Top Label

Apa itu Fastboot pada HP Android Xiaomi? Inilah Arti dan Fungsinya!



Arti fastboot – Para pengguna ponsel pintar Android yang mengalami masalah error atau ingin melakukan upgrade ataupun downgrade sistem operasi pada smartphone, biasanya menggunakan fastboot.

arti fastboot

Akan tetapi, sampai saat ini masih ada banyak sekali pengguna HP Android yang belum tahu apa itu fastboot? Sedikit ulasan dari Ilyasweb, Fastboot adalah sebuah jalur protokol yang dapat kamu gunakan untuk melakukan install ulang partisi (flash) pada smartphone atau tablet Android.

Nah, tool fastboot ini biasanya hadir dengan sistem Android SDK (Software Development Kit) yang tidak lain merupakan jalur alternatif lain dari mode recovery untuk melakukan proses pembaharuan dan juga instalasi sistem.

Sejatinya, fastboot tools ini bisa kamu gunakan untuk memodifikasi file-file sistem yang terdapat pada OS Android ketika ponsel tersebut sedang dalam bootloader mode.

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua smartphone android atau tablet memiliki mode fastboot yang bisa diakses secara langsung oleh pengguna, lho!

Akan tetapi, untuk smartphone Nexus yang merupakan produk besutan dari Google ini sudah menyematkan fitur fastboot mode dan sudah langsung aktif secara default (bawaan).

Sedangkan pada beberapa merk smartphone/tablet yang lainnya, mode fastboot ini harus diaktifkan secara manual oleh pengguna. Tentunya oleh pengguna yang sudah mengaktifkan opsi pengembang atau biasa disebut Developer Android Independen.


Dengan fastboot ini, kamu bisa melakukan modifikasi pada file system image android melalui komputer atau laptop yang sudah dihubungkan ke smartphone dengan menggunakan kabel USB.

Mode fastboot ini juga berfungsi sebagai wadah untuk melakukan update firmware atau custom ROM secara cepat dan mudah tanpa harus memakai recovery mode.

Di tempat saya sendiri, fastboot ini lebih banyak digunakan untuk flashing custom recovery. Ya, salah satunya ialah dengan menggunakan ClockworkMod alias Fastboot yang ada di smartphone Xiaomi, gengs!

Jadi, berhubung tidak semua smartphone Android mempunyai mode fastboot, maka jika kamu ingin mencoba menggunakan mode ini, silakan pastikan terlebih dahulu apakah HP Android kamu sudah memiliki tool fastboot atau belum?
#Edukasi#Xiaomi
Muhamad Ilyas 25 Mei 2020 Last Updated 2020-05-24T19:25:11Z