Top Label

12+ Aplikasi Untuk Download Lagu MP3 di HP Android

Kamu termasuk salah seorang yang suka banget dengerin lagu-lagu favorit melalui aplikasi streaming di Android? Ya, berhubung sekarang banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk dengerin musik secara gratis di HP, seperti Spotify, YouTube MP3, Pandrora, dan lain-lain.

Namun, terkadang kita juga ingin melakukan hal yang lebih dari sekedar streaming musik gratis kan? Misalnya, kita ingin menyimpan lagu-lagu yang kita suka ke smartphone android, agar bisa didengarkan kembali tanpa harus menguras kuota internet.

Yups, dengan kamu mendownload lagu tersebut, kamu bisa mendengarkannya kembali kapanpun dan dimanapun kamu berada walaupun tidak terhubung ke jaringan internet sekalipun.

Nah, setelah Ilyasweb melakukan penelusuran, ternyata ada beberapa aplikasi untuk download lagu yang bisa kamu gunakan di perangkat Android, lho!

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu jadikan sebagai solusi untuk mengunduh lagu yang paling kamu suka. Enaknya lagi, aplikasi tersebut bisa kamu download dan install secara gratis di Google Play Store, lho!

Perlu kamu ingat, bahwasanya lagu-lagu gratis yang biasa kamu download secara gratis tersebut tidak memiliki izin hak cipta dari pemiliknya maupun dari distributor lagi itu. Intinya, kebanyakan lagu yang kamu download itu ilegal!

Oleh sebab itulah, pastikan terlebih dahulu kalau lagu yang akan kamu unduh memiliki hak cipta atau label Creative Commons (CC) atau izin setara Copyleft.

Nah, buat kamu yang sudah nggak sabar ingin mengunduh lagu-lagu kesayangan kamu, berikut ini beberapa daftar aplikasi untuk download lagu mp3 yang bisa kamu lakukan di HP Android.


12 Aplikasi Untuk Download Lagu MP3 Gratis

aplikasi untuk download lagu

1. IndiHome Music

aplikasi pengunduh lagu

Aplikasi untuk download lagu yang pertama ini tentunya menawarkan beberapa kemudahan akses untuk semua pengguna android, baik untuk streaming lagu maupun download lagu secara legal.

Pada aplikasi IndiHome Mudic ini terdapat 2 (dua) juta lagu terbaru dan lagu lawas (legendaris) yang bisa kamu dengarkan secara streaming maupun unduhan.

Kualitas lagu yang ditawarkan juga sangat bagus, yakni setara dengan kualitas mp3 pada kaset CD atau VCD original-nya, lho!

Bukan hanya itu saja, Indihome Music juga menawarkan fitur Mobile Karaoke, yang memungkinkan kamu untuk karaoke-an lagu-lagu favorit kamu dimanapun dan kapanpun kamu mau

Oiya, karaoke di aplikasi ini juga akan sangat mudah sekali kamu lakukan, sebab IndiHome Music sudah menyediakan fitur lirik juga, skuy!

Tampilan dari aplikasi ini juga dirancang sesederhana mungkin dan user friendly agar pengguna bisa dengan mudah mengakses lagu kesukaannya tanpa ribet.

Jika kamu ingin mencobanya, aplikasi ini bisa kamu install secara gratis lho di Google Play Store.

2. Spotify

aplikasi buat download lagu

Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi Spotify? Yups, aplikasi yang satu ini baru saja diresmikan kehadirannya di tanah air Indonesia, lho!

Hadirnya aplikasi ini disambut dengan penuh gembira oleh para pengguna smartphone android di Indonesia, skuy!

Pasalnya, aplikasi Spotify ini menawarkan streaming musik mp3 yang sudah mendunia di berbagai negara.

Bukan hanya itu, Spotify juga menyajikan lagu-lagu terbaru dan terpopuler. Pokoknya, update terus!

Sejatinya, aplikasi Spotify ini adalah aplikasi untuk streaming musik online via android, namun jika saja kamu berlangganan Sotify Premium, maka kamu juga bisa mendownload lagu favorit kamu, lho!

Biaya untuk upgrade ke Spotify Premium juga terbilang sangat murah dan terjangkau sekali, yakni kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp50.000 saja setiap bulannya.

Dengan layanan VIP ini, kamu bisa mengunduh lagu-lagu terpopuler ataupun terbaru dengan mudah, cepat dan tentunya 100% legal, ya!

Okeh, buat yang ingin mencoba aplikasi yang satu ini, kamu bisa install Spotify secara langsung di Google Playstore secara gratis.

3. JOOX Music

cara download lagu

Baru saja kita membahas aplikasi Spotify, dan kali ini ada juga lho aplikasi yang menjadi pesaingnya yakni aplikasi JOOX Music.

Sama seperti kompetitornya, JOOX Music juga menawarkan fasilitas untuk kamu yang suka dengerin lagu lewat streaming ataupun mendownload lagu agar bisa didengarkan secara offline tanpa data internet sekalipun.

Yaitu tadi, untuk bisa menikmati fasilitas download lagu di JOOX Music, kamu harus berlangganan JOOX VIP dulu, ya!

Tarif berlangganan VIP di aplikasi JOOX juga terbilang sangat murah sekali jika dibandingkan dengan Spotify, serta ada beberapa pilihan paketnya juga, lho!

Beberapa pilihan paket berlangganan JOOX VIP, diantaranya adalah :

  • VIP 1 minggu → 25.000
  • VIP 1 bulan → 49.000
  • VIP 3 bulan → 139.000
  • VIP 6 bulan → 259.000
  • dan VIP 1 tahun → 509.000.

Bukan itu saja, dengan kamu berlangganan paket VIP yang mana saja, akmu bisa streaming lagu dengan kualitas terbaik, bisa putar lagu secara bebas tanpa random juga.

Baiklah, untuk mencoba aplikasi yang satu ini, silakan kamu download aplikasinya di Playstore.

4. Mp3 Music Downloader & Free Music Download

aplikasi download lagu mp3 gratis

Aplikasi mendonlot lagu berikutnya yang paling saya rekomendasikan adalah MP3 Music Downloader dimana konsep aplikasi dan user experience-nya mirip sekali dengan aplikasi Spotify dan juga JOOX, lho!

Dengan apk download lagu yang satu ini, kamu bisa streaming musik sesuka hati kamu secara online. Yang menariknya, setelah kamu memutar lagu ini secara online, kamu juga akan ditawarkan untuk mendonwload lagu tersebut ke hp android kamu secara gratis.

Tidak ada biaya biaya berlangganan untuk streaming dan download lagu di aplikasi nomor empat ini. Hanya saja, di aplikasinya banyak sekali iklan-iklan yang bertebaran (maklum aplikasi gratisan, guys).

Tunggu apalagi? Yuk, install aplikasinya sekarang juga!


5. Download Mp3 Music

download lagu gratis

Download lagu langsung save, mungkin itukah prinsip yang paling kamu sukai? Tenang, dengan aplikasi ini kamu nggak perlu repot-repot lagi untuk mengunduh lagu, skuy!

Para Developers di Google Play Store kini berlomba-lomba menawarkan aplikasi untuk download lagu secara cepat, mudah dan juga gratis.

Salah satu dari jutaan aplikasi tersebut adalah Download MP3 Music. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyajikan berbagai lagu-lagu populer dan terbaru secara up-to-date, lho!

Soal kualitas, kamu nggak perlu khawatir. Pasalnya, aplikasi ini sudah berani menjamin kalau lagu yang disajikan tersebut memiliki kualitas HD yang akan memanjakan kamu.

Nggak sabar ingin download lagu favorit kamu? Kenapa harus bingung, install saja langsung aplikasi ini di Play Store.

6. SONGily

download lagu langsung save

Belum banyak pengguna HP Android yang tahu dengan aplikasi ini, lho! Songily merupakan salah satu aplikasi pengunduh lagu yang memiliki desain sederhana.

Namun, berkat tampilan antarmukanya yang sederhana itulah yang menjadikan aplikasi ini mendapatkan review dan penilaian yang bagus dari para penggunanya.

Bukan hanya itu, kapasitas memori penyimpanan internal untuk memasang aplikasi ini juga terbilang sangat kecil sekali, lho!

Pasalnya, aplikasi SONGily ini hanya memiliki ukuran file sebesar 3,8 MB saja. Kamu bisa mencoba aplikasi download lagu offline ini secara gratis di Google Play Store.

Sebagai bukti kalau aplikasi ini sangat wort it, di halaman landing Google Play Store-nya aplikasi ini sudah berhasil mendapatkan ulasan dari pengunanya dengan skor 4,1 bintang, lho!


7. 4shared

apk download lagu

Siapa di sini yang nggak kenal dengan aplikasi legenda yang satu ini? Ya, 4shared namanya.

Selain bisa kamu gunakan untuk mendownload video, gambar dan juga dokumen lainnya, 4shared juga bisa kamu manfaatkan sebagai aplikasi pengunduh lagu mp3 gratis, lho!

Cara download lagu mp3 gratis di 4shared juga terbilang sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi 4SHARED ini di Playstore.

Selanjutnya, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu atau bisa langsung login dengan menggunakan akun Google atau Facebook kamu.

Stelah berhasil login, kamu langsung cari lagu yang kamu sukai, kemudian klik saja tombol Download untuk menyimpannya ke hp android kamu.

Di 4shared, lagu apapun bisa kamu unduh secara gratis, tanpa harus mengeluarkan uang ataupun pulsa demi membeli paket berlangganan VIP, nggak perlu!

8. RockMyRun

download lagu

Jika kamu sedang kebingungan mencari aplikasi buat download lagu dengan mudah untuk kamu dengarkan secara offline nantinya, mungkin RockMyRun adalah aplikasi yang tepat untukmu!

RockMyRun adalah aplikasi yang menyediakan fitur playlist dari beberapa soundtrack dan juga DJ secara random alias acak.

Aplikasi yang satu ini cocok sekali buat kamu yang suka dengerin lagu saat sedang beraktivitas, seperti halnya berolahraga ataupun senam.

Uniknya, kamu bisa menyesuaikan tingkat daripada BPM musik yang sedang kamu putar dengan detak jantung kamu sendiri, lho!

Oiya, RockMyRun juga menawarkan fitur filter playlist jika kamu hanya ingin menampilakan lagu ataupun soundtrack yang terbaik saja untuk kamu dengarkan sambil berolahraga.

Ada juga fitur myBEAT yang diklaim mampu merubah lagu secara otomatis menyesuaikan keadaan alias kondisi kamu saat itu.

Dan tersedia juga beragam playlist lagu dari DJ-DJ terpopuler yang akan selalu siap menemani momen olahraga kamu setiap harinya agar lebih semangat dan bahagia selalu.

Nggak usah panjang lebar, kamu bisa membuktikannya sendiri. Yuk, unduh aplikasinya di Google Play Store. Tenang, gratis kok!


9. Google Play Music

aplikasi download mp3

Pada posisi nomor #9 ini ada aplikasi resmi buatan Google nih, namanya tidak lain adalah Google Play Music.

Hingga saat ini, aplikasi Play Music ini merupakan aplikasi yang paling bisa diandalkan dalam urusan mendownload lagu favoritmu di HP Android, lho!

Sedikit review saja, aplikasi yang satu ini hampir mirip sekali dengan iTunes kepunyaan si Apple itu, hehe.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa meng-upload lagu atau musk ciptaan kamu sendiri untuk bisa didengarkan oleh para pengguna android lainnya, lho!

Saat ini, Google Play Music ini sudah menyediakan akses dari 50 juta lagu di dunia, termasuk lagu populer Indonesia juga!

Aplikasi yang ditawarkan langsung oleh perusahaan raksasa Google ini sudah berhasil diinstall oleh lebih dari 6 juta pengguna smartphone android, lho!

Tidak sedikit juga para pengguna yang memberikan ulasan 5 bintang dengan testimoni yang bagus. Mereka merasa sangat puas sekali dengan kehadiran aplikasi yang satu ini.

10. Advanced Download Manager

aplikasi pendownload lagu

Bosan harus download lagu satu persatu? Nah, aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengunduh 3 (tiga) lagu sekaligus, lho!

Aplikasi Advance Download Manager ini juga akan memberi settingan yang berbeda-beda pada setiap lagu mp3 ataupun video klip MP4 yang kamu unduh.

Kamu juga bisa menyetting kecepatan dowload, yang tentu saja tidak akan menghabiskan bandwith yang berlebihan.

Pengaturan kecepatan pengunduhan ini juga akan sangat jarang kamu temukan di aplikasi-aplikasi lainnya, dan Advance Download Manager ternyata memiliki fitur tersebut.

Ketika kamu tengah mendonlot lagu menggunakan aplikasi ini, maka menu status bar hp kamu akan menampilkan proses pengunduhannya.

Jadi, disaat lagu sudah berhasil terunduh, kamu akan mendapatkan notifikasi yang berupa getaran dan juga nada.

Sejatinya seluruh file ataupun lagu yang kamu unduh dengan menggunakan Advance Download Manager akan tersimpan secara otomatis di memori ekstrenal ponsel kamu.

Aplikasi yang diciptakan oleh DimonVideo Developers ini juga sudah berhasil diinstall oleh 50 juta pengguna, lho!

Kamu ingin mencobanya juga? Silakan saja install aplikasi ini di Google Play Store secara gratis.


11. Anghami

aplikasi lagu

Jika aplikasi pengunduh lagu yang menawarkan musik-musik internasional mungkin sudah mainstream, iya kan?

Nah, aplikasi nomor #11 ini berbeda dari yang lainnya. Pasalnya, aplikasi ini hanya menyediakan lagu khusus dari Timur Tengah saja.

Intinya, aplikasi Anghami ini didesain secara khusus buat pengguna Android yang suka banget dengan lagu-lagu negeri kurma dan onta alias Arab.

Nggak cuman lagu yang notabenya bahasa arab sajam Anghami ternyata juga menawarkan berbagai jenis lagu mp3 internasional, lho!

Oiya, menurut rumor yang saya dengar, aplikasi ini sudah dibekali dengan fitur audio besutan Dolby yang diklaim akan mampu memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya saat mendengarkan musik (dermus).

Berkat aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah sekali untuk membuat daftar putar lagu favorit kamu dan kemudian bisa mendengarkannya kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Aplikasi ini tidak digratiskan, untuk menjadi pengguna Anghami, kamu diharuskan untuk membayar biaya bulanan sebesar 0.99$ (sekitar 15ribu rupiah) per bulannya untuk bisa mendownload 20 lagu.

Atau cukup mengeluarkan dana 4.99$ per bulan untuk bisa mengunduh musik sepuasnya (unlimited). Jika ingin jangka waktu yang lama dan puas, kamu bisa membeli paket langganan 59.99 dollars per 15 bulan untuk download lagu unlimited semau kamu.

Tenang, aplikasi ini sudah terpercaya, kok! Buktinya, aplikasi sudah terunduh lebih dari 50 juta kali oleh pengguna android di belahan dunia.

Satu lagi, di aplikasi ini kamu juga bisa membagikan playlist (daftar putar) lagu kamu melalui WhatsApp, Twitter, Instagram dan juga Facebook.

Biar nggak penasaran, yuk install aplikasinya sekarang juga! Biar antum-antum pada afdol, wkwk.


12. Mp3 Music Download

aplikasi mendonlot lagu

Aplikasi yang terakhir ini juga menawarkan berbagai macam lagu dari genre-genre musik terkemuka, pokoknya sangat lengkap sekali koleksinya!

Yang lebih menarik dari aplikasi MP3 Musik Download ini adalah memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mendownload lagu yang mereka sukai dengan 1 (satu) klik saja.

Kamu juga bisa melakukan pencarian lagu yang kamu sukai dengan mudah, baik mencarinya berdasarkan artist, judul lagu, maupun dari genre musik-nya.

Belum selesai, ada yang lebih menarik dari aplikasi Mp3 Musik Downloader ini, yaitu fitur Ringtone Maker.

Yups, kamu bisa menyulap salah satu lagu dari aplikasi tersebut untuk dijadikan nada dering di hp android kamu tanpa ribet!


Demikianlah beberapa aplikasi untuk download lagu yang bisa Ilyasweb share pada kesempatan ini, aplikasi pengunduh lagu tersebut bisa kamu jadikan sebagai solusi terbaik untuk menyimpan lagu favorit kamu ke smartphone kesayangan-mu.

Semoga membantu dan selamat mencoba!
#Software Android#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 6 Mei 2020 Last Updated 2020-05-05T19:20:50Z