Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Jika kita bicara soal privasi, mungkin cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi juga perlu saya bahas buat kamu yang menggunakan smartphone terpopuler ini.

cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Xiaomi memang merupakan salah satu smartphone asal China yang ngetop di Indonesia karena memiliki spesifikasi hardware yang sangat tinggi. Banyak sekali pengguna yang memainkan game-game berat sekelas PUBG Mobile, Mobile Legends, dan lain-lain di HP yang satu ini.

Jika kita membahas aplikasi, ada sebagian pengguna yang ingin sekali menjaga privasi dari salah satu aplikasinya agar tidak diketahui oleh orang lain.

Salah satu contoh kecilnya ada aplikasi chatting dan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, LINE, Instagram. Alasannya, mereka nggak mau kalau isi pesannya dibaca oleh orang lain, kamu juga begitu bukan?

Ada beragam cara untuk sembunyikan aplikasi di Xiaomi, mulai dari dienkripsi dengan menggunakan pola kunci atau password, dan bisa juga dengan cara disembunyikan dari layar.

Pada artikel kali ini, admin Ilyasweb akan membagikan cara menyembunyikan aplikasi pada hp Xiaomi agar tisak bisa dilihat di menu utama.

Cara ini juga bisa kamu terapkan pada semua tipe HP Xiaomi (Redmi 4A, AX, 5A, 5 Plus, Note 5A, 6A, 7, Note 8 Pro, MI Note 9, 10, dan lain-lain), pokoknya all tipe MIUI, skuy!


Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Xiaomi (Semua Tipe MIUI)

Perlu kamu ketahui, kalau saja fitur hide aplikasi yang ini sudah disediakan secara langsung oleh produsen Xiaomi, yang disematkan melalui sistem operasi MIUI.

Intinya, kamu nggak perlu mengunduh ataupun menginstal aplikasi tambahan apapun.

Aplikasi apa saja yang terpasang di HP Xiaomi kamu, bisa disembunyikan secara mudah dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, seperti:

  1. WhatsApp
  2. Kontak
  3. Perpesanan
  4. Instagram
  5. Facebook
  6. Browser
  7. Game (Mobile Legends, Asphalt, PUBG Mobile, Free Fire, dan lain-lain)
  8. Music
  9. Dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Pada tutorial ini admin menggunakan HP Xiaomi Redmi 5A yang sudah menggunakan sistem user interface MIUI 9.0. Tipe yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer di masanya, lho!


1. Sembunyikan aplikasi Xiaomi tanpa aplikasi

Pertama : Silakan buka menu setelan atau settings di HP Xiaomi kamu.
setelan xiaomi
Kedua : Kemudian scroll ke bagian bawah hingga opsi "Setelan Aplikasi", lalu klik saja Kunci Aplikasi.
setelan aplikasi xiaomi
Ketiga : Jika sudah keluar jendela menu baru, silakan kamu klik ikon gerigi setelan yang ada dibagian kanan paling atas.
sembunyikan aplikasi
Keempat : Selanjutnya, kamu scroll ke bagian bawah, maka kamu akan menemukan opsi untuk mengatur aplikasi tersembunyi. Silakan centang pada Apl Tersembunyi yang ada keterangan "Pindah apl ke folder tersembunyi dan hapus pintasan layar utama mereka".
aplikasi tersembunyi
Kelima : Berikutnya, kamu bisa klik opsi Kelola Apl Tersembunti. Maka kamu akan melihat semua daftar aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi kamu, silakan centang saja pda aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
kelola aplikasi tersembunyi
Keenam : Jika sudah kamu centang, silakan klik OK. Maka sekarang aplikasi yang tadi kamu centang sudah berhasil kamu sembunyikan dari HP Xiaomi kamu.

Oiya, sebenarnya ada cara lain untuk membuka menu pengaturan Kunci Aplikasi selain daripada yang sudah saya bahas di atas, yaitu sebagai berikut di bawah ini :

  • Buka menu Setelan → klik pada kolom pencarian atau search → silakan kamu ketikkan Kunci Aplikasi → kemudian buka.
  • Atau kamu juga bisa dengan membuka aplikasi Keamanan (yang ada di menu utama layar) → kemudian pilih Kunci Aplikasi.

Pokoknya, setelah kamu masuk ke settingan Kunci aplikasi, kamu bisa langsung saja mengikuti panduan dari langkah keempat di atas yakni mengaktifkan fitur aplikasi tersembunyi.

Cara yang satu ini 100% work di semua tipe hp xiaomi, namun dari beberapa kasus ada hp Xiaomi yang memang di menu pengaturan atau setelannya belum muncul menu untuk menyembunyikan aplikasinya.

Solusinya sangat mudah sekali, cukup update atau perbaharui saja MIUI-nya ke versi yang paling baru, saya yakin 100% akan berhasil.

Lantas, bagaimana jika setelah kamu update MIUI tapi tetap saja menu pengaturan hide aplikasinya tidak muncul?

Tenang, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan dari Google Play Store, coba kamu simak caranya di bawah ini, skuy!


2. Menggunakan aplikasi App Hider

app hider xiaomi
Metode yang satu ini khusus buat kamu yang menggunakan HP Xiaomi yang masih memakai MIUI versi lama (entah tidak mau update, atau memang sudah tidak mendapatkan update dari Xiaomi), atau buat kamu yang sudah menggunakan Custom ROM.

Okeh, berikut langkah-langkahnya :

  1. Install aplikasi App Hider di Google Play Store, gratis kok!
  2. Jika sudah terinstal, silakan buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian kamu klik opsi Add App.
  4. Selanjutnya, pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan.
  5. Jika sudah, silakan klik dan tahan pada aplikasi yang akan kamu sembunyikan tadi, lalu geser ke bagian menu Create Shortcuts.
  6. Maka shortcut aplikasi yang tadi akan tampil di layar Home Screen HP Kamu.

Sebentar, bagaimana cara kerja aplikasi App Hider ini?

Begini, aplikasi App Hider ini tugasnya adalah membuat icon aplikasi (Shortcut) bohongan yang tampilan logonya mirip dengan aplikasi yang akan kamu sembunyikan.

Jadi, kamu hanya perlu memindahkan aplikasi lama kamu ke tempat yang lain seperti folder. So, aplikasi lama seakan-akan masih terlihat, padahal yang terlihat itu hanya sebuah shortcut tipuan saja untuk mengalabui.

Bingung dengan yang jelaskan? Silakan kamu coba saja langsung aplikasinya, nanti kamu akan paham dengan apa yang saya jelaskan. Sebab praktek itu lebih mudah dipahami daripada teori, hehe.

Sebatas informasi tambahan, aplikasi ini juga bisa berfungsi dengan baik di HP Xiaomi yang tidak di-root, jadi App Hider ini bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi Tanpa ROOT!


3. Menggunakan aplikasi Hide Apps

Selain App Hider, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi GRATIS lainnya yang ada di Playstore yakni Hide Apps.

Aplikasi ini juga terbilang sangat mudah sekali digunakan, kamu cukup install saja aplikasinya di Google Play Store, kemudian ikuti saja panduan-panduan sesuai yang diarahkan oleh Developers aplikasinya.


4. Menggunakan fitur Ruang Kedua

ruang kedua xiaomi
Khusus buat yang sudah menggunakan MIUI versi 9.0 atau yang lebih baru, kamu bisa menggunakan fitur Ruang Kedua ini. Berkat adanya fitur yang satu ini, semua aplikasi akan secara otomatis tersembunyi, bahkan sebagai keamanan tambahan kamu bisa memberikan pola, sidik jari, ataupun password (kata sandi), lho!

Begini cara penggunaannya :

  1. Buka Setelan
  2. Pilih opsi Ruang Kedua
  3. Kemudian aktifkan fitur Ruang Kedua
  4. Lalu atur aplikasi mana saja yang akan ditampilkan di Ruang Kedua Xiaomi kamu
  5. Selanjutnya, berikan kata sandi atau pola sesuai yang kamu butuhkan
  6. Selesai.


Cara Update MIUI ke Versi Terbaru

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara memperbaharui sistem operasi UI Xiaomi (MIUI), kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Setelan di HP Xiaomi kamu
  2. Pilih opsi Tentang ponsel
  3. Klik Pembaruan sistem
  4. Katuk tombol Periksa pembaruan
  5. Jika ada update, kamu bisa langsung klik saja Perbarui sekarang!
  6. Selesai.


Penutup

Tidak sedikit orang yang mencari tutorial untuk menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi, sebab masih banyak pengguna yang belum tahu cara menggunakan fitur-fitur yang ada.

Terutama, buat sebagian pengguna yang belum tahu kalau pembaharuan sistem MIUI itu sangat penting sekali. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperbaharui MIUI jika ada update versi terbaru, ya!

Jika ada yang belum kamu mengerti atau masih kurang paham dengan tutorial yang sudah saya jelaskan di atas, kamu bisa tuliskan di kolom komentar.

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel