-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Kartu 3 (Unreg Tri yang sudah Registrasi)

Siapa yang sedang mencari tutorial bagaimana cara menonaktifkan kartu 3, ayo? Alias cara unreg kartu (tri) yang memang sudah kamu registrasikan dengan menggunakan KTP dan Nomor KK sebelumnya.

cara menonaktifkan kartu 3

Tri (3, atau Three) adalah salah satu provider penyedia layanan seluler di Indonesia yang sudah dibekali dengan fitur Unreg yang bisa kamu manfaatkan untuk menonaktifkan kartu 3 yang sebelumnya sudah kamu registrasikan.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengganti nomor kartu SIM atau menambahnya dengan unreg kartu tri yang sudah teregistrasi sebelumnya dengan data diri kamu.

Seperti yang sudah dipaparkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (MENKOMINFO) Indonesia, yakni Bapak Rudiantara mengatakan "Regulasi pendaftaran kartu SIM hanya diperbolehkan menggunakan data KK dan NIK KTP hanya untuk 3 kartu saja".

Akan tetapi, untuk mereka yang berjiwa bisnis mungkin akan membutuhkan lebih dari jumlah yang sudah ditentukan oleh regulasi pemerintah tersebut.

Sebagai solusinya, kamu alangkah baiknya datang langsung ke gerai atau galeri resmi kartu Tri terdek untuk mendaftarkan kartu kamu secara jelas.

Hal itu kamu lakukan demi kenyamanan dan juga keamanan kamu sebagai pengguna, agar terhindar dari segala bentuk penipuan atau penawaran produk yang nggak jelas.

Nah, kebijakan pemerintah tersebut kemudian langsung diapresiasi oleh semua provider penyedia layanan seluler di Indonesia, mulai dari kartu Tri (Three, alias 3), Telkomsel, XL Axiata, Axis, Indosat Ooredoo, dan Smartfren.

Semua perusahan layanan seluler tersebut memberikan fitur Unreg bagi setiap pelanggannya.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna akan mudah sekali untuk mengganti nomor kartu SIM ataupun menambah nomor baru dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sama, dengan memanfaatkan fitur Unreg tersebut.

Unreg Kartu Tri - Cara Menonaktifkan Kartu 3

Setiap kebijakan pemerintah itu dikembalikan pada masyarakat memang, yakni tujuannya agar pengguna merasa nyaman dan aman.

Dimana tujuan tersebut sejalan dengan yang diinginkan oleh provider kartu 3 yang juga menginginkan setiap pengguna setianya mendapatkan pengalaman berkomunikasi yang baik dan tidak bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah.

Intinya, setiap operator manapun ingin memberikan layanan terbaik untuk setiap penggunanya yang selalu setia dan senantiasa menggunakan layanan dan jasa mereka.

Untuk cara menonaktifkan kartu 3 alias unreg kartu tri ini ada beberapa metode, untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Unreg Kartu 3 Online melalui Situs Web Resmi Tri

Tidak mau kalah dari provider lainnya, Tri juga memberikan fitur untuk unreg yang di diakses langsung oleh penggunanya via website resminya.

Dengan cara unreg kartu 3 yang satu ini bisa kamu aplikasikan pada kartu yang sudah teregistrasi, berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama, silakan kamu buka halaman situs web resminya di https://registrasi.tri.co.id/unreg.
  2. Pada halaman EnReg Nomor tersebut, silakan kamu masukkan nomor kartu tri yang akan dinonaktifkan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga, ya.
  3. Pada kolom berikutnya kamu akan dimintai kode rahasia (verifikasi) yang akan dikirim lewat SMS.
  4. Jika sudah dapat, silakan masukkan kode rahasianya ke kolom yang tersedia. Perlu kamu ingat, kode rahasia ini hanya berlaku selama 5 menit.
  5. Selanjutnya, kamu centak kotak yang bertulisan "I'm not a robot".
  6. Terakhir, silakan klik saja tombol Kirim.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Dengan metode di atas, kamu bisa melakukannya di Laptop, Komputer (PC) ataupun Tablet, lho!


2. Cara Unreg Kartu 3 Lewat SMS

Cara yang kedua ini menurut saya adalah cara yang paling mudah sekali untuk dilakukan. Okeh, langsung simak saja petunjuknya dibawah ini :

  • Pertama, silakan aplikasi Perpesanan di Ponsel Android, Tablet kamu.
  • Kemudian buatkan pesan dengan format ketik Unreg#NIK#. (Contoh: Unreg#3203201234560011#).
  • Terakhir, kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444.

unreg kartu 3

Setelah pesan terkirim, kamu tinggal menunggu pesan balasan saja dari 4444 yang menyatakan kalau proses unreg berhasil.


3. Cara Unreg Kartu Tri Langsung di Gerai Three

Menurut pengalaman admin Ilyasweb sendiri, cara yang pertama terbilang sangat mudah sekali walaupun lumayan banyak langkahnya.

Jika kamu bingung dengan cara pertama, kamu bisa menggunakan cara yang kedua yakni melalui SMS untuk proses unreg registrasi kartu 3 milikmu dengan mudah.

Jika kamu ingih lebih praktis, kamu bisa menonaktifkan kartu 3 yang sudah registrasi tersebut melalui Gerai resmi Three terdekat dengan membawa data diri kamu seperti KK dan juga KTP.


Demikianlah cara unreg alias cara menonaktifkan kartu 3 yang berjenis layanan Prabayar dan sudah kamu registrasikan sebelumnya.

Kamu bisa menggunakan beberapa metode yang sudah saya paparkan tadi di atas, yakni via SMS, situs web resmi, atau datang langsung ke Gerai Tri terdekat.

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.