-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di HP Android

Tahukah kamu apa itu Scanner? Scanner adalah suatu alat untuk memindai sebuah dokumen dan mengubah dokumen fisik tersebut menjadi file PDF.

Mesin scanner sendiri itu biasanya memiliki ukuran yang besar (Printer All in One), nggak fleksibel, dan sulit dibawa kemana-mana.

Solusi buat kamu yang sedang membutuhkan alat scanner sokumen yang cepat dan pengoperasiannya mudah ialah dengan menggunakan aplikasi scanner android.

Saat ini banyak sekali aplikasi scanner yang bisa kamu gunakan di perangkat mobile smartphone, baik Android maupun iOS.


Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di Android

Walaupun banyak aplikasi scanner yang ditawarkan secara gratis di Google Play Store, admin Ilyasweb hanya akan 3 aplikasi scanner android terbaik yang bisa kamu coba.

1. CamScanner

aplikasi scan

Di urutan pertama, ada aplikasi scan android yang bernama CamScanner. Aplikasi yang satu ini bisa kamu unduh dan install secara gratis di Google  Play Store.

Aplikasi ini secara resmi diluncurkan oleh INSIG Information Co.Ltd. Fungsi dan manfaat dari aplikasi yang satu ini ialah dapat membatu kamu dalam kegiatan scanning dokumen.

Yang lebih menariknya lagi, kamu bisa mengubah file gambar yang berformat JPG, JPEG, PNG, dan lain-lain menjadi ekstensi PDF, lho!

Katakan saja kalau aplikasi CamScanner ini merupakan aplikasi scanner terbaik di Android.

Fitur-fitru yang ada di CamScanner ini sangat memudahkan pengguna, dan itulah alasan saya merekomendasikan aplikasi ini buay kamu yang sedang membutuhkan alat scanner praktis.


Beberapa fitur yang ditawarkan CamScanner seperti scan nota, scan majalah, bisa langsung print-out (cetak dokumen), upload file mudah, dan juga bisa menggabungkan beberapa dokumen sekaligus.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa mengatur besar atau kecilnya halaman dokumen, memotong halaman (crop page), dan juga bisa mengamankan dokumen kamu dengan password.

Mantap sekali bukan fiturnya? Di era teknologi yang sudah modern ini, semuanya menjadi serba praktis!

Oleh sebab itu, saking populernya CamScanner, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Penasaran? Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara langsung di Playstore.

2. Tiny Scanner

aplikasi scanner

Pada posisi kedia, ada aplikasi scanner yang tidak kalah populernya dari CS, namanya TinyScanner.

Size alias ukuran dari aplikasi ini sangat kecil sekali, jadi cukup ringan untuk digunakan di HP Android yang memiliki RAM kecil sekalipun.


Kegunaan utama dari aplikasi Tiny Scanner ini ialah untuk scan gambar ataupun file dokumen ke dalam ekstensi PDF.

Jadi, dengan aplikasi TinyScanner ini kamu bisa mengubah ponsel pintar kamu menjadi "Scanner Portable" yang super praktis, lho!

Hasil scan dokumen nya bisa kamu simpan langsung ke hp dengan file yang berformat JPEG maupun PDF.

Oiya, aplikasi TinyScanner ini juga dapat melakukan transfer file hasil scan ke laptop atau komputer (PC) kamu dengan menggunakan jaringan WiFi, lho!

Sangat canggih sekali, bukan?

Fast Scanner

aplikasi scan di hp

Buat kamu yang ingin punya mesin scanner portable yang bisa dibawa kemana-mana, kamu bisa menggunakan aplikasi scan di hp yang satu ini

Yups, aplikasi pihak ketiga ini diberi nama Fast Scanner. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan scan dokumen secara cepat, lho!

Untuk cara penggunaan-nya sendiri, sama saja dengan 2 (dua) aplikasi scanner yang sudah admin bahas sebelumnya di atas.

Salah satu "nilai plus" dari aplikasi Fast Scanner ini adalah format akhir dari file hasil scan yang dilakukan aplikasi ini dapat kamu ubah sesuai kebutuhan.

Unik banget kan, skuy?


Ketiga aplikasi yang baru saja saya ulas di atas adalah aplikasi scanner android terbaik yang paling populer dan paling mudah untuk digunakan.

Selain gratis, aplikasi-aplikasi tersebut juga tidak memiliki banyak iklan yang mengganggu.

Yang terpenting adalah aplikasinya mudah digunakan, simpel, dan bisa dibawa kemanpun kamu pergi, alias portable.

Semua aplikasi yang saya review di atas, dapat kamu download dan install secara gratis di Google Play Store, silakan cari saja namanya di aplikasi Playstore kamu.

Selamat mencoba dan semoga membantu.
Muhamad Ilyas
Muhamad Ilyas Hanya seorang manusia biasa yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan bisnis.