Roaming Data Adalah: Memahami Arti Roaming Data + Kegunaannya

Data roaming - Jika kita bicara mengenai provider jaringan seluler, sebenarnya masih banyak istilah-istilah yang belum diketahui. Sebelumnya Ilyasweb hanya membahas seputar provider yang sudah mainstream alias yang umum dan sering banget didengar oleh semua orang.

roaming data

Misalnya, soal kuota malam smartfren, kuota lokal telkomsel, hingga cara mengubah kuota videomax menjadi kuota flash yang sudah saya tulis beberapa pekan lalu.

Di negeri kita tercinta, yakni Indonesia. Penggunaan akses internet dengan menggunakan layanan dari provider seluler sangat banyak sekali.

Alhasil, tidak menggerankan kalau banyak provider yang terus berlomba-lomba memberikan penawaran paket yang menarik bagi setiap penggunanya, apalagi yang berkaitan dengan layanan tertentu.

Salah satunya adalah layanan roaming data.

Roaming data adalah sebuah layanan daya lanjutan yang akan kamu dapatkan disaat kamu keluar dari area jangkauan (sinyal) provider yang kamu gunakan. Dalam kata lain, kamu Roaming disaat kamu sedang benar-benar berjelajah atau traveling dari zona jangkauan sinyal operator seluler tersebut.

Sebagai contohnya, kamu tetap bisa mengakses internet ataupun panggilan telepon dengan menggunakan kartu operator kamu (baik XL, Indosat, Telkomsel, Smartfren, 3, Axis, dan lain-lain) ketika sedang bepergian ke luar negeri (internasional).

Hal ini bisa terjadi, karena pihak operator yang kamu gunakan sudah bekerja sama dengan operator jaringan lainnya di negara yang sedang kamu tuju tersebut.

Intinya, roaming data ini akan terjadi jika saja ponsel kamu benar-benar tidak bisa terhubung dengan sinyal operator utamanya ataupun ke jaringan seluler lainnya untuk memastikan atas jangkauan data internet ataupun suara yang sifatnya berkelanjutan.

Saat ini, hampir semua smartphone baik itu Android maupun iOS (iPhone) sudah dibekali dengan pengaturan roaming data di dalam dan luar negeri, untuk bisa memproses pindah jaringan ke jaringan lainnya.

Akan tetapi, kamu akan dikenakan biaya tambahan saat pindah jaringan ke jaringan lainnya di luar negeri yang notabenya internasional, ya!

Bahkan, sering sekali beberapa provider jaringan seluler di Indonesia ini menawarkan promosi layanan roaming data ini di media elektronik, sosial media, ataupun surat kabar.

Yang sering banget dipertanyakan oleh para netizen adalah, apa itu roaming data? apa fungsi dan kegunaan roaming data yang sering ditawarkan pihak operator?


Pengertian Roaming Data

Ketika kamu sedang berada diluar jangkauan sinyal, maka handphone kamu akan menjelajah mencari sebuah jaringan lain untuk dihubungkan.

Dan hal itulah yang terjadi pada ponsel kamu ketika kamu sedang berada di luar negeri, entah itu traveling, umroh, ibadah haji, ataupun ada kunjungan lainnya.

Bisa kita artikan kalau roaming data adalah smartphone kamu yang bisa terkoneksi ke jaringan internet dengan menggunakan jaringan seluler yang berbeda yang telah kamu bayar biaya/tagihannya.

Saat kamu bepergian ke luar negeri, sinyal telepon kamu akan mendapatkan sedikit biaya tambahan untuk layanan roaming ke jaringan operator lain.

Jadi, sebelum kamu bepergian, jangan lupa untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk layanan yang satu ini, ya!

Soalnya, biaya roaming data tersebut bisa saja sangat tinggi apabila kamu menggunakan internet di luar negeri, jika kamu tidak mengetahuinya terlebih dahulu, bisa saja nanti kamu akan terkejut saat melihat total tagihannya (jika pascabayar).


Data roaming adalah sebuah istilah yang sering digunakan ketika kamu menggunakan data internet pada jaringan operator seluler saat berada di luar negeri.

Kamu menggunakan data apa saja yang membuat sebuah koneksi ke jaringan internet, seperti halnya browsing, buka email, membuka aplikasi WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, Video Call, ataupun Google Maps.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, kalau menggunakan layanan data roming itu sangat mahal sekali. Lantas, apakah ada tips ataupun trik untuk meminimalkan biayanya?

Cara Menghemat Biaya Roaming Data Saat Di Luar Negeri

Ketika kamu menggunakan handphone ataupun smartphone di luar negara Indonesia, kamu bisa meminimalisir biaya data roaming kamu dengan beberapa tips di bawah ini :

  1. Pertama, kamu bisa mematikan data seluler dan mengaktifkannya kembali jika memang kamu membutuhkannya, misalnya untuk membuka Google Maps, atau Email, WhatsApp, dan hal-hal penting lainnya saja.
  2. Matikan saja semua semua notifikasi (push) dari seluruh aplikasi yang ada di smartphone kamu, baik itu aplikasi email, ataupun aplikasi media sosial kamu.
  3. Untuk menghindari biaya tambahan saat berada di luar negeri, kamu bisa memanfaatkan jaringan WiFi yang tersedia di sana.
  4. Jika WiFi tersebut dienskripsi dengan kata sandi, kamu bisa meminta kepada pemiliknya.
  5. Jika kamu sering sekali bepergian ke luar negeri, kamu bisa menanyakan paket roaming data yang murah kepada pihak operator.

Dengan kamu menggukan cara ini, saya yakin kamu akan lebih hemat saat berada di luar negeri, dan tagihan pascabayar kamu tidak akan bengkak.

Untuk roaming data domestik sih biasanya gratis alias free. Namun, untuk roaming internasional itu masih berbayar dan tentunya akan menambah biaya hidup kamu dalam urusan akses-mengakses internet.


Kegiatan Yang Mengakibatkan Biaya Roaming Data

Biaya roaming data ini akan terjadi jika saja kamu melakukan beberapa hal, seperti memanggil atau menerima panggilan telepon, mengirim dan menerima SMS, mendownload file ataupun yang lainnya (browsing, email, streaming video, atau chattingan di sosial media).

Berikut ini saya rangkum beberapa kegiatan yang bisa memicu biaya roaming data kamu, diantaranya:

  1. Menelpon seseorang atau menerima panggilan telepon internasional.
  2. Melakukan panggilan masuk ke voicemail.
  3. Mengirim atau menerima pesan teks (SMS) saat berada di luar negeri.
  4. Mengirim atau menerima pesan multimedia (MMS) saat berada di luar negeri.
  5. Saat ponsel mati atau dalam mode pesawat, namun ada pesan voicemail yang masuk itu juga akan dikenakan tarif data roaming.
  6. Menonton video secara online (streaming video)
  7. Melakukan pencarin di web.
  8. Mengakses halaman web apa saja.
  9. Melakukan pencarian alamat atau petunjuk navigasi di Google Maps.
  10. Mengakses internet untuk kegiatan apa saja.

Jika kamu ingin hemat saat menggunakan layanan roaming data ini di luar negeri, kamu sebaiknya menghindari menonton film-film favorit kamu secara streaming, baik di YouTube ataupun yang lainnya.

Hindari juga untuk mengunduh ataupun mengunggah file-file besar, ya!

Pasalnya, biaya data roaming ini didasarkan pada hitungan tarif internet per KB (kilobyte) ataupun MB (megabyte) saja.

Jangan samakan dengan disaat kamu berada di tanah air Indonesia, dimana biaya paket internetan itu sangat murah dengan kuota yang besar, bahkan beberapa GB (gigabyte).

Berapa sih biaya roaming data itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.


Biaya Roaming Data

Biaya data roming ini bergantung pada penyedia operator layanan internet yang kamu pakai, ya.

Untuk masalah harga atau biaya itu relatif, setiap orang berhak memiliki pendapat untuk mengatakan mahal ataupun murah. Jadi, kembali lagi ke kebutuhan kamu sendiri.

[Untuk pengguna prabayar] Jika kamu ingin lebih murah, kamu bisa membeli paket roaming yang telah ditawarkan oleh provider kamu sebelum berangkat ke luar negeri.

Jadi, nantinya kamu tidak akan langsung dipotong pulsa saat menggunakan data roaming di luar negeri.

Bahkan di beberapa provider Indonesia, pembelian paket ini diwajibkan sebelum kamu berangkat, sebab jika tidak membelinya, kamu tidak akan bisa mengaktifkan roaming data, lho!

Soal biaya, agar lebih lengkap informasinya, kamu bisa langsung menghubungi customer service provider yang kamu gunakan, ya!


Apakah Roaming Data Harus Diaktifkan?

Apa data roaming harus diaktifkan? Tidak, kecuali kamu memang benar-benar membutuhkannya. Jika kamu tinggal di area yang masih terjangkau oleh jaringan seluler kamu, roaming data itu tidak kamu perlukan.

Pertanyaan semacam ini sering banger ditanyakan oleh sebagian banyak orang yang memang belum paham mengenai "apa itu roaming data".

Namun, sekarang kamu sudah mengetahuinya bukan?

Cara Mengaktifkan Roaming Data di HP Android

Mudah sekali. Namun saya sarankan sebelum mengaktifkan data roaming ada baiknya kamu membeli terlebih dahulu paket roaming data yang sudah disediakan oleh operator masing-masing.

Biasanya dalam paket tersebut sudah komplit, yakni berisi paket nelpon, SMS, dan juga ada kuota internet-nya.

Intinya, kamu bisa mendapatkan ketiga kebutuhan tersebut hanya dalam 1 paket saja, biar lebih simpel dan mudah.

Okeh, silakan kamu simak baik-baik cara mengaktifkannya berikut ini :

Smartphone Android

Untuk cara mengaktifkan roaming data di hp Android, silakan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan teliti :

  • Pertama, silakan buka menu Pengaturan di smartphone kamu.
  • Kemudian klik Kartu SIM & jaringan seluler.
  • Lalu kamu pilih opsi Roaming internasional (hubungkan ke layanan saat roaming).
  • Selanjutnya, kamu langsung saja aktifkan Roaming data di halaman tersebut.
  • Terakhir, silakan Restart smartphone android kamu.

Jika smartphone sudah dihidupkan kembali, silakan kamu coba sambungkan HP Android kamu ke internet.

Itulah cara mengaktifkan roaming data di android. Lantas, bagaimana kalau di iPhone atau iOS? Beda caranya, silakan kamu simak panduannya di bawah ini.

iPhone (iOS)

Untuk kamu yang menggunakan iPhone alias smartphone besutan perusahaan Apple, kamu bisa mencoba beberapa langkah mudah ini :

  • Buka menu Setelan atau Pengaturan.
  • Pilih opsi Data Seluler.
  • Selanjutnya, tinggal aktifkan roaming data-nya.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai roaming data yang dapat saya share di halaman website Ilyasweb ini. Berkat artikel ini, saya berharap kamu bisa lebih paham dengan istilah data roaming ini, ya.

Jika ada kesalahan penulisan atau yang lainnya, kamu bisa memberitahukannya kepada admin melalui kolom komentar di bawah, agar segera diperbaiki!

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Roaming Data Adalah: Memahami Arti Roaming Data + Kegunaannya"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel