Top Label

10 Aplikasi Untuk Menyimpan Video dan Foto Dari Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media yang sedang booming dab populer akhir-akhir ini. IG banyak diminati oleh semu kalangan, mulai dari artis, selebriti, pelaku bisni, pelajar, dan lain-lain.

Buat para pengguna baru mengenal Instagram mungkin akan kebingungan saat ingin menyimpan video atau foto yang diupload oleh pengguna lain.

Benar sekali, karena sampai saat ini Instagram belum menyediakan fitur atau layanan untuk mengunduh ataupun menyimpan foto dan video, sama halnya dengan platform streaming video raksasa YouTube yang juga tidak menyediakan tombol download.

Tenang, buat kamu yang menggunakan smartphone basis Android, Ilyasweb akan memberikan tutorial yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan video atau foto dari Instagram.

Nah, untuk bisa download video di Instagram, kamu harus menginstal aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store.

Pengen tau aplikasi apa yang bisa digunakan untuk save video Instagram tersebut? Yuk, simak review lengkapnya berikut ini.


10 Aplikasi Penyimpan Foto & Video Instagram

Berdasarkan penulusuran yang saya lakukan beberapa hari yang lalu, ada beberapa aplikasi download foto instagram yang terbukti berfungsi 100%.

Okeh, berikut ini ada aplikasi-aplikasi dari Playstore yang bisa kamu manfaatkan untuk save foto ataupun video apa saja dari IG.

1. QuickSave for Instagram


Aplikasi untuk menyimpan video dari instagram yang pertama ini bernama QuickSave for Instagram.

Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh developers DStudio yang ditawarkan secara gratis untuk semua pengguna Instagram yang ingin menyimpan foto ataupun video dari aplikasi Instagram.

Dengan bantuan aplikasi yang satu ini, kamu nggak perlu bingung lagi dalam urusan menyimpan foto maupun video yang kamu inginkan di IG.

Hanya dengan 3 langkah saja, kamu sudah bisa menyimpan foto atau video yang kamu inginkan di instagram ke galeri HP Android milikmu.

Cukup salin dan paste tautan, lalu kamu bisa tinggal klik download saja, maka foto atau video tersebut akan langsung terunduh sesuai dengan yang kamu harapkan.

Baca Juga:

2. Saver Reposter for Instagram

Aplikasi yang kedua ini adalah salah satu apps yang bisa kamu manfaat untuk menyalin (copy paste) postingan dan hashtag orang lain, juga bisa mendownload foto dan juga video yang ada di Instagram.

Dengan sekali klik aja, kamu sudah dapat menyimpan berbagai macam video dan foto yang diunggah di Instagram oleh pengguna lainnya.

Kamu bisa menyimpan foto dari Instagram ke galeri ponsel pintar kamu dengan hanya memanfaatkan aplikasi ini. Buat kamu yang sukan pamer sosial media (pansos), kamu juga bisa nge-share foto tersebut ke sosial media lain, lho!

3. InstaSaver


Nggak ada perbedaan yang signifikan dengan aplikasi yang sebelumnya, InstaSaver juga mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama.

Aplikasi ini bisa di-install secara gratis untuk semua pengguna ig yang ingin menyimpan video atau foto apa saja dari aplikasi Instagram.

Kamu hanya perlu menyalin dan menempelkan URL video atau foto, maka kamu bisa langsung mengunduh foto-foto atau video tersebut ke galeri smartphone milikmu.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang simpel dan sederhana, jadi sangat mudah sekali untuk digunakan serta tidak akan membuat smartphone kamu berat, lho!

Bagaimana, penasaran juga ingin mencoba aplikasi InstaSaver? Install aja sekarang!


4. Video Downloader

aplikasi download video di ig
Aplikasi selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk menyimpan file dari Instagram adalah sebuah apps video downloader yang dikembangkan oleh InShot Inc.

Aplikasi yang satu sangat mudah sekali dioperasikan. Oiya, dengan aplikasi ini kamu tidak hanya bisa mengunduh foto ataupun video dari Instagram saja, kamu juga bisa mengunduh instastory orang lain, lho!

Cara penggunaan:
  1. Pertama, silakan kamu buka aplikasi Instagram, dan copy URL dariu foto atau video yang akan kamu download.
  2. Kemudian tempelkan (paste) URL tautan tersebut di Video Downloader.
  3. Untuk mengunduh berkas tersebut, silakan klik tombol Download saja.

5. Video Downloader for Instagram

aplikasi download video di instagram
Pada nomor lima ini ada aplikasi yang sangat saya rekomendasikan buat kalian, yaitu Video Downloader for Instagram. Apps yang satu ini dikembangkan oleh Linterna Apps dan sudah berhasil diintall oleh jutaan pengguna Instagram di dunia.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah, kamu nggak perlu repot-repot untuk membuka aplikasi tersebut untuk mendownload foto ataupun video, sebab link download-nya sudah tampil secara otomatis ketika kamu membuka video atau foto di Instagram.

Intinya, kamu cukup buka saja foto yang ada di IG, lalu kamu bisa menyimpannya langsung tanpa harus menyalin dan menempel tautannya.

Bagaimana, sangat simpel sekali bukan? Kamu bisa menginstal aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.

6. InstaSave – Unduh Foto dan Video

apps download video instagram
Tidak hanya downloader di atas saja, kamu juga dapat menggunakan aplikasi InstaSave yang diciptakan oleh Meepo Developers.

Berkat aplikasi ini kamu bisa mengunduh foto, video dan juga IGTV dari Instagram secara cepat dan mudah. Kamu tidak harus login ataupun membuat akun di aplikasi ini, cukup salin tautan dan pastekan tautannya di aplikasi tersebut.

Maka foto, video ataupun IGTV akan secara otomatis tersimpan ke galeri smartphone Android yang kamu miliki.

Cara menggunakan aplikasi InstaSave:
  1. Instal dulu aplikasi InstaSave di Google Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasi Instagram, lalu salin tautan dari postingan yang akan kamu simpan foto atau videonya.
  3. Masuk ke aplikasi InstaSave, lalu pastekan URL postingannya di kolom yang sudah disediakan, kemudian klik tombol Unduh.
  4. Terakhir, kamu cukup menunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.

7. Foto & Video Downloader Instagram

aplikasi untuk download video ig
Buat kamu yang nggak mau ribet saat mengunduh foto ataupun video di Instagram, kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi ini menyediakan 2 (dua) opsi yang bisa kamu lakukan untuk proses pengunduhan, yakni dengan fitur share link dan juga copy link.

Sama dengan aplikasi sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi ini kamu juga tidak diharuskan untuk membuat akun dan login terlebih dahulu.

Untuk panduan download foto atau video ig dengan aplikasi ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Share link (Bagikan tautan):
  1. Buka aplikasi IG, kemudian kamu klik opsi Share link atau Bagikan tautan pada foto ataupun video yang akan diunduh.
  2. Klik InstaTake Downloader, lalu kamu tunggu beberapa detik. Maka file tersebut akan langsung terunduh ke galeri HP kamu.

Copy link (Salin tautan):
  1. Buka aplikasi IG, kemudian kamu klik opsi Copy link atau Salin tautan pada foto ataupun video yang akan kamu unduh.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Foto & Video Downloader, lalu kamu pastekan tautan yang sudah kamu salin tadi. Maka file (foto atau video) tersebut akan secara otomatis terunduh ke galeri HP kamu.


8. Pengunduh Video Instagram

aplikasi penyimpan video instagram
Di posisi delapan ada aplikasi Pengunduh Video Instagram yang didesain secara khusus oleh developer 302 Lock Screen.

Aplikasi memiliki fungsi yang sangat portable, mulai dari untuk mengunduh foto, video, hingga IGTV sekalipun.

Uniknya, kamu bisa mengatur notifikasi alias pemberitahuan ketika pengunduhan telah berhasil, download otomatis, dan juga bisa setting folder penyimpanannya.

Bukan hanya itu, tampilan antarmuka pengguna dari aplikasi ini juga sangat menarik, sehingga akan sangat memanjakan pandangan kamu saat menggunakannya, lho!

Cara menggunakan aplikasi:
  1. Install terlebih dahulu aplikasi Pengunduh Video Instagram.
  2. Kemudian buka aplikasinya, juga aplikasi Instagram kamu.
  3. Silakan tentukan video atau foto yang akan di download, lalu salin URL tautan-nya.
  4. Tempel tautan tersebut pada kolom yang tersedia di aplikasi.
  5. klik Periksa URL, kemudian kamu klik tombol download untuk memulai unduhan.
  6. Selesai.

9. InstaSave Photo & Video

InstaSave Photo and Video

InstaSave Photo and Video adalah salah satu aplikasi untuk save video dan juga foto instagram yang dibuat oleh developers RobertApp. Kamu akan sangat mudah sekali menyimpan foto ataupun video dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

Nggak perlu login, juga tidak harus membuat akun terlebih dahulu di aplikasi yang satu ini. Cukup salin dan tempel URL tautan dari postingan yang akan kamu simpan foto ataupun videonya.

Penasaran? Kamu bisa langsung menginstal aplikasi ini di Google Play Store, gratis kok!


10. FastSave for Instagram

fast save instagram photos
Sesuai dengan namanya, FastSave untuk Instagram ini diklaim mampu menyimpan foto dan video dari IG dengan cepat dan mudah.

Sebagai track record atau buktinya, aplikasi ini sudah diinstall oleh lebih dari 10 juta pengguna Android, lho!

Tidak melulu soal download saja, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang nggak kalah menariknya, seperti fitur repost foto (posting ulang), menghapus foto, dan juga bisa menyembunyikan (hidden) folder foto, gengs!

Cara menggunakan aplikasi FastSave:
  1. Buka Instagram, kemudian pilih video atau foto yang akan kamu unduh.
  2. Klik salin atau bagikan tautan.
  3. Tunggu beberapa detik sampai file tersebut terunduh.
  4. Selesai.


Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram

Untuk finishing, admin Ilyasweb akan membagikan cara menyimpan video dari Instagram (termasuk foto juga) di HP Android. Di sini saya lebih menyukai aplikasi yang bernama Downloader for Instagram.

Pasalnya, aplikasi yang satu sangat mudah sekali digunakan dan sudah sangat populer juga. Cukup copy paste URL postingan foto atau video, lalu klik tombol Download saja. Maka dengan otomatis foto dan video tersebut akan tersimpan di galeri smartphone kamu.

  1. Install aplikasi Downloader for Instagram terlebih dahulu di Playstore.
  2. Buka aplikasi Instagram, kemudian cari postingan foto atau video yang akan kamu download, lalu klik saja ikon tiga titik yang ada dibagian kanan atas postingan tersebut.
  3. Klik opsi Salin URL.
  4. Selanjutnya, buka aplikasi Downloader for Instagram, kemudian tempel URL-nya pada kolom yang ada, lalu klik Download.
  5. Selesai, sekarang kamu bisa melihat hasilnya di aplikasi Gallery HP Android kamu.


Akhir kata

Demikianlah 10 (sepuluh) aplikasi untuk menyimpan video dari instagram (termasuk foto dan IGTV) yang bisa yang bagikan pada kesempatan kali ini. Aplikasi di atas hanya mendukung smartphone Android saja, buat pengguna iPhone (iOS) bisa menunggu artikel selanjutnya dari Ilyasweb.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat dan membantu, silakan bagikan ke teman-teman kamu di sosial media yang kamu miliki, baik Facebook, WhatsApp, dan lain-lain, agar teman kamu juga tahu cara ini!

Semoga membantu dan selamat mencoba!
#Instagram#Software Android#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 12 Mei 2020 Last Updated 2020-05-12T16:23:12Z