Top Label

Cara Reset HP Samsung J2 Prime



Samsung Galaxy J2 Prime adalah salah satu ponsel pintar Android yang sangat populer dikalangan pecinta gadget Indonesia, sebab smartphone ini dibanderol dengan harga yang murah meriah.

cara merestart hp samsung j2 prime

Dapur pacu Samsung J2 Prime ini mengandalkan chipset MediaTek MT6737T dengan processor Quad-core yang memiliki kecepatan 1,4 GHz, RAM 1,5 GB, Storage 8 GB, dan juga prosesor grafis GPU Mali-T720MP2.

Smartphone yang satu ini dibekali dengan layar selebar 5 inchi dengan resolusi layar 960 x 540 piksel yang masih menganut teknologi PLS TFT.

Sementara pada sektor kameranya, dibelakang sudah tertanam kamera beresolusi 8 MP dengan fitur bukaan f/2.2, LED Flash, dan juga AutoFocus.

Sedangkan di bagian depan sudah dibekali dengan kamera selfie beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 yang juga sudah dibekali dengan LED Flash yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto wefie atau selfie di temapt yang minim pencahayaan.

Untuk masalah baterai, HP Samsung J2 Prime ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh. Meskipun terbilang sangat kecil, namun baterai ini sudah cukup untuk menemani aktivitas kamu selama seharian tanpa charge.


Walaupun spesifikasi hardware, software, dan juga fitur yang ditawarkan sudah sangat mumpuni, namun masih saja sering terjadi error di smartphone J2 Prime ini, yang mengakibatkan pengguna menjadi bingung.

Oleh sebab itulah, tidak sedikit sahabat Ilyasweb yang bertanya bagaimana cara reset Samsung J2 Prime agar keadaan ponsel menjadi normal seperti pada awalnya.

Nah, buat teman-teman yang ingin melakukan hard reset, factory reset, ataupun wipe data pada Samsung Galaxy J2 Prime, kamu bisa membaca lebih detail informasi berikut ini.

Cara Reset Samsung J2 Prime Melalui Mode Recovery

Langkah pertama: Pastikan terlebih dahulu sisa baterai di HP Samsung J2 Prime kamu, minilah harus tersisa 40% (persen) atau lebih.

Langkah ke-dua: Kemudian matikan alias nonaktifkan Samsung Galaxy J2 Prime kamu jika posisinya masih dalam keadaan menyala.

Langkah ke-tiga: Ketika ponsel sudah dalam keadaan mati, silakan tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume atas secara bersamaan. Jangan dilepaskan dulu sampai muncul sebuah logo robot di layar hp Samsung kamu.

Langkah ke-empat: Jika logo robot sudah muncul silakan lepaskan semua tombol yang tadi kamu tekan, maka selanjutnya kamu akan dibawa ke mode recovery.

Langkah ke-lima: Jika kamu sudah masuk ke mode recovery Samsung, silakan tekan dan tahan tombol Power + Volume atas sampai muncul beberapa menu pilihan.

Langkah ke-enam: Berikutnya, silakan kamu pilih opsi Wipe data/factory reset dengan cara menekan tombol Volume, kemudian tekan tombol Power untuk mengonfirmasi pilihannya.

Langkah ke-tujuh: Kemudian lakukan konfirmasi kembali dengan memilih opsi Yes untuk memulai melakukan reset.

Langkah ke-delapan: Silakan kamu tunggu proses factory reset-nya (proses ini akan mengembalikan HP Samsung Galaxy J2 Prime kamu ke setelan pabrik).

Langkah ke-sembilan: Jika proses wipe data/factory reset sudah berhasil, silakan kamu pilih opsi Reboot system now. Maka smartphone kamu akan restart (booting) secara otomatis.

Catatan penting: biasanya proses booting atau menghidupkan pertama kali ini setidaknya akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 menit, jadi silakan ditunggu ya!

Langkah terakhir: Setelah booting selesai, maka kama kamu akan melihat tampilan smartphone Samsung J2 Prime kamu seperti pertama kali membelinya.


Cara Reset Samsung J2 Prime Melalui Menu Pengaturan

Pertama: Sama seperti langkah di atas, kamu harus memastikan baterai kamu terlebih dahulu, minimal harus ada sisa baterai 40% atau lebih, ya.

Kedua: Silakan masuk ke menu "Setelan / Pengaturan / Settings".

Ketiga: Setelah kamu berada di halaman Setelan, silakan kamu cari dan klik opsi "Buat cadangan & setel ulang".

Keempat: Selanjutnya, silakan kamu klik saja opsi "Kembalikan setelan pabrik", lalu klik saja langsung opsi "Setel ulang perangkat".

Kelima: Kemudian kamu bisa klik opsi "Hapus semua", lalu tunggu proses reset-nya hingga selesai.

Terakhir: Jika proses hard reset sudah selesai, maka smartphone Samsung J2 kamu akan melakukan restart (re-booting) secara otomatis.

Hard reset adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengembalikan HP Android yang error ke kondisi semua alias normal, jika saja terjadi masalah/error yang serius yang sama sekali tidak kamu ketahui penyebabnya.


Sebagai catatan, hard reset atau factory reset ini akan menghapus semua data yang ada di HP Samsung Galaxy J2 Prime milikmu.

So, sebelum melakukan hard reset, silakan kamu lakukan Backup data terlebih dahulu, agar kamu bisa dengan mudah memulihkan data-data yang terhapus akibat wipe data tersebut.
#Samsung#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 20 Mei Last Updated 2020-05-19T19:59:12Z