-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Subtitle di YouTube

Mau tahu bagaimana cara menampilkan subtitle di youtube? subtitle Indonesia youtube? Gampang banget, gengs! Pada artikel ini Ilyasweb akan mengulas semuanya meski tanpa CC sekalipun.

Di aplikasi platform video YouTube ini banyak sekali konten video dan film yang bisa kamu tonton secara gratis. Mulai dari video hiburan lucu, video klip, edukasi (pendidikan) ataupun dokumenter.

Bukan hanya video dari Indonesia saja, banyak sekali video dari luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang bisa kamu tonton di sana.

Karena bahasanya yang asing tersebut, nggak heran kalau banyak pengguna YouTube yang merasa kesulitan dan bingung untuk memahami arti dari konten video atau film yang lagi ditontonnya.

cara menampilkan subtitle di youtube

Kini Youtube memberikan solusinya, yakni dengan menghadirkan fitur baru yang bernama captions yang memungkinkan kamu untuk bisa memahami konten yang sedang kamu tonton.

Fitur atau layanan yang satu ini juga tidak hanya bisa dinikmati di aplikasi YouTube android saja, namun juga bisa di laptop atau komputer (PC).

Dengan bantuan fitur caption ini, kamu bisa menonton video YouTube dengan terjemahan (subtitle) bahasa Indonesia di HP Android yang kamu gunakan.

Cara Menampilkan Subtitle di Youtube - HP Android

Secara umum, kamu bisa menerjemahkan video yang ada di YouTube ke Indoensia melalui ponsel pintar android dengan 2 macam cara yang berbeda.

Namun ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Yaitu seseorang yang mengunggah video ke YouTube, harus mempunyai pilihan untuk menyisipkan subtitle atau terjemahan ke dalam isi video yang diunggahnya, atau orang sering menyebutnya dengan Caption (CC).

Tujuannya agar mempermudah penonton untuk menerjemahkan bahasa asli di video ke bahasa yang mereka inginkan. Misal dari bahasa Inggris ke Indonesia.

Sayangnya, nggak semua content creators menggunakan fitur captions ini, karena memang adanya keterbatasan sumber penerjemah daripada video-video yang mereka unggah/upload.


Untuk mengaktifkan fitur CC di YouTube Android supaya videonya bisa diterjemahkan dari bahasa asing menjadi Indonesia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Subtitle di YouTube Secara Manual Dari Video Tertentu

  • Pertama, silakan kamu buka aplikasi YouTube.
  • Kemudian cari dan tonton video yang ingin kamu tampilkan subtitle atau caption (cc).
  • Kemudian Pause video tersebut.
  • Lalu ketuk tombol Options yang ada di bagian sudut atas, nantinya akan tampil pilihan Captions.
  • Selanjutnya, kamu klik opsi Captions tersebut, lalu pilihlah Bahasa Indonesia.
  • Maka video YouTube yang berbahasa Inggris yang sedang kamu tonton akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
  • Selesai.

Butuh tema untuk HP Android? Pilih saja ini Tema Oppo → Tema Vivo → Tema Doraemon → Tema Realme → Tema Samsung → Tema WhatsApp

Bagaimana sangat mudah sekali bukan? Itu baru yang manual, lantas bagaimana cara YouTube subtitle Indonesia secara otomatis? Simak berikut ini!

Cara Menerjemahkan Video YouTube ke Bahasa Indonesia

Perlu kamu garis bawahi terlebih dahulu, supaya semua video YouTube yang kamu tonton itu secara otomatis menampilkan subtitle bahasa Indonesia, kamu harus melakukan beberapa langkah, seperti yang akan saya pandu di bawah ini:

  1. Pertama, kamu harus mengubah bahasa default di HP Android kamu menjadi Indonesia. Caranya mudah, buka menu Settings → Language & Input → pilih Bahasa Indonesia.
  2. Kemudian kamu buka aplikasi YouTube.
  3. Lalu masuk ke menu Setelan → pilih Teks → Subjudul Google (CC) → lalu Aktifkan sampai ada tanda hijau.
  4. Terakhir, kamu cukup buka video mana saja yang berbahasa asing (Inggris, Francis, Jerman, Spanyol, India, dll), maka secara otomatis akan tampil subtitle Indonesianya.

Dari 2 (dua) cara di atas, kita bisa menyimpulkan kalau cara menampilkan subtitle di YouTube menjadi bahasa Indonesia yang tadinya berbahasa asing ialah dengan memanfaatkan fitur Captions.


Satu hal yang mesti kamu ingat, nggak semua video yang ada di YouTube bisa diterjemahkan, ya. Karena itu semua tergantung dari orang yang mengunggah video tersebut.

Apakah dia menyediakan subtitle bahasa Indonesia atau memang tidak?

So, silakan dicoba, siapa tahu video yang ingin kamu terjemahkan, bisa dengan cara di atas.

Semoga membantu.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.