Cara Mengecek Resi AkuLaku: Pakai Jasa Ekspedisi Pengiriman Apa Sih?

Tidak sedikit pengguna jasa kredit tanpa agunan ataupun kredit barang AkuLaku mengeluhkan beberapa masalah umum, seperti pengiriman paket barang yang lama padah DP sudah dibayar.

Nggak heran, kalau pembeli atau pengguna jasa kredit AkuLaku ini menjadi jengkel. Karena memang mungkin mereka ingin membeli barang untuk acara pernikahan, ulang tahu, atau yang lainnya, tapi barang belum sampai juga, sedangkan cicilan sudah waktunya untuk dibayar.

cara mengecek resi akulaku

Berdasarkan pengalaman admin Ilyasweb sendiri pada saat melakukan searching mengenai sistem pengiriman aplikasi kredit virtual dan finansial online ini, ternyata yang membuat AkuLaku lama saat pengiriman adalah barang yang dikirim oleh toko/merchant harus diteruskan terlebih dahulu ke gudang AkuLaku.

Nah, setelah barang sudah sampai ke gudang AkuLaku ini, pihaknya baru akan mengirimkan barang ke alamat kamu (alamat tujuan paket tersebut).

Alhasil, bisa kamu bayangkan karena proses pengirimannya yang dari toko penjual tidak langsung dikirim ke alamat tujuan si pembeli, maka sudah jelas estimasi pengirimannya akan telat beberapa hari dari estimasi biasanya.

Nah, sebetulnya di aplikasi AkuLaku sendiri sudah jelas tertulis kalau pengirimannya memakai ekspedisi apa? Namun yang menjadi permasalahannya format nomor resi yang tertulis sendiri belum tentu dapat kamu lacak.

Sebab, setelah saya perhatikan secara teliti, terkadang penulisan nomor resi AkuLaku itu tidak sesuai dengan standar dengan format yang digunakan jasa pengiriman ekspedisi di Indonesia, seperti JNE, J&T, Kantor Pos, ataupun yang lainnya.

Akan tetapi, berhubung ada beberapa nama ekspedisi yang digunakan oleh AkuLaku, maka sebagai solusi pertamanya kamu bisa mencoba cek resinya di situs resmi jasa pengiriman tersebut.

Atau untuk mengecek nomor resi AkuLaku, kamu bisa mencoba menggunakan satu persatu website cek resi AkuLaku berikut ini :

  1. Raja Kirim: https://rajakirim.co.id/ — Biasanya format resi yang kamu terima akan berupa angka semua, namun kadang-kadang yang diberikan oleh pihak AkuLaku itu biasanya berawalan dengan kode RJAL. Jadi, pas melakukan pengecekan silakan hapus kode huruf "RJAL" tersebut.
  2. J&T Express — Kamu juga bisa melakukan pengecekan di alamat berikut: https://jet.co.id/.
  3. JNE — Untuk jasa ekspedisi "Jalur Nugraha Ekakurir" kamu bisa mengeceknya di https://jne.co.id.
  4. Ark Express —  Untuk resi jasa ini, silakan buka saja alamat web https://track.ark-xpress.com/cp/.
  5. aCommerce —  https://acommerce.asia/.
  6. Pos Indonesia — Terkadang nomor resi dari AkuLaku ini diawali dengan kode "ALK" yang sudah jelas tidak valid saat melakukan cek resi. Coba buang kode tersebut, dan cek resinya di https://www.posindonesia.co.id/.

Jasa ekspedisi sendiri maksudnya memakai logistik AkuLaku sendiri. Sudah beberapa pengiriman memakai kode "ALK" ini, dan hanya bisa dilacak di aplikasi AkuLaku-nya sendiri.

Saya sendiri sih hanya tahu Raja Kirim saja, sedangkan yang lainnya adalah share dari beberapa teman-teman Ilyasweb.com.

Memang benar, sebagian besar merchant atau toko rekanan AkuLaku ini menggunakan jasa pengiriman yang anti-mainstream dan nyeleneh banget, kecuali Kantor Pos Indonesia.

Satu hal yang wajib kamu ketahui, jika ingin melakukan komplain terhadap keluhan layanan apa saja di AkuLaku, pastikan untuk selalu melalui nomor contact telepon, email, atau akun sosial media AkuLaku yang resmi.

Hal ini sangat perlu kamu perhatikan untuk mencegah adanya penipuan, seperti yang sudah dialami oleh beberapa teman saya.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel