Top Label

Cara Scan Barcode Maps Biar Lebih Cepat Buka Peta

Bingung, bagaimana cara scan barcode di aplikasi Google Maps? Nggak usah bingung, sekarang kamu bisa membuka peta lokasi secara cepat dan praktis dengan memindai barcode, lho!

cara scan barcode maps

Berkat hadirnya aplikasi Google Maps, sekarang kita bisa menemukan seuatu tempat yang dicari secara mudah. Bahkan, kamu hanya cukup klik lokasi yang dibagikan seseorang yang sudah dalam bentuk link/tautan.

Kemudahan dalam menggunakan Google Maps ini menjadi sebuah solusi bagi sebagian orang memiliki acara hajatan (misalnya), biasa acara seminar, pernikahan, sunatan, ulang tahun, dan yang lainnya.

Akan tetapi, bagi sebagian orang malah lebih memilih menggunakan QR Code alias Barcode pada undangan yang dicetak demi mempermudah dalam melakukan pencarian lokasi di Google Maps, ketimbang menuliskan URL atau link (tautan).

Dengan memakai barcode, kamu hanya tinggal pindai saja gambar QR Code tersebut menggunakan kamera pemindai yang ada di smartphone (HP Android) milikmu.

Jadi, kamu nggak harus repot-repot menulis ulang URL lokasi Google Maps tersebut, soalnya kalau di undangan yang dicetak, mana bisa di copy-paste kan?

Cara Scan Barcode Google Maps

Pada beberapa gadget smartphone terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan kamera pemindai (scanner) yang bisa kamu gunakan untuk memindai kode QR.


Namun, buat kamu yang HP-nya belum dilengkapi dengan kamera scanner bawaan, kamu bisa mengikuti petunjuk di bawah ini untuk scan barcode maps.

  1. Pertama, silakan install terlebih dahulu aplikasi Barcode Scanner di Google Play Store. Disana akan banyak pilihan aplikasi, pilih saja QR & Barcode Reader (sangat direkomendasikan).
  2. Jika sudah, silakan buka aplikasi tersebut.
  3. Kalau baru pertama kali menggunakannya, kamu akan dibawa ke tampilan layar informasi. Oleh sebab itu, kamu bisa geser layar ke kiri hingga muncul tanda centang yang ada di pojok kiri bawah layar.
  4. Okeh, jika sudah ketemu kamu ketuk saja tanda centang itu.
  5. Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi, kamu dapat memilih 2 cara scan barcode maps, diantaranya :
    • Pilih Scan Using Camera jika kamu ingin memindai gambar dengan menggunakan kamera;
    • Atau, pilih Scan Image untuk memindai barcode dengan menggunakan file gambar hasil foto.
  6. Okeh, sebagai contohnya saya menggunakan fitur Scan Using Camera, ya.
  7. Jika mode tangkapan kamera sudah terbuka, silakan kamu arahkan scanner ke gambar barcode (QR Code) yang ada pada undangan cetak (misalkan).
  8. Silakan pindai gambar tersebut, usahakan agar pas dengan kotak persegi yang ditampilkan di kamera pemidai.
  9. Selanjutnya, URL yang berisi lokasi dari Google Maps yang dibagikan akan muncul secara otomatis.
  10. Kemudian, kamu bisa pilih opsi "Open Website" untuk membuka dan melihat peta lokasi via Google Maps.
  11. Selesai.

cara scan barcode maps di undangan

Sebagai catatan tambahan sekaligus penutup, Aplikasi "Pembaca QR & Kode Batang" ini selain bisa kamu gunakan untuk scan barcode Google Maps, ternyata juga bisa digunakan untuk mengubah lokasi Google Maps ke dalam format QR Code, lho!


Bagaimana, canggih sekali bukan? Jangan cuma jadi pembaca saja, ayo buktikan kalau kamu juga bisa menscan barcode, hehe.

Semoga membantu.
#Software Android#Tutorial Android
Muhamad Ilyas 5 Apr 2020 Last Updated 2020-04-05T14:54:20Z