-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Buat yang bingung bagaimana cara melihat ataupun mencari backup (cadangan) chat di Google Drive, kamu bisa membaca panduan simpel pada artikel ini.

cara mencari backup whatsapp di google drive

Untuk mengamankan history chatting alias pesan-pesan penting yang ingin terus kamu simpan di WA tanpa menghapusnya, kini WhatsApp sudah bekerja sa,a dengan Google Drive.

Berkat kerja sama ini kamu bisa mencadangkan (backup) data chatingan kamu dalam rentang waktu yang kamu tentukan. Hal ini tentunya sangat penting sekali, terutama buat kamu yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk keperluan bisnis online shop.

Proses pencadangan data chat ke Google Drive memang sangat mudah sekali dilakukan, karena kamu tinggal mengatur waktu pencadangannya saja di WA, prosesnya akan secara otomatis dilakukan oleh sistem.

Arti Ping, VC, TC, PC, PM, VN di WhatsApp • Tahu Belum?

Namun, yang terkadang menjadi masalahnya, saat kita iseng ingin melihat cadangan chat WA di Google Drive kok tidak ada file-nya, padahal sudah dicari pada semua folder Drive yang ada? Tenang, gampang banget kok solusinya!

Cara Melihat Backup Chat WA di Google Drive

Baiklah, buat kamu yang penasaran ingin mengetahui cara mencari backup whatsapp di google drive, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan buka halaman web Google Drive di https://drive.google.com.
  2. Kemudian login dengan menggunakan akun Google kamu.
  3. Pilih tombol Menu yang ada di pojok kiri atas.
  4. Lalu pilih Versi Desktop (Desktop Version).
  5. Selanjutnya, ketuk ikon roda gigi yang navigasi atas.
  6. Pilih Setelan.
  7. Pilih tab Kelola Aplikasi.
  8. Lalu geser ke bawah sampai kamu menemukan aplikasi WhatsApp Mesenger.
  9. Terakhir, tunggu sampai Data aplikasi tersembunyi muncul (biasanya membutuhkan waktu beberapa menit).
  10. Selesai.

Pastikan juga kalau akun Google yang kamu pakai untuk melihat data backup di Google Drive adalah akun yang kamu gunakan di pencadangan WhatsApp, ya.


Agar proses pengecekan cadangan chat WA kamu di Google Drive lancar tanpa kendala, silakan gunakan perangkat HP, tablet, laptop, ataupun komputer (PC) dengan sinyal yang kuat dan stabil.

Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas, namun kamu masih belum bisa melihat backup chat WA di Google Drive, silakan untuk menanyakannya di kolom komentar.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.