Top Label

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10



Windows Defender adalah salah satu aplikasi antivirus resmi bawaan dari Windows 10 yang sangat berguna sekali. Meskipun terkadang kamu harus mematikan software ini, misal ketika ingin menginstal aplikasi yang dianggap virus olehnya.

cara mematikan windows defender
Sumber gambar: sepoin.com

Windows Defender juga merupakan software yang sangat penting sekali yang terus dikembangkan oleh Microsoft demi melengkapi software MS Windows terbaru miliknya.

Antivirus yang ini merupakan update dari sistem keamanan yang sebelumnya, yakni Microsoft Security Essential yang bisa kamu temukan di Windows 7, 8, Vista, dan yang lawas lainnya.

Kekurangan dari antivirus ini terkadang, aplikasi-aplikasi biasa saja terkadang malah dianggap virus berbahaya oleh Windows Defender, karena diangap aplikasi tersebut bisa mengakses privasi sistem komputerisasi kamu.

Proteksi semacam ini juga dilakukan oleh windows sejak kamu akan menginstal aplikasi tersebut. Malahan kadang-kadang, installer dari aplikasi yang akan kamu install sudah diblokir langsung oleh Windows Defender ini.


Oleh sebab itu, kamu harus mematikan windows defender untuk sementara waktu, supaya kamu bisa menginstal aplikasi yang dianggap virus tersebut.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Buat kamu yang ingin tahu cara menonaktifkan antivirus windows 10 ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, silakan buka software Windows Defender, kamu bisa saja dengan menekan tombol Windows yang ada di keybord, lalu ketikkan windows defender.
  • Kemudian kamu klik Virus & threat protection.
  • Lalu klik opsi Virus & threat protection settings.
  • Jika pengaturan sudah terbuka, silakan kamu matikan saja semua proteksinya dengan cara geser tombol slidernya menjadi Off.

cara mematikan windows defender windows 10

Sampai di sini kamu sudah berhasil mematikan semua perlindungan dari Windows Defender.

Jika kamu ingin menghidupkannya lagi, kamu cukup buka kembali opsi Virus & threat protection setting, dan silakan geser slider menjadi ON.

Wajib kamu garis bawahi, mematikan Windwos Defender dalam jangka lama bisa membahayakan laptop atau komputer (PC) kamu, lho!

Admin Ilyasweb sangat menyarankan kamu untuk mematikan Windows Defender ini sementara waktu saja, jika aplikasi yang kamu inginkan sudah terpasang, silakan aktifkan kembali, ya.

Aplikasi Windows Defender ini termasuk antivirus yang sangat komplit sekali, yang menawarkan beberapa perlindungan baik itu antivirus ataupun firewall untuk melindungi data-data di komputer kamu.


Pengalaman saya sendiri ketika menggunakan Windows 10 ini, untuk urusan antivirus saya mempercayakannya ke Windwos Defender saja, nggak pake antivirus yang lain.

Soalnya beda banget ketika saya menggunakan Windows 7 dan juga XP, dimana saya harus install antivirus tambahan untuk memberikan proteksi yang benar-benar powerfull.

Mungkin hanya itu saja pembahasan dari admin mengenai cara mematikan windows defender. Jika ada yang tidak kamu mengerti, kamu bisa menanyakannya di kolom komentar.

Semoga membantu.
#Komputer#Virus dan Malware
Muhamad Ilyas 13 Apr 2020 Last Updated 2020-04-13T08:51:35Z