Top Label

1GB Berapa MB Sih? Cari Tahu Cara Konversi Kuota Internetmu Di Sini

Jika kita sedang asyik bicara soal seputar jaringan internet provider seluler, tentunya topik pembicaraannya tidak akan jauh dari jumlah kuota dan juga kecepatan akses internetnya (speed).

1 giga berapa mb

Untuk sekarang ini, internet sudah termasuk salah satu kebutuhan yang mendasar bagi sebagian besar orang dalam menunjang kebutuhannya, baik dalam hal komunikasi, jual beli, bisnis, dan lain-lain.

Internet sangat membantu penggunanya dalam melakukan aktivitas apa saja setiap harinya.

Saking banyaknya pengguna internet yang hadir dari berbagai kalangan masyarakat, yang berhasil memunculkan sebuah budaya baru di warga masyarakat tersebut.

Semua budaya dan aktivitas masyarakat yang biasanya dikerjakan secara offline, kini sudah mulai beralih ke online secara perlahan.

Sebagai contoh besarnya, sekarang sudah banyak masyarakat yang mulai meninggalkan berbelanja secara offline (bertemu langsung dengan penjual), dan mulai memanfaatkan teknologi internet untuk media shopping, yang notabenya si penjual dan pembeli tidak bertemu atau bertatap muka langsung.

Yang sangat disayangkan, perubahan ini terkadang tidak seimbang dengan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang memang masih belum paham (awam *maaf) mengenai berbagai hal dan juga istilah yang mendasar tentang internet itu sendiri.

Misalnya, sekarang semua provider kartu seluler (Indosat, Telkomsel, XL, Smartfren, 3, dan lain-lain) itu menawarkan berbagai paket internet yang dikemas dengan sistem kuota GB-GBan, sedangkan rinciannya memakai satuan MB.

Oleh sebab itulah, banyak sekali masyarakat yang kebingungan dengan cara konversi detail kuota internet yang mereka miliki.

1 giga berapa mb? 1 mb berapa kb? 1000 mb berapa gb? 100 mb berapa gb? 1 gb sama dengan berapa mb? 1 gb berapa kb? Pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman Ilyasweb.


Nggak jauh berbeda dengan kecepatan internet yang notabenya sama-sama menggunakan satuan bit dan juga byte (kalau di Indonesia lebih dikenal dengan bita). Kedua satuan ini adalah satuan yang paling umum digunakan untuk mengukur data dalam sistem komputasi.

Bit (atau yang biasa disingkat dengan huruf b kecil) adalah kependekan dari istilah binary digit (digit biner) yang merupakan satuan paling kecil dalam data komputasi.

Sedangkan Bita (atau yang biasa disingkat dengan huruf B kapital/besar) merupakan kumpulan dari satuan 8 bit, atau bisa diartikan 1 b = 8 B.

Sangat berbeda juga dengan penggunaan tingkatan dalam ilmu matematika pada kebanyakannya, bit dan juga Bita mempunyai sebuah tingkat konversi yang berbeda.

Sejatinya, konversi matematika dalam satuan berat seperti 1 Kg itu hitungannya sama dengan 1000 gram, sedangkan dalam satuan konversi komputer 1 KB itu sama dengan 1024 B. Intinya lebih 24, skuy!

Pasalnya, karena memakai bilangan biner di dalam sistemnya, konversi satuan dalam data komputerisasi itu mempunyai kelipatan 2 pangkat n x 10. Contohnya, 1 KB itu akan sama dengan 2 pangkat 1 x 10, yang mana jika kamu hitung maka hasilnya akan menjadi 1024 B.

Berikut di bawah adalah beberapa konversi data yang ada di dalam sistem komputer. Silakan perhatikan tabel di bawah ini :

 1 YB (Yottabyte) 1024 ZB (Zettabyte)
 1 ZB (Zettabyte) 1024 EB (Eksabyte)
 1 EB (Eksabyte) 1024 PB (Petabyte)
 1 PB (Petabyte) 1024 TB (Terabyte)
 1 TB (Terabyte) 1024 GB (Gigabyte)
 1 GB (Gigabyte) 1024 MB (Megabyte)
 1 MB (Megabyte) 1024 KB (Kilobyte)
 1 KB (Kilobyte) 1024 B (Byte)


Nah itulah sedikit pengetahuan mengenai satuan-satuan yang dipakai dalam penggunaan data pada sistem komputer (komputasi). Semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan dari teman-teman Ilyasweb.

Penggunaan satuan data komputasi ini juga berlaku di memori penyimpanan (baik internal maupun eksternal), kuota internet, atau kecepatan koneksi internet, dan yang lainnya.
#Komputer#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 19 Mei 2020 Last Updated 2020-05-18T17:55:32Z
Komentar

Tampilkan