-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Paket Unlimited Indosat, Apakah Unlimited YouTube Indosat Bohong?

Salah satu teman saya bertanya apakah unlimited YouTube Indosat itu bohong? Untuk menjawabnya, saya akan mengulas dan mereview paket unlimited Indosat ini!

paket unlimited indosat

Mungkin kamu juga akan sepakat, kalau kebutuhan kuota data dan paket internet itu merupakan hal yang wajib saat menggunakan smartphone sehari-hari.

Jika kita membahas soal kuota internet yang terjangkau dan gratis, kartu Indosat memiliki keduanya dalam 1 paket saja.

Ya, paket tersebut tidak lain adalah Unlimited YouTube, Chat, SosMed.

Dengan membeli paket yang satu ini, kamu dapat menikmati akses tanpa batas (unlimited) ke aplikasi YouTube dan juga 10 aplikasi sosial media populer lainnya.

Sepuluh aplikasi populer yang bisa kamu nikmati secara gratis diantaranya ialah WhatsApp, Facebook, Go-Jek, Line, Mesenger, iFlix, Grab, BlackBerry Mesenger, Twitter, dan juga Spotify.


Bahkan, pada paket Unlimited + 7GB kini sudah ditambahkan dengan akses gratis ke aplikasi Instagram, lho!

Yang sering menjadi pertanyaannya, apakah benar semua aplikasi-aplikasi tersebut bisa diakses sepuasnya secara gratis?

Ternyata oh ternyata TIDAK SEPUASNYA! baik itu dalam segi kuota datanya maupun dari kecepatan internetnya.

Perlu kamu ketahui, kalau Indosat Ooredoo telah menerapkan batasan tertentu kepada pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut.


Batasan pemakaian ini sering disebut dengan istilah Fair Usage Policy (FUP) atau bisa kita artikan dengan batas pemakaian wajar.

Indosat ini sudah sejak lama menerapkan batas pemakaian wajar harian dan juga bulanan bagi semua pengguanya untuk mengakses Unlimited Apps dan YouTube di paket Unlimited tersebut.

Pada ketentuan Indosat (lihat di aplikasi MyIM3), bahwa pihak Indosat berhak melakukan penyesuaian terhadap kecepatan internet penggunanya jika sudah mencapai ambang Batas Pemakaian Wajar tanpa harus memberitahukannya terlebih dahulu.

Indosat menjelaskan, hal ini dilakukan pihaknya demi menjadi kualitas layanan paket Unlimited bagi pelanggan yang lainnya.


FUP ini hanya diberlakukan pada pemakaian Unlimited Apps saja, dan tidak terhitung dari pemakaian kuota utama, ya!

Kesimpulannya, jika kamu masih memiliki kuota utama dan digunakan untuk membuka aplikasi apa saja, maka kecepatan internetnya akan tetap stabil, tidak akan dibatasi !!

Lantas, apa yang akan terjadi jika pengguna sudah mencapai Batas Pemakaian Wajar, baik harian ataupun bulanan yang sudah ditetapkan oleh Indosat Ooredoo?

Yang akan terjadi adalah kamu masih tetap bisa internetan seperti biasanya, namun speed internetnya akan diturunkan menjadi 512 KBps (maksimal).


Alhasil, meskipun kamu berada di lokasi yang memiliki sinyal Indosat yang sangat kuat dengan smartphone yang sudah support 4.5G (4G+), tetap saja kecepatannya tidak akan lebih dari 512 KBps.

Kebayang nggak, kalau kamu streaming video ataupun film di YouTube dengan kecepatan yang hanya 512 KBps?

Dengan bermodal kecepatan 512KBps masih bisa stabil untuk menonton video di YouTube, namun resolusi videonya harus diturunkan menjadi 240p yang tentunya kurang tajam, skuy! (video jadi agak blur)

Meskipun di resolusi 360p masih bisa, akan tetapi akan sering terjadi loading video (buffering), terutama jika sinyal di lokasi kamu nggak stabil.


Berikut di bawah ini adalah tabel dari ambang Batas Pemakaian Wajar (FUP) untuk pemakaian akses aplikasi pada paket unlimited Indosat.

paket unlimited youtube indosat

So, jangan kamu mentang-mentang diberi akses unlimited ke aplikasi-aplikasi populer tersebut, kamu bisa seenaknya nonton video YouTube ini-itu dengan kualitas HD, ya :D

Takutnya, saat kamu lagi nonton video yang seru, eh kecepatan internetnya malah turun dan sering loading akibat FUP hariannya habis, hehe.

Oiya, penurunan speed menjadi 512 KBps ini akan kembali normal jika kamu membeli paket Unlimited Indosat kembali atau melakukan perpanjangan, ya!

Semoga membantu, dan jangan lupa share ke teman-teman kamu agar mereka juga mengetahui hal ini.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.