Apakah Anti Virus Itu Sangat Penting? Cari Tahu Sekarang Juga

Saat ini banyak sekali terjadi bahwa email merupakan bagian dari skema phishing. Phishing secara umum berarti bahwa seseorang mengirimi kamu email palsu atau gadungan dengan tautan buruk di dalamnya.

Anti Virus

Link dalam email tersebut mengundang kamu untuk mengklik situs palsu mereka (sama sekali bukan situs pemerintah) dan menyerahkan beberapa informasi data diri pribadi kamu (rahasia) seperti: nama lengkap kamu, nomor jaminan sosial, nomor HP, email dan lain-lain.

Beberapa email bahkan melampirkan spyware pada lampiran mereka. Jadi, berhati-hatilah saat mengunduh file yang dikirim dari email tidak dikenal.

Pencuri identitas, atau pencuri yang berfokus pada masalah pencurian identitas, mengirimkan ribuan email palsu hampir secara teratur, dan biasanya mereka mengatakan bahwa mereka mewakili entitas pemerintah.

Jadi waspadalah jika kamu menerima email yang mengatasnamakan dari Departemen Kehakiman, Federal Trade Commission, Internal Revenue Service atau instansi pemerintah lainnya atau Departemen.

Spyware adalah perangkat lunak komputer yang dipasang secara diam-diam di komputer pribadi kamu, yang tujuannya untuk mencegat atau mengambil kontrol parsial atas interaksi pengguna dengan komputer, tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna.

Email tersebut sangat mungkin mencoba mengelabui kamu.

Salah satu departemen pemerintah sendiri, yakni Departemen Keuangan, melaporkan bahwa mereka  menerima lebih dari 23.000 keluhan tentang skema phishing terkait IRS sejak November 2005 silam.

Sebagian besar melibatkan email Hoax yang memberitahu penerima bahwa mereka memiliki pengembalian pajak tertunda dan sedang diselidiki.

Jangan klik link atau tautan dalam email yang mengatasnamakan dirinya dari instansi pemerintah.

Lembaga pemerintah jarang berkomunikasi melalui email, dan jika mereka melakukannya, itu dalam menanggapi sesuatu yang kamu paling sering kamu buka/tanggapi.

Instansi pemerintah ataupun departemen biasanya berkomunikasi melalui surat pos.

Salah satu antisipasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memperbaharui Windows secara teratur. Minimal satu bulan sekali, terutama pada patch keamanan perangkat kamu.

Pasang juga anti virus yang benar-benar terpecaya, sebelum kamu menyesal di kemudian hari!

Sebagian besar lembaga sudah melengkapi daftar informasi kontak-nya di situs web resminya. Jika kamu menerima email atau notifikasi yang tidak meyakinkan, segera hubungi agensi terlebih dahulu untuk melihat apakah email tersebut benar atau hoax.

Jangan klik atau menyimpan file lampiran yang disertakan dalam email yang mengatasnamakan dari pemerintah tersebut. Hapus saja file tersebut.

Sayangnya, terkadang bahkan keamanan terbaik yang diusung oleh komputer kamu itu tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. Semahal apapun komputernya, kamu harus tetap menggunakan anti virus untuk mengantisipasi bahaya ini.

Para peretas bisa menembus sistem keamanan komputer kamu dengan cara mengekploitasi celah keamanan dan dibantu dengan perangkat lunak (software) yang diinstall oleh pengguna, seperti LimeWire.

Spyware biasanya akan disembunyikan bersama program lain, dan kamu mungkin tidak sadar menginstal spyware ketika kamu men-download program dari internet atau menginstal perangkat lunak dari disk.

Bagian yang paling menakutkan ketika diserang oleh peretas adalah privasi. Virus impliciatoi spyware juga dapat mengumpulkan informasi mengenai alamat e-mail, password dan bahkan nomor kartu kredit kamu beserta kode CVV-nya.

Jadi, mulai sekarang pasang anti virus yang benar-benar ampuh dalam mencegah peretasan terhadap komputer kamu.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel