Top Label

[Terbukti Berhasil] Cara Menghemat Baterai iPhone

Selama kamu menggunakan iPhone, pastinya punya masalah pada daya tahan baterai kan? Disini saya akan memberikan tips bagaimana cara menghemat baterai iPhone yang sudah benar-benar terbukti bekerja.

cara menghemat baterai iphone

Jika kamu bertanya, mengapa baterai iPhone kok cepat habis? Simpel sih jawabanya, karena iPhone itu dibekali dengan baterai yang berkapasitas kecil yakni berkisar diantara 1000 sampai 3000 mAh.

Kapasitas baterai yang kecil ini mungkin akan membuat kamu harus membawa powerbank ketika sedang bekerja lama di lapangan ataupun sedang asyik traveling.

Lantas, apa jadinya kalau kamu lupa nggak bawa powerbank? Sudah pasti kamu akan kehabisan baterai dan tidak bisa mengabadikan momen traveling kamu, iya kan?

Cara Menghemat Baterai iPhone

Nah, daripada kamu galau karena baterai iPhone cepat habis, pada kesempatan ini IlyasWeb akan memberikan beberapa tips untuk hemat baterai iPhone.

Penasaran, apa saja itu? Silakan simak baik-baik berikut ini.

1. Gunakan Low Power Mode

Pada saat kamu mengaktifkan fitur Low Power Mode, maka iPhone kamu bisa dipakai lebih lama, lho!

Jadi, nggak harus cepat-cepat mengisi ulang daya alias charge ya, skuy!

Akan tetapi, disaat low power mode ini berada di posisi ON, mungkin beberapa aplikasi dan fitur notifikasi akan ditunda beberapa saat, alias agak lambat datangnya.

Pada dasarnya, mode daya rendah ini ialah mematikan fungsi aplikasi yang bekerja di latar belakang untuk sementara waktu.


So, jangan heran kalau mode ini akan mempengaruhi beberapa fitur iPhone kamu seperti Hey Siri, email, efek visual, serta foto iCloud yang dijeda beberapa waktu.

Buat kamu yang belum tahu cara mengaktifkan dan juga menonaktifkan Low Power ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Silakan buka menu Pengaturan → Baterai, kemudian kamu aktifkan atau matikan mode daya rendah pada menu tersebut;

Atau, kamu juga bisa mengaktifkannya melalui Pusat Kontrol, caranya cukup buka Pengaturan → Pusat Kontrol → Sesuaikan Kontrol → Pilih Mode Daya Rendah untuk menambahkan fitur ini ke pusat kontrol.

Bagaimana, cukup mudah sekali bukan? Kalau sudah, mari kita lanjutkan ke tips berikutnya.

2. Fitur Background App Refresh, Matikan Saja!

Perlu kamu ketahui, Background App Refresh adalah salah satu dari sekian banyaknya fitur di iOS yang memberikan izin ke aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang (install) untuk update data meskipun tidak sedang digunakan.

Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu utama baterai iPhone kamu cepat habis terkuras. Pasalnya, hp kamu dipaksa oleh sistem untuk bekerja full time.

Solusi untuk mengatasi hal ini cukup mudah, coba kamu buka menu Settings → General → Background App Refresh.

Pada menu tersebut, kamu bisa mengontrol aplikasi apa saja ingin selalu hidup di latarbelakang dan mana yang akan kamu nonaktifkan.


3. Banyak Aplikasi Yang Tidak Terpakai di Iphone? Hapus Aja!

Tips hemat baterai iPhone yang ketiga ialah dengan cara menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak berfaedah, jarang dipakai, atau memang tidak pernah dipakai sama sekali.

Mungkin kamu akan menganggap hal ini sepele saat menggunakan iPhone, padahal aplikasi yang tidak terpakai ini juga merupakan salah satu penyebab utama baterai iPhone menjadi boros.

Selain bisa menghemat baterai iPhone kesayangan kamu, menghapus aplikasi yang tidak penting ini juga bisa membuat kinerja prosesor menjadi ringan, cepat, dan optimal.

Caranya sangat mudah, silakan kamu tekan tombol Home 2 (dua) kali, kemudian geser layar ke arah atas.


4. Kalibrasi Baterai Secara Berkala

Sebagai pengetahuan, kalibrasi baterai adalah suatu proses normalisasi pada baterai, tujuannya agar kapasitas baterai tersebut bisa terbaca oleh sistem secara akurat dan sempurna.

Oleh sebab itu, proses kalibrasi ini bisa membuat kinerja baterai kamu menjadi lebih maksimal, seperti pertama kali iPhone kamu dibeli, lho!

Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai pada gadget iPhone? Mudah sekali, kok!

Kamu cukup menghabiskan baterai iPhone kamu hingga benar-benar 0% (sampai hp nge-drop, dan mati dengan sendirinya), kemudian kamu charge baterai tersebut hingga penuh 100% dengan keadaan iPhone kamu mati.

Pokoknya, iPhone jangan dihidupkan dulu kalau baterai belum terisi hingga 100%, ya!

Kamu bisa melakukan kalibrasi baterai ini secara rutin, misalnya sebulan sekali. Dengan cara ini, baterai iPhone kamu akan lebih awet dan juga hemat.
#iPhone
Muhamad Ilyas 3 Mei 2020 Last Updated 2020-05-02T23:16:45Z
Komentar

Tampilkan