Top Label

100% Berhasil | Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Kode mmi tidak valid - Hingga saat ini, jaringan seluler rupanya masih digemari oleh pengguna smartphone di Indonesia.

kode mmi tidak valid

Sesuai data yang dikabarkan oleh Kominfo yang menyatakan kalau saat ini ada sekitar 250 juta lebih pengguna prabayar yang aktif.

Yups, memang banyak sekali, dan ada kemungkinan semuanya akan bertambah lagi. Pasalnya, data yang diumumkan kominfo itu adalah data 2 tahun yang lalu (tahun 2018), lho!

Jika kita bicara soal provider layanan seluler, tentu saja erat sekali dengan aktivitas mengecek pulsa, kuota dan yang lainnya.

Untuk mengecek pulsa sendiri, setiap provider memiliki kode yang khusus. Seperti *123#, *555#, *888# dan lain-lain.

Dengan mengetik kode dial tersebut, maka selanjutnya akan muncul sebuah pesan yang menginformasikan sisa pulsa ataupun kuota dari operator masing-masing.

Tidak selamanya normal seperti itu, kadang-kadang ada beberapa masalah yang terjadi, seperti munculnya masalah sambungan kode MMI tidak valid.


Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Nggak jarang orang yang mengalami masalah sambungan ini saat melakukan panggilan kode dial. Walaupun hal ini bisa dikatakan sepele, namun masalah ini sangat mengganggu sekali. Sebelum ke tutorial untuk mengatasi kode mmi tidak valid, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut. Berrikut penyebabnya :

  • Terjadi masalah pada sistem.
  • Salah mengatur jaringan.
  • Sedang terjadi pada operator.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Kode MMI Tidak Valid

Untuk mengatasi hal ini, admin Ilyasweb memiliki beberapa trik dan tips yang bisa kamu coba terapkan, skuy!

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, cara ini bisa dipakai untuk semua operator di Indonesia, mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, 3 (Three) Telkomsel, Smartfren, Axis, dan yang lainnya.

Serta bisa diterapkan di semua smartphone yang memiliki sistem operasi Android, baik itu dari Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Realme, Advan, Lenovo, Infinix, dan sebagainya.

Restart HP

Beberapa bulan yang lalu, saya juga pernah mengalami masalah seperti ini ketika akan membeli paket Indosat di *929#. Saya kemudian mencoba mengatasi mmi tidak valid ini dengan tips yang paling sederhana dulu.

Yups, yakni cuma restart HP saja! Dan tips ini terbukti 100% berhasil, loh! Pada saat mencoba kembali memanggil kode dial tersebut untuk membeli kuota internet, ternyata pesan error "kode MMI tidak valid" itu sudah hilang.

Mengapa hal tersebut bisa diatasi hanya dengan restart hp? Simpel sekali jawabannya, karena setiap error yang diakibatkan oleh sistem yang bermasalah itu bisa diatasi dengan restart.

Pasalnya, dengan kamu merestart smartphone, itu akan menyegarkan kembali sistem operasi pada smartphone android kamu, lho!


Hapus Cache Aplikasi Telepon

Seperti yang kita ketahui, kalau untuk memanggil kode dial baik untuk membeli paket, cek pulsa, kuota, roaming data ataupun informasi lainnya, kita diharuskan untuk membuka aplikasi telepon. Iya kan?

Jika dengan cara yang pertama tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara kedua ini, yakni dengan menghapus data ataupun hapus cache pada aplikasi telepon tersebut. Jika bingung dengan caranya, kamu bisa menyimak panduan berikut :

  1. Pertama, buka menu Setelan di hp android kamu.
  2. Kemudian pilih opsi Aplikasi yang tercantum di sana.
  3. Lalu pilih aplikasi Telepon.
  4. Selanjutnya, klik saja tombol Hapus cache atau Clear cache.

Tujuan clear cache ini ialah tidak lain untuk menghilangkan error atau kesalahan yang bisa saja tersimpan pada log aplikasi telepon tersebut.

Sepanjang pengalaman saya, cara yang satu ini masih efektif untuk mengatasi berbagai macam error seperti masalah sambungan MMI tersebut.

Tambahan: Mungkin penempatan tombol "hapus cache" ini akan berbeda di setiap merk dan tipe HP yang kamu gunakan.


Setting Jaringan ke 2G

Kamu sudah tahu belum, kalau jaringan 4G LTE ini hanya bisa digunakan untuk internetan saja, dan tidak bisa dipakai untuk menelpon biasa dan juga mengirim pesan singkat (SMS)?

Alhasil, kamu jangan kaget kalau keluar pesan kode MMI tidak valid atau tidak berlaku ketika kondisi handphone kamu sedang memakai jaringan 4G LTE.

Oleh sebab itu, silakan coba untuk mengubah terlebih dahulu jaringan kamu ke 2G atau GPRS, begini caranya :

  • Buka menu Pengaturan.
  • Lalu pilih Kartu SIM & jaringan seluler.
  • Selanjutnya, kamu ubah jaringannya  ke 2G, lalu klik Simpan.
  • Selesai.

Catatan: Mungkin letak dari pengaturan jaringan ini akan berbeda di setiap merk HP. So, kamu bisa menyesuaikannya dengan ponsel yang sedang kamu gunakan, ya!

Oiya, jika ponsel pintar yang kamu pakai sudah support VoLTE (singkatan dari: Voice Over LTE), kamu bisa mengaktifkan layanan ini, ya!


Factory Reset

Jika ketiga cara di atas sudah kamu coba, namun tidak membuahkan hasil apapun, kamu bisa melakukan reset hp atau mengembalikan kondisi hp ke setelan pabrik.

Tujuan utama dari factory reset ini adalah untuk mengembalikan kesalahan yang terjadi pada sistem, atau semua error konfigurasi yang tersimpan dalam log sistem smartphone Android kamu.

Salah satunya ialah masalah kode MMI tidak valid. Dengan cara yang satu ini, masalah tersebut akan bisa teratasi dengan mudah.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa dengan melakukan factory reset ini semua data dan file yang tersimpan di hp android kamu akan hilang semuanya.

So, sebelum menggukan tips yang keempat ini ada baiknya kamu memikirkannya terlebih dahulu. Jika sudah siap dengan konsekuensi-nya, kamu bisa lakukan!

Catatan penting: Silakan cadangkan semua data hp kamu terlebih dahulu, sebelum melakukan wipe data atau factory reset ini, skuy!

Masih Belum Berhasil Juga?

Jika semua tips di atas tidak juga bisa mengatasi masalah sambungan tersebut, kemungkinan besar jaringan operator yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan atau sedang ada pemeliharaan sistem (maintenance).

Solusi terbaiknya adalah dengan menunggu saja beberapa waktu kedepan ya. Biasanya gangguan tersebut hanya beberapa jam saja atau paling lambat biasanya 1x24 jam sudah bisa normal kembali.


Penutup

Mungkin itu saja sedikit penjelasan dari saya mengenai masalah sambungan kode MMI tidak valid yang dilengkapi dengan cara mengatasinya.

Untuk saya sendiri, karena memang sangat sering mengalami kejadian masalah tidak valid atau tidak berlaku pada kode MMI, jadi mengatasi masalah ini bisa dengan mudah diatasi dengan beberapa tips di atas.

Jika masalah yang kamu alami tidak kunjung hilang, coba kamu informasikan kronologi masalah error yang kamu alami di kolom komentar.

Semoga membantu.
#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 7 Mei 2020 Last Updated 2020-05-07T16:43:50Z