Belum Tahu Apa Saja Perbedaan Prabayar dan Pascabayar?

Mungkin kamu belum tahu apa itu arti prabayar dan pascabayar? Ya, istilah-istilah dari provider atau operator seluler memang terdengar asing sekali.

Misalnya, ada istilah paket unlimited. Apa itu artinya unlimited yang dimaksud oleh operator seluler? Artinya paket dengan kuota yang tidak terbatas alias tidak dipatok jumlah total kuotanya.

Atau misalnya ada lagi paket roaming. Roaming sendiri merupakan istilah yang digunakan ketika kamu melakukan aktivitas nelpon, SMS, ataupun internetan diluar jangkauan jaringan operator kartu milikmu, misalkan sedang ke luar negeri.

Dan, masih banyak istilah-istilah lainnya yang agak asing.

Pada artikel ini, saya sebagai admin Ilyasweb akan mengupas tuntas mengenai arti prabayar dan arti pascabayar yang sudah ada sejak dulu.

Mungkin hanya sebagian pengguna yang tahu dengan istilah ini, sebagian lagi mungkin hanya tahu namanya dan tidak mengetahui artinya.

Kalau kamu belum tahu arti dari kedua istilah ini, silakan simak pembahasannya.

Arti Prabayar dan Pascabayar itu apa?

perbedaan prabayar dan pascabayar

Jika kita artikan secara sepintas, prabayar sama dengan "bayar di awal". Sedangkan pascabayar sama dengan "bayar di akhir", hehe.

Arti prabayar adalah kamu diharuskan membayar paket atau layanan tertentu sebelum kemudian bisa menggunakan layanannya.

Berbeda dengan pasca bayar adalah kamu dapat menikmati layanan tertentu sampai batas waktu yang sudah ditentukan oleh operator, baru kamu membayarnya.

Cukup sederhana sekali bukan?

Jika kita bicara mengenai provider seluler di Indonesia, baik itu Indosat Ooredoo, XL Axiata, Telkomsel, Smartfren, Axis, 3 (Three), dan yang lainnya rata-rata lebih laris yang prabayar.

Sebagai contohnya, untuk melakukan aktivitas yang menggunakan jaringan internet, misal chatting, browsing, dan lain-lain kamu membeli paket internet dulu. Nah setelah paket aktif, kamu barus mengkases internet, benar kan?

Ketika paket kamu habis masa berlakunya, atau kuota internet habis dan pulsa kamu habis juga, secara otomatis kamu nggak bisa akses internet.


Keuntungan Menggunakan Layanan Kartu Prabayar dan Pascabayar

apa itu prabayar dan pascabayar

Menggunakan layanan apapun tidak akan pernah terlepas dari keuntungan dan kerugian. Sebab kedua produk ini yakni pascabayar dan prabayar sudah didesain secara khusus untuk pelanggannya.

Lantas, apa sajakah keuntungan dari keduanya? Cekidot...

Keuntungan Pakai Produk Prabayar

arti prabayar

1. Bebas ganti paket sesuai kebutuhan dan keinginan kamu

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa kalau kamu menggunakan kartu berjenis prabayar, kamu bebas gonta-ganti paket sesuai keinginan kamu sendiri.

Misalnya, untuk bulan pertama kamu ingin mencoba membeli paket unlimited, dan dibulan berikutnya ingin mencoba membeli paket flash Telkomsel.

Atau untuk malam hari kamu ingin menggunakan paket midnight Telkomsel. Pokoknya, kamu bebas menentukan dan mengganti paket apapun sepuasnya.

2. Bisa mendapatkan promo atau penawaran tertentu

Pada layanan prabayar terkadang ada penawaran khusus atau promo yang diadakan diwaktu tertentu, semisal penawaran khusus bulan ramadhan, lebaran, tahun baru, dan lain-lain.

Dan jika kamu menginginkan paket penawaran tersebut, kamu bisa mendaftar di paket itu.

3. Mudah ganti nomor kapanpun dan dimanapun

Jika kamu hanya menggunakan nomor tersebut untuk berinternetan, atau sebatas sms dan nelpon saja, dan kamu ingin mencoba kartu lain, misalnya.

Maka kamu cukup membeli kartu baru dan menggantinya langsung, beda banget pokonya sama paskabayar.

Keuntungan Pakai Produk Pascabayar

arti pascabayar

1. Nggak perlu ribet dan pusing dalam menentukan paket

Setiap pelanggan pascabayar semuanya sudah memiliki rencana dan menentukan layanan sesuai yang dibutuhkan pada awal pendaftaran.

Alhasil, kedepannya si pengguna ini nggak perlu bingung lagi harus beli paket apa, karena tinggal pakai saja.

2. Cocok sekali buat kamu yang berjiwa ingin serba praktis

Buat kamu yang berjiwa praktis, dinamis, dan nggak mau ribet harus pilih-pilih dan gonta ganti paket, maka layanan pasca bayar adalah solusinya.

Kamu hanya perlu melakukan pembayaran atas pemakaian paket internet kamu yang sudah kamu pakai setiap bulannya.

Bahkan saat ini kamu juga melakukan pembayaran yang otomatis, baik itu dari rekening, kartu kredit, dan yang lainnya.

Simpel banget kan pakai pascabayar?

3. Selalu diprioritaskan oleh provider

Tak bisa dipungkiri kalau paket yang dijual di layanan pascabayar ini mendapat prioritas yang tinggi dari provider.

Baik itu dalam segi kualitas jaringan maupun kecepatan internet. Ambil contoh saja di layanan XL Axiata ada yang namanya XL Prioritas.


Bagaimana Cara Mendaftarkan Kartu Prabayar Supaya Jadi Pascabayar?

cara migrasi kartu prabayar ke pascabayar

Untuk sekarang ini, kartu yang paling umum dan banyak dipakai oleh pengguna adalah berbasis layanan prabayar.

Lantas, apakah mendaftarkan kartu pascabayar, atau migrasi dari prabayar ke pascabayar  itu susah?

Tentu saja tidak. Namun perlu kamu garis bawahi, kalau ternyata ada beberapa layanan operator tertentu yang mengharuskan kamu untuk mememnuhi persayaratan, semisal :

  1. Kartu prabayar yang akan dimigrasikan setidaknya harus sudah digunakan atau aktif selama 3 (tiga) bulan.
  2. Kartu yang akan di ubah layanannya ke pascabayar itu mematuhi kebijakan dan peraturan operator, misal harus sesuai identitas diri kamu sendiri.
  3. Kamu harus bersedia untuk mematuhi ketentuan layanan yang berlaku.

Jika menurut kamu semua persyaratan tersebut sudah terbilang ok, maka proses migrasi kartu prabayar menjadi pascabayar  dapat kamu lakukan dengan cara berikut :

  1. Langsung membeli kartu dengan layanan pascabayar. Kamu bisa melakukan registrasi pascabayarnya di internet pada website resmi providernya, via email, ataupun via bantuan customer service melalui panggilan telepon.
  2. Atau kalau nggak mau ribet dan ingin sekalian bertanya seputar layanan pascabayar lebih lanjut, kamu bisa melakukan migrasi pascabayar di gerai terdekat.

Berhubung setiap provider jaringan seluler itu memliki ketentuan layanan pascabayar yang berbeda, jadi ada baiknya kamu menghubungi contact center operator tersebut untuk bertanya cara daftar kartu pascabayar di layanan kartu seluler tersebut.

Caranya pun sangat mudah sekali, karena sekarang ini semua operator memiliki akun sosial media yang resmi. Baik itu di Twitter, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Nah, kamu bisa bertanya langsung dengan mengirim DM atau pesan ke akun-akun medsos operator tersebut.


Mending Pilih Layanan Kartu Prabayar Atau Pascabayar?

pilih prabayar atau pascabayar

Tidak sedikit teman-teman yang kebingungan dalam menentukan layanan kartu mana yang paling cocok, apakah kartu prabayar? atau malah enakan pascabayar?

Karena kedua layanan ini memiliki sisi keunggulan masing-masing, jadi kamu nggak usah bingung memikirkannya.

Seperti yang sudah saya paparkan diatas, kalau layanan kartu operator seluler baik itu prabayar maupun pascabayar memiliki benefit dan keuntungan masing-masing. Kamu hanya tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Jika tetap masih bingung, silakan simak tips dan trik menentukan paket layanan yang cocok buat kamu, pilih prabayar atau pascabayar?

Pakailah Kartu dengan Layanan Prabayar, Jika :

  • Kamu suka ataupun sering gonta-ganti paket internet;
  • Kebutuhan pemakaian tidak menentu, baik itu SMS, nelpon, maupun kuota internet;
  • Masih suka ganti kartu SIM;
  • Kamu masih pengen dapetin promosi dan penwaran tertentu dari operator penyedia layanan.

Pakai Kartu Berjenis Pascabayar, Jika :

  • Kamu sudah punya rencana biaya khusus untuk biaya koneksi internet dan sarana komunikasi bulanan di salah satu operator;
  • Kamu nggak mau ribet harus nentuin paket tiap bulan;
  • Kamu berjiwa ingin serba praktis, dan tinggal bayar paket sesudah pemakaian berlangsung;
  • Ingin mendapatkan prioritas yang lebih dari operator, baik di bidang pelayanan, dukungan, maupun jaringan internet.

Jika kamu mengamati parameter di atasm kamu akan bisa langsung mengambil kesimpulan untuk menentukan layanan kartu sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

Simpel sekali bukan? Yo'i, jangan dibuat pusing dengan pilihan.

Kenapa harus takut memilih? Sejarah juga tercipta karena manusia berbuat salah, lalu Move On!


Akhir Kata
Mungkin hanya itu saja artikel dari admin Ilyasweb mengenai apa itu prabayar dan pascabayar? dan apa saja perbedaan dari keduanya.

Semoga dengan bahasan di atas, kamu bisa tahu arti prabayar dan pascabayar, perbedaannya, dan juga cara pendaftaran atau migrasinya.

Semoga membantu, skuy!
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Belum Tahu Apa Saja Perbedaan Prabayar dan Pascabayar?"

Posting Komentar

Tuliskan komentar atau pertanyaan kamu di sini, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel