Cara Melacak HP Hilang Dengan Email [100% Berhasil]

Cara melacak HP menggunakan email - Disaat hp kesayangan kamu hilang, pasti kamu akan merasa kehilangan banget dicampur rasa kesal, sedih, bingungm dan juga akan sangat khawatir terhadap data dan file yang ada di dalamnya.

Terutama jika di dalam HP kamu banyak sekali menyimpan data dan file yang sangat penting, baik itu dokumen, foto, video, dan juga akun-akun penting seperti akun google dan sosial media.

Semua file pekerjaan kamu dan juga seluruh file kenangan yang kamu kumpulkan selama bertahun-tahun itu harus musnah saat itu!


Apa yang harus dilakukan bila HP hilang?

Salah satu solusi yang pertama kali harus kamu lakukan disaat kehilangan sebuah smartphone adalah dengan cara melacaknya. Admin Ilyasweb sendiri pernah melakukan hal ini, dan ternyata berhasil membuatnya kembali ke genggaman.

Sebelum saya melanjutkan tutorial ini, saya ingin memberikan sedikit informasi terlebih.

Begini, ketika HP kesayangan kamu hilang, seharusnya ponsel kamu tersebut masih bisa kamu lacak, apalagi jika notabe ponsel kamu adalah smartphone (Android atau iOS). Mengapa?

Pasalnya, semua smartphone sekarang ini sudah dibekali dengan fitur pelacakan lokasi bernama Global Positioning System atau sering disingkat GPS , yang memungkin kamu untuk dapat melacak keberadaan ponsel.

Bukan hanya itu saja, teknologi jaringan internet saat ini juga sudah sangat canggih sekali, sehingga bisa menetapkan suatu titik (point) lokasi pada HP yang kamu lacak secara akurat dan tepat sasaran.


Cara melacak HP hilang dengan email (Gmail)

Perlu kamu ketahui, saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melacak HP yang hilang di Google Play Store, baik itu yang gratis maupun yang berbayar sekalipun.

Jika saya diperkenankan untuk memberikan saran (rekomendasi), sebaiknya kamu menggunakan aplikasi yang dirilis oleh Google seperti Android Device Manager maupaun Google Maps.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi atau software tersebut di semua merk smartphone Android, baik itu Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Evercoss, Asus, Advan, Huawei, Infinix, dan yang lain-lain.

Lantas, bagaimana cara melacak handphone dengan email? Okeh, saya akan mengulasnya secara detail berikut ini.

1. Cara melacak hp yang hilang dengan email lewat Android Device Manager

cara melacak hp lewat email

Android Device Manager atau yang biasa dikenal dengan aplikasi ADM ini adalah salah satu software APK yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android dalam urusan melacak keberadaan HP yang hilang.

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini ialah sudah difasilitasi dengan maps yang akan menampilkan letak posisi HP terlacak secara  detail.

Informasi jalan, komplek, ataupun tempat umum seperti restoran, tempat beribadah (masjid, gereja, dan lain-lain), mall, serta lokasi-lokasi lainnya akan ditampilkan di aplikasi ini.

Cara penggunaannya, juga terbilang sangat sederhana sekali, berikut panduannya:

Langkah pertama: Silakan kamu akses halaman Android Device Manager dari Google, baik itu menggunakan HP Android, iPhone, ataupun Laptop/Komputer (PC). Alamat halaman website-nya berikut ini:

https://www.google.com/android/find?hl=id

Langkah ke-dua: Jika halaman situs web tersebut sudah kamu buka, silakan lakukan masuk atau login dengan menggunakan akun Gmail yang sebelumnya kamu pakai di HP yang hilang.

Info penting! Kamu wajib login dengan memakai email yang terhubung di HP yang hilang. Jadi, jika menggunakan gmail yang lain itu 100% tidak bisa, lho!

cara melacak hp hilang dengan email

Langkah ke-tiga: Jika sudah berhasil login dengan menggunakan akun Google tersebut, maka kamu akan melihat lokasi dimana HP kamu berada melalui maps yang ada di ADM.

Kemudian kamu bisa memanfaatkan fitur Deringkan agar ponsel kamu berbunyi selama beberapa menit, dan ini tidak bisa dimatikan melalui HP.

Bukan cuma fitur maps dan dering saja, Android Device Manager alias Find My Device ini juga mempunyai beberapa fitur lainnya yang akan membantu kamu dalam menemukan ataupun mengamankan HP yang hilang.


1.1 Cara Menggunakan Android Device Manager

#1 Cara agar HP yang hilang mengeluarkan suara: Kalau kamu sudah menemukan titik lokasi HP tersebut, silakan datangi lokasinya dan gunakan fitur Dering untuk mendapatkan lokasi aslinya.

Dengan fitur yang satu ini, maka HP kamu akan mengeluarkan suara khusus dengan volume suara yang sangat keras sekali selama kurang lebih 5 menit yang tidak bisa dihentikan lewat HP tersebut.

#2 Cara mengunci HP Android yang hilang sementara waktu: Jika letak posisi HP sudah berhasil kamu temukan dan khawatir data atau file kamu dihapus oleh pencuri, kamu bisa mengunci sementara akses ke HP tersebut.

Caranya mudah sekali, cukup klik saja opsi Kunci perangkat di halaman ADM tadi, maka secara otomatis Smartphone kamu akan terkunci dan data-data kamu akan aman terjaga.

#3 Cara menghapus semua data di hp yang hilang: Jika kamu sudah berusaha, namun HP Android milikmu tidak kunjung kamu temukan, kamu bisa menghapus semua data yang tersimpan di HP tersebut.

Caranya cukup klik saja tombol Hapus data di halaman Find My Device (bahasa Indonesia: Temukan Perangkat Saya). Dengan catatan: HP kamu yang hilang tersebut tidak bisa kamu lacak kembali setelah kamu melakukan hal ini.


2. Melacak hp dengan email melalui Aplikasi Google Maps

cara melacak hp dengan email

Berbeda dengan layanan Find My Device (Android Device Manager) yang notabenya untuk melacak lokasi dalam radius yang dekat, Google Maps ini biasanya digunakan oleh pengguna untuk melacak hp yang hilang dalam radius lokasi atau wilayah yang sangat tinggi.

Sebagai contoh gambaran pelakan HP dengan menggunakan Google Maps, bisa kamu lihat pada video di bawah ini:


Pada kasus ini kamu bisa memanfaatkan fitur Google Maps yang bernama Location History yang mempunyai fungsi dan kegunaan untuk melihat posisi terkini HP kamu yang hilang disaat terkoneksi ke jaringan internet (data seluler maupun wifi).

Cara yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu yang kena musibah kasus begal, copet, jambret, ataupun kejadian-kejadian lainnya.

Perlu kamu ingat! Sebelumnya kamu harus memastikan kalau  fitur Share location atau Bagi lokasi sudah dalam posisi menyala (kamu bisa mengaktifkannya di opsi Options location sharing) supaya teman atau sahabat yang melakukan "Add friends" bisa melacak posisi terakhir HP kamu.

Alhasil, bisa kita simpulkan kalau cara yang satu ini termasuk cara alternatif dari metode yang pertama, ya skuy!


Tips Penting! jika kamu akan mendatangi lokasi HP sebaiknya baca dulu ini

Jika kamu berhasil mendapatkan lokasi akurat dari HP yang hilang, maka kamu harus mendatangi titik lokasi tersebut dan menyalakan fitur Dering yang ada di Android Device Manager.

Ingat, kamu nggak boleh sembarangan langsung mendatangi lokasinya!

Demia keamanan diri kamu, sebaiknya mintalah bantuan setidaknya 2 orang teman kamu atau lebih ke lokasi dimana HP kamu berada. Ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkadang tips yang satu ini sangat sering sekali dilupakan. Padahal ada banyak resiko yang siap menanti kamu jika saja nekat mendatangi lokasi HP yang hilang secara sendirian.

Ingat dan pertimbangkan, siapa tahu HP kamu itu berada di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau maling, begal, copet, dan sebagainya.

Sedia payung sebelum hujan, skuy!


Saya sudah melacak HP dengan email, tapi masih belum ditemukan juga?

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kedua metode di atas bisa bekerja sempurna. Kamu harus memenuhi semua poin di bawah ini, sebagai syarat wajibnya:

#1 HP yang akan kamu lacak harus terhubung ke jaringan internet: Fungsi dan kegunaannya ialah agar HP kamu yang hilang tersebut bisa terhubung ke penyedia layanan aplikasi pelacakan.

Tanpa koneksi internet, maka HP kamu yang hilang tersebut akan terdeteksi oleh sistem "sedang offline", yang mengakibatkan HP tidak dapat update lokasi terbaru-nya.

#2 HP yang hilang harus masih login ke akun Gmail dan pastikan kamu masih dapat mengaksesnya: Semua smartphone Android pasti mempunyai akun Google yang tersambung di dalamnya, kamu wajib mengingat data loginnya (email & password).

Jika kamu memiliki banyak akun gmail dalam HP tersebut, cukup ingat salah satunya saja.

#3 GPS atau fitur lokasi harus menyala di HP yang hilang: GPS (atau kependekan dari Global Positioning System) ini memiliki peran penting dalam mendeteksi dimana posisi HP kamu yang hilang tersebut berada.

Jika saja fitur lokasi ini dalam keadaan mati (nonaktif), kamu tidak akan pernah bisa menemukan atau mendeteksi letak keberadaan alias posisi terkininya, dan hanya bisa menampilkan lokasi terakhirnya saja.

Jika ternyata kamu tidak berhasil memenuhi 3 (tiga) syarat utama tersebut, maka kamu nggak akan bisa melacak posisi HP yang hilang secara akurat. Terlebih jika kamu memakai layanan Android Device Manager.


Apakah ada cara alternatif lain untuk melacak keberadaan HP yang hilang?

Seperti yang sudah admin Ilyasweb singgung di atas, bahwa banyak aplikasi dan layanan yang bisa digunakan untuk mengecek lokasi keberadaan HP yang hilang, salah satunya dengan menggunakan fitur GPS diatas.

Sebenarnya kamu juga bisa melakukan pelacakan dengan menggunakan nomor IMEI smartphone kamu.

Namun untuk melacak HP dengan menggunakan metode IMEI ini, harus lwat persetujuan dari pihak operator terlebih dahulu.

Yang menjadi masalahnya, di negara Indonesia tercinta kita ini masih belum ada sebuah peraturan khusus dimana warga masyarakat biasa seperti kita ini meminta pihak operator seluler untuk melakukan pelacakan via IMEI, alasannya adalah privasi.

Berhubung metode IMEI ini sangat ribet sekali, jadi kita skip saja.

Catatan: Seperti yang saya kutip dari halaman situs detik, pernyataan tersebut diajukan pada tahun 2014 silam. Alhasil, bisa saja informasi tersebut tidak akan relevan saat ini atau di masa yang akan datang.

Ada juga sebagian blog yang memaparkan cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP, yang salah satunya ialah dengan menggunakan layanan pencarian HLR atau Home Location Register.

Lagi dan lagi, jangan sampai kamu salah mengartikannya! Fitur yang satu ini bukan untuk melacak lokasi keberadaan sebuah perangkah atau gadget, tetapi berfungsi untuk mengetahui dimana lokasi pendaftaran kartu SIM.

cara melacak handphone dengan email
Dikutip dari halaman website www.ceebydith.com
Contohnya, ketika posisi HP saya sedang berada di Tangerang. Kemudian saya melakukan pencarian HLR/Lokasi HP di situs ceebydith, maka hasilnya akan terdeteksi di Cianjur, karena kartu SIM dari nomor HP yang saya pakai itu dibuatnya di Cianjur.

Kesimpulannya, dari semua metode pelacakan yang tersedia, hanya 2 metode saja yang bisa kamu gunakan untuk melacak hp hilang secara tepat dan akurat, yakni dengan Android Device Manager dan juga Google Maps.

Kedua cara di atas juga sudah terbukti 100% akurat dan sangat direkomendasikan. Bahkan, situs web besar luar negeri juga sangat menyarankan menggunakan metode tersebut.


Cara mencegah HP hilang di kemudian hari

Jika semua cara sudah kamu lakukan dan kamu sudah pasrah karena HP tidak kunjung kamu temukan, sebaiknya kamu membaca beberapa tips-tips penting di bawah ini sebagai antisipasi terulangnya kejadian kehilangan kedua kalinya.

Beberapa tips ini selalu saya terapkan hingga saat ini, sebagai antisipasi kehilangan hp agar tetap bisa dilacak.

Oiya, tips ini sangat perlu kamu terapkan jika punya rencana untuk membeli smartphone baru.

Tips #1: Pastikan agar koneksi internet data seluler HP kamu selalu aktif (ON), meskipun kamu sedang terkoneksi ke jaringan WiFi. Cek juga masa aktif kartu, sisa kuota internet, dan juga jangkauan sinyalnya.

Tips #2: Catatlah alamat email dan kata sandi akun Google yang sedang kamu gunakan di HP. Agar suatu saat kamu memerlukannya, tinggal login saja. Untuk mengecek data login akun Google, kamu bisa membuka menu Setelan → Akun → Google.

Tips #3: Pastikan GPS/Lokasi harus dalam posisi menyala alias aktif. Untuk mengaktifkannya bisa melalui status bar atas atau via menu Setelan → Lokasi → Aktifkan lokasi (GPS).

Tips #4: Selalu gunakan fitur kunci layar, baik menggunaka pola, kata sandi, ataupun sidik jari (fingerprint). Fungsinya ialah untuk mencegah si pencuri untuk menonaktifkan fitur GPS dan koneksi internet di HP kamu.

4 tips diatas hanya sekedar untuk berjaga-jaga saja, yang terpenting adalah kamu harus lebih berhati-hati dan tetap waspada. Selalu bawa hp kamu jika akan keluar atau jangan sembarangan meletakan HP di tempat yang tidak kamu perhatikan.

Akhir kata...

Demikianlah cara melacak hp yang hilang dengan email yang bisa yang tulis pada artikel kali ini, semoga bisa membantu masalah kehilangan kamu.

Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman dalam menemukan HP yang hilang, silakan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Cara Melacak HP Hilang Dengan Email [100% Berhasil]"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel