-->

Top Label

Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri (Call Ended) di HP Android



Beberapa pengguna HP Android bertanya kenapa muncul panggilan diakhiri saat menelpon seseorang? Kasus ini sering sekali terjadi hampir setiap harinya. Oleh sebab itulah hal ini membuat admin Ilyasweb tertarik untuk membahas dan memberikan solusinya langsung.

kenapa muncul panggilan diakhiri

Masalah panggilan diakhiri alias call ended ini terjadi bukan hanya ketika pengguna sedang asyik telponan saja, namun juga sering terjadi ketika akan mencoba menelpon seseorang.

Akan tetapi, permasalahan panggilan diakhiri yang akan saya bahas disini adalah panggilan yang berakhir secara tiba-tiba ketika kamu sedang asik mengobrol dengan lawan bicara kamu.

Hal ini ternyata disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah masalah koneksi jaringan yang tiba-tiba hilang atau memang sedang mengalami gangguan.

Alhasil, jika jaringan atau sinyak kartu seluler si pemanggil atau yang menerima panggilan terputus, maka secara otomatis panggilan kamu juga akan mengalami call ended alias panggilan diakhiri.


Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri

Jika kamu mengalami hal ini, tidak usah bingung atau berkecil hati karena admin akan memberikan 2 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi hal tersebut.

1. Hapus Cache

Panggilan diakhiri dengan sendiri-nya, baik itu di kartu Indosat Ooredoo, Telkomsel, 3 (Tri), XL Axiata, Axis, Smartfren atau yang lainnya) kadangkala disebabkan karena data cache aplikasi dialer pada HP/tablet android kamu sudah penuh atau kadaluarsa.

Cara mengatasi call ended yang disebabkan oleh cache ini, kamu cukup membersihkan cache pada aplikasi dialer tersebut.

Caranya cukup mudah, coba kamu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting di HP Android kamu.
  2. Pilih Apps.
  3. Ketuk ikon tiga titik (vertikal).
  4. Pilih aplikasi Telepon atau Phone.
  5. Pilih Penyimpanan atau Storage.
  6. Kemudian kamu klik saja opsi Bersihkan cache atau Clear cache.
  7. Selesai.


2. Cek Pengaturan Jaringan

Jika kamu sudah mencoba cara pertama, namun masih saja terjadi panggilan diakhiri, itu bisa disebabkan karena jangkauan sinyal kartu yang kamu pakai jelek atau sedang mengalami gangguan serius.

Karena jangkauan sinyal lemah, maka kartu layanan operator seluler yang kamu gunakan akan beralih dari satu jenis jaringan ke jaringan lainnya dengan cepat (misal dari 4G ke 2G, atau ke 3G, atau malah sebaliknya).

Perpindahan jaringan yang cepat inilah yang akan menyebabkan panggilan diakhiri, bahkan tanpa menekan tombol merah (tutup panggilan) sekalipun!

Sebagai solusinya, kamu bisa mengikuti panduan berikut ini:

  1. Buka menu Setelan.
  2. Pilih Kartu SIM & jaringan seluler.
  3. Pilih SIM 1 atau SIM 2 yang akan kamu gunakan untuk menelpon.
  4. Pilih Jaringan seluler.
  5. Terakhir, silakan centang pada opsi Otomatis pilih jaringan.
  6. Selesai.


Dengan mengaplikasi kedua tips di atas, saya yakin kamu tidak akan pernah bertanya lagi kenapa muncul panggilan diakhiri? Cara ini berlaku di semua operator baik di Telkomsel, Indosat, XL dan sebagainya.

Oiya, cara di atas saya lakukan di HP Xiaomi Redmi 4X milik saya, namun kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada smartphone Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Asus, Advan, Huawei, dan merk-merk ponsel pintar lainnya.

Meskipun setiap ponsel memiliki tampilan menu Setelan yang berbeda-beda, namun menurut pengalaman saya sendiri perbedaannya tidak akan jauh, kok!
#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 12 Juni Last Updated 2020-06-12T09:51:01Z