut empat langkah yang harus kamu lewati untuk mengaktifkan VPN bawan Xiaomi tersebut:

1. Siapkan data VPN server access list

Kalau kamu ingin mengaktifkan VPN di ponsel pintar Xiaomi secara gratis dan tanpa harus menginstal aplikasi tambahan (pihak ketiga) apapun, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar VPN server address list terlebih dahulu.

Pada segmen ini, kamu bisa menggunakan yang gratis ataupun yang premium. Kalau untuk yang gratis alias free, kamu bisa menggunakan salah satu dari daftar di bawah ini:

  • pl226.vpnbook.com (server Polandia);
  • de4.vpnbook.com (server Jerman);
  • us1.vpnbook.com (server Amerika Serikat);
  • us2.vpnbook.com (server Amerika Serikat);
  • ca222.vpnbook.com (server Canada);
  • ca198.vpnbook.com (server Canada);
  • fr1.vpnbook.com (server Perancis)
  • fr8.vpnbook.com (server Perancis)
  • Atau jika server di atas sudah kadaluarsa, kamu bisa mencarinya yang baru di https://www.vpnbook.com/freevpn.

Atau kamu langsung mencarinya di Google, tulis saja kata kunci pencarian "VPN server list" (tanpa tanda kutip), dan kamu bisa menambahkan kata-kata "Premium" atau "Free" di belakang kata frasa tersebut.


2. Dapatkan Username dan Password VPN

Jika kamu sudah berhasil mendaftar, jangan lupa untuk menyimpan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) dari server VPN tersebut.

Biasanya setelah kamu melakukan registrasi, username dan password akan ditampilkan secara langsung di halaman tersebut (tepat di bawah server VPN itu sendiri).

3. Cara Setting VPN di HP Xiaomi

Jika kamu sudah mendapatkan server VPN berikut dengan username dan kata sandinya, silakan kamu masukkan data-data tersebut ke pengaturan VPN yang ada di menu setelan HP Xiaomi kamu.

Okeh, untuk caranya sendiri kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting di HP Xiaomi kamu.
  2. Pada grup Nirkabel & Jaringan, silakan pilih Lainnya.
  3. Kemudian pilih opsi VPN.
  4. Lalu ketuk tombol + Tambah VPN.
  5. Selanjutnya, kamu bisa data-data VPN pada kolom isian.
    • Nama VPN: Bebas isi apa saja;
    • Jenis: pilih PPTP;
    • Alamat server: masukkan server address yang sudah kamu dapatkan tadi (contoh: de4.vpnbook.com);
    • Tampilkan opsi lanjutan: biarkan jangan centang;
    • Enkripsi PPP (MPPE): centang, ya;
    • Nama pengguna: masukkan username (contoh: vpnbook);
    • Sandi: masukkan password VPN (contoh: dA9rJds).
  6. Jika semua kolom sudah dimasukkan dengan benar, silakan simpan saja pengaturannya dengan mengetuk tombol centang (✓).
  7. Selesai, data VPN sudah berhasil kamu tambahkan ke jaringan HP Xiaomi kamu.


4. Cara Mengaktifkan VPN di Xiaomi

Jika data VPN sudah berhasil kamu tambahkan di pengaturan, kamu harus melakukan aktivasi VPN tersebut agar dapat terhubung ke jaringan tersebut.

Jika kamu belum tahu cara mengaktifkannya, silakan ikuti langkah-langkah simpel di bawah ini:

  1. Buka menu Setelan atau Pengaturan.
  2. Pada kolom Nirkabel & Jaringan, silakan pilih menu Lainnya.
  3. pilih opsi VPN.
  4. Kemudian klik pada Nama VPN yang sudah kamu buat tadi untuk memulai mengaktifkan-nya.
  5. Selesai.

Sedangkan untuk menonaktifkannya, kamu bisa melakukan cara yang sama seperti pada saat kamu mengaktifkan VPN tersebut.

Atau kamu bisa mematikannya melalui menu bar notifikasi dengan cara menarik dari bagian atas layar, kemudian klik Disconnect atau Putuskan sambungan.

Kenapa VPN tidak mau connect di HP Xiaomi?

Kadang-kadang admin server VPN tersebut sudah memperbaharui data-data dan juga sistem-nya, sehingga VPN tersebut tidak bisa terhubung di HP Xiaomi kamu.

Atau bisa juga disebabkan oleh username dan password yang sudah kadaluarsa atau diblokir oleh admin server.

Atau bisa juga server VPN yang kamu gunakan sudah tidak bekerja lagi, silakan kamu cari saja server yang lain di Google dengan cara mengetikkan salah satu dari kata kunci berikut ini:

  • alamat server vpn terbaru
  • vpn server indonesia
  • vpn server list free
  • vpn server gate
  • server vpn free
  • server vpn gratis unlimited
  • free vpn sever singapore
  • atau kamu bisa kreasikan sendiri kata kuncinya.


Catatan penting:

Penggunaan VPN gratis ini sangat berbahaya untuk keamanan data pribadi yang tersimpan di smartphone Xiaomi kamu. Saya selaku admin Ilyasweb, tidak bertanggung jawab jika saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika kamu menggunakan VPN gratis tersebut.

Akhir kata

Demikianlah cara paling mudah untuk menggunakan VPN di HP Xiaomi Redmi yang populer dengan user interface (tampilan tatap muka) MIUI.

Metode ini juga bisa kamu coba di seri Xiaomi Redmi 4A, 4X, Redmi Note 5A, 5 Prime dan Pro, 6A, 7A, Mi A2 lite, S2, Note 3, Mi Mix 2, 3, Xiaomi Black Shark, dan seri-seri lainnya.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.