-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iPhone 7 Plus, Masih Worth It Dibeli di Tahun 2020?

Iphone 7 Plus, masih layak untuk dibeli di tahun 2020? Inilah spesifikasi, harga baru, dan bekas, beserta kelebihan dan kekurangan dari iPhone 7 Plus, skuy!

iphone 7 plus

Apple merupakan salah satu produsen yang berbeda dengan vendor smartphone yang lain, ia hanya merilis 1 (satu) buah seri iPhone setiap tahunnya.

Satu seri ini juga dikhususkan untuk pasar berkelas premium (high-end) yang memiliki harga jual yang sangat mahal buat kebanyakan pecinta gadget.

Oleh sebab itu, produk Apple yang diluncurkan beberapa tahun sebelumnya juga masih tetap laku di pasaran.

Yups, salah satunya ialah iPhone 7 Plus yang akan Ilyasweb ulas secara detail pada postingan ini.

Ponsel pintar premium yang ditawarkan Apple ini resmi dijual secara bersamaan dengan iPhone 7 di tahun 2016, berarti empat tahun yang lalu.

Secara umum, kedua seri iPhone ini dibekali dengan spesifikasi yang sama saja.

Hanya saja, iPhone 7 Plus ini mempunyai ukuran desain body yang lebih besar, yang membuatnya lebih menarik jika dilihat dari segi tampilan visual.

Begitu juga dengan urusan fotografi, sebab di seri Plus ini Apple membekalinya dengan teknologi dual camera.

Berdasarkan penelitian admin dari sejumlah Marketplace (situs jual beli online), sangat sulit sekali mencari produk iPhone 7 Plus yang benar-benar original maupun refurbish.

Bahkan, saya merasa lebih mudah menemukan iPhone 6 Plus yang secara fitur dan spesifikasi nggak jauh beda.

Akan tetapi, iPhone 7 Plus ini membawa sejumlah peningkatan yang benar-benar signifikan di zamannya, dan menurut saya masih wort it sampai saat ini.


Spesifikasi dan Fitur iPhone 7 Plus

spesifikasi iphone 7 plus

Apple Inc memperkenal sebuah teknologi kamera terbaru yang super canggih di iPhone 7 Plus. Performa dan juga daya tahan baterainya juga ditingkatkan di seri ini.

Seri yang satu ini juga merupakan produk iPhone pertama yang dibekali dengan speaker stereo yang menghasilkan kualitas audio yang jernih.

Bukan hanya itu saja, masih ada banyak sekali fitur-fitur lainnya yang nggak kalah menariknya dari itu, diantaranya sebagai berikut.

1. Desain layar

iPhone 7 Plus mengusung layar berukuran 5,5" inci dengan resolusi layar 1080x1920 pixel.

Untuk sekarang ini mungkin layarnya terbilang kecil, karena kebanyakan smartphone saat ini sudah memakai 6 hinggan 7 inch.

Tapi percayalah, ukuran layar 5,5 inchi adalah ukuran ponsel yang paling nyaman untuk kamu genggam.

Terutama Apple sudah membekalinya dengan teknologi retina display, sehingga warna yang dihasilkan smartphone ini sangat natural dan 100% akurat.


2. Gaming

Berkat dukungan dari chipset A10 fusion dan juga 3GB RAM, hp yang satu ini masih sanggup untuk memainkan game-game berat sekalipun, seperti PUBG Mobile, Real Racing 3, Asphalt, Mobile Legends, Free Fire dan yang lainnya dengan grafis tinggi alias high.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya, Apple melakukan optimalisasi prosesor dan juga managemen memori RAM yang baik dan pas dari sistem operasi besutannya yakni, iOS.

3. Storage

Perlu kamu ketahui, bahwa iPhone merupakan salah satu pelopor smartphone dengan kapasitas penyimpanan memori internal yang besar, lho!

Pada iPhone 7 Plus sendiri, Apple menawarkan beberapa pilihan storage diantaranya ada yang 256 GB, 128 GB, dan juga 32 GB.

Apakah bisa ditambah dengan slot SD Card atau memori eksternal? Oops, sampai saat ini semua produk Apple belum ada slot memori micro-SD nya.

Salah satu alasan Apple tidak menyediakan fitur tersebut adalah akan terjadi penurunan kinerja disaat perangkat membaca atau menulis di memori eksternal.


Apple selalu memperhatikan hal-hal kecil sekalipun, ia tidak ingin performa smartphone yang dibesutnya itu mengalami penurunan kinerja.

Alhasil, jika kamu kehabisan memori internal atau memori hampir penuh, sebaiknya segera lakukan backup ke iCloud ataupun ke laptop (PC), lalu hapus yang ada di gadget kamu.

4. Baterai

Pada segmen baterai, kedua produk smartphone ini dibekali dengan kapasitas daya baterai yang berbeda.

Pada iPhone 7 memakai baterai berkapasitas 1960 mAh, sedangkan di seri Plus mengung baterai dengan kapasitas yang lebih besar yakni 2900 mAh.

Meskipun keduanya memiliki daya baterai yang terbilang kecil, namun hp pintar iPhone ini bisa bertahan selama seharian penuh tanpa kamu charge sekalipun.

Beda banget dengan smartphone android sekarang yang memiliki kapasitas 5000 mAh, tapi baterainya cepat habis, hiks hiks.


5. Kamera

Bukan hanya kinerja gaming-nya saja yang memiliki spesifikasi tinggi, kamera iPhone juga nggak kalah, lho!

Iphone 7 Plus disokong dengan kamera utama beresolusi 12 MP dengan bukaan f/1.8 serta ada sensor OIS (Optical Image Stabilizer).

Sedangkan pada sektor kamera selfie, Apple menambahkan 5 megapiksel di kamera depannya.

Oiya, settingan dual kamera yang ada di seri plus ini memiliki spesifikasi 12 MP (lensa wide) dan 12 MP (lensa telephoto) yang memungkan pengguna untuk menciptakan efek bokeh (background blur) yang sangat tajam.

iPhone 7 ini juga bisa merekan video dengan resolusi full HD dengan rate 60fps, dan video slow motion hingga 240fps.


Fitur lainnya

Ada yang unik di seri smartphone yang satu ini, lho!

iPhone 7 Plus secara resmi memiliki sertifikasi IP67 yang artinya hp ini tahan terhadap cipratan air dan juga debu, sehingga kamu nggak perlu takut menggunakan ponsel ini di segala kondisi ataupun cuaca.

Selain itu, sekarang tombol home (home button) sudah diganti dengan taptic engine yang sangat unik sekali.

Ditambah lagi snartphone ini sudah mengusung dual speaker yang mampu memberikan pengalaman berbeda dalam menyajikan audio.

Keren banget kan?

Nah, semua gadget yang memiliki fitur yang canggih dan memiliki kelebihan yang mumpuni, pastinya tidak akan lepas dari yang namanya kekurangan.

Lantas, apa saja kekurangan dari iPhone 7 Plus ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kekurangan iPhone 7 Plus

Salah satu kekurangannya ialah tidak ada fitur 3.5mm audio jack pada seri iPhone yang satu ini, entah apa alasannya Apple menghilangkan fitur tersebut pada seri ini.

Jadi, buat kamu yang ingin mendengarkan musik ataupun menelpon dengan earphone, kamu harus menggunakan headset bluetooth atau menggunakan kabel earphone yang dicolokkan ke port lightning.

Satu lagi, iPhone 7 Plus ini juga belum support fast charging seperti pada smartphone sekarang ini, ya!


Eh, ngomong-ngomong berapa sih harga iPhone 7 Plus sekarang ini? Turun nggak harganya? Cek di bawah ini, skuy!

Harga iPhone 7 Plus di Indonesia Tahun 2020

Wajib kamu ketahui, pertama kali produk Apple yang satu ini dipasarkan di Indonesia tahun 2017 silam, harganya sangat mahal sekali, lho!

Harga iPhone 7 Plus (2017)

Percaya atau tidak, pertama kali produk ini dijual, banderol harganya sebagai berikut :

  1. Varian yang 32GB : Rp 13.999.000,-
  2. Varian 128GB : Rp 15.999.000,-
  3. dan varian 256GB : Rp 17.999.000,-

Mahal sekali bukan? Memang benar, dengan harga smartphone semahal itu, sudah cukup untuk membeli 1 unit sepeda motor, lho!

Namun sekarang ini tepatnya di tahun 2020, harga iPhone 7 Plus sudah turun harga secara drastis.

Ini terjadi karena ada seri terbaru dari iPhone yang dikeluarkan oleh Apple yang berhasil menggeser posisinya.

Harga iPhone 7 Plus (2020)

Berdasarkan pencarian saya di situs Tokopedia.com, harga iPhone tersebut sangat murah, lho! Berikut rinciannya :

  • Varian memori 32 GB : Rp 4.975.000,- (Original + Garansi Distributor 1 Tahun);
  • 128 GB : Rp 5.525.000,- (Original + Garansi Distributor 1 Tahun);
  • dan yang 256 GB : Rp 5.500.000,- (Segel New Refurbish).


Apa itu iPhone Refurbish?

HP iPhone refurbish adalah iPhone bekas yang ditarik kembali oleh Apple dari pengguna karena klaim garansi ataupun ada masalah/kerusakkan lain.

HP tersebut kemudian diperbaiki dan dilakukan pengujian kembali oleh pihak Apple, serta bersertifikat resmi dengan casing, baterai, beserta aksesoris yang baru.

Soal masalah garansi, iPhone refurbish ini juga bisa klaim garansi lho jika ada kerusakan, serta tetap akan mendapatkan update sistem jika ada pembaharuan.

Nah, setelah kamu membaca review yang saya ulas baru saja di atas, apakah kamu tertarik untuk membeli iPhone 7 Plus di tahun 2020 ini?

Menurut pendapat saya pribadi, jika kamu termasuk salah satu orang yang suka banger dengan iOS namun budget pas-pasan, produk yang satu ini masih layak alias wort it untuk dibeli, kok!

Semoga membantu, skuy!
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.